samsol...
TS
samsol...
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah


Jakarta - Sumur resapan di Lebak Bulus sempat membuat mobil terperosok tadi siang. Warga menilai kontraktor lalai karena tidak memberi tanda pada proyek yang belum jadi itu. Kontraktor mengaku salah.
Lokasi proyek sumur resapan, atau lebih tepatnya kolam resapan modular yang membuat mobil terperosok ini ada di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Kelalaian dari pihak penyedia untuk memasang markah. Apa sih susahnya memasang markah?" kata warga setempat bernama Arnold Mamesah saat ditemui detikcom, Rabu (8/12/2021).

Seharusnya, proyek yang belum siap untuk dilalui kendaraan butuh diberi markah atau pita proyek supaya tidak dilewati kendaraan. Namun tadi, kata Arnold, markah jalan tidak terpasang di lokasi. Terperosoklah satu mobil warga yang melintas, meski kondisi warga yang mengendarainya baik-baik saja dan mobil bisa keluar dari lubang sumur resapan.

"Saya dari Masyarakat Infrastruktur Indonesia, jadi saya paham sekali masalah infrastruktur. Kebetulan di DKI ini jadi suatu model ya dalam hal ini, vertical drainage itu solusi tepat," ujarnya.



Kontraktor mengaku salah
Kontraktor proyek sumur resapan di sini berasal dari Arvirotech Group. Project Manager, Dedi Charles, menjelaskan kepada detikcom di lokasi bahwa pihaknya memang salah karena tidak memasang tanda di proyek sehingga dilewati oleh mobil.

"Pagar itu kan sudah kita singkirin. Sementara di pihak kami memang mengakui salah, karena nggak ada pelang imbauan," kata Dedi Charles di lokasi.

Proyek ini memang bagian dari sumur resapan namun secara spesifik berjenis kolam resapan modular.
Lubang-lubang yang nampak dari permukaan itu sesungguhnya bukan sumur melainkan bak kontrol, karena di bagian bawahnya ada kolam.

Saat dilintasi mobil, beton 'sumur resapan' itu masih berusia sekitar tiga hingga empat hari alias belum kuat betul.

"Minimal 14 hari. Umur beton itu kan minimal 14 hari," kata dia. Ada pula sumur resapan di titik lain yang sudah selesai dan bisa dilintasi kendaraan dengan aman. "Boleh dites kalau mau pakai truk, mau mobil juga," kata dia.

Di Perumahan Taman Bona Indah, pihaknya mengerjakan kolam resapan modular sebanyak 13 titik. Titik yang menjadi lokasi mobil terperosok adalah di titik 7 dan 3.


https://news.detik.com/berita/d-5846...an-ngaku-salah

saya biasa memecahkan masalah...emoticon-Cool

Tentu dengan banyak lagi emoticon-Leh Uga
SuaraLagitaviniestBrickLesnar
BrickLesnar dan 26 lainnya memberi reputasi
27
3.8K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.