c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Semeru Batuk, Harga Yang Besar Untuk Sebuah Kesuburan!




Akhirnya semeru terbatuk memberikan cerita duka bagi warga di sekitarnya, namun itulah mahalnya sebuah pengorbanan dari wilayah indah seperti di surga ini.

Beberapa masyarakat yang berada di lereng gunung juga menjadi korban dari aktifitas erupsi yang saat ini terjadi, dari tahun 1818 hingga saat ini Semeru telah terbatuk dan mengeluarkan abu vulkanik disertai awan panas.



Saat terjadi erupsi diwajibkan bagi kita untuk menjauh dari radius yang sudah ditentukan. Karena kerusakannya cukup besar, bahkan alam disekitarnya bisa hangus terbakar.

Sebuah harga akan tanah yang subur ternyata cukup mahal tak hanya alam sekitar yang hancur namun nyawa hewan, tumbuhan dan manusia pun ikut terkubur.



Disini lah banyak orang lupa bahwa tanah yang subur butuh proses yang tidak sesimple yang kita kira, tanah vulkanik dari lahar dan abu ini kaya akan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, potassium, fosfor, sulfur, silikon, dan yang lainnya, inilah yang membuat secara perlahan kondisi tanah di sekitar gunung menjadi subur.

Apalagi di Indonesia dikelilingi oleh gunung aktif, yang akan batuk sewaktu-waktu.



Abu-abu vulkanik yang terbang hingga radius yang sangat jauh memberikan kehidupan bagi tanah dan dimanfaatkan oleh petani di kemudian hari.

Untuk itu bagi kamu yang tinggal di sekitar lokasi gunung harus berhati-hati dan waspada bila daerah gunung aktif lebih baik menghindar, dan satu saat bisa dinikmati kembali dari hasil tanah vulkanik.



Bahkan ketika terjadi erupsi sering sekali disertai dengan turunnya hujan, maka material vulkanik memberikan berkahnya agar dapat menyuburkan tanaman dan tumbuhan di sekitarnya.

Bersyukur dan bersabar, ini yang sering diajarkan oleh nenek moyang kita karena alam indah, tanah yang subur tidak sekedar simsalabim. Semua dibutuhkan proses, terkadang dalam prosesnya akan terjadi kehancuran.



Seperti saat ini pandemi memberikan proses yang panjang agar teknologi digital semakin di terima, begitu juga dengan meletusnya gunung berapi memberikan proses bahwa subur itu tak serta merta langsung jadi, karena mie instant walau namanya instant namun faktanya butuh proses untuk memasaknya.

Begitu juga sistem pada alam, walau ada kata 'jadilah maka jadilah ia' namun faktanya butuh proses yang cukup panjang. Turut berduka cita pada saudara kita yang sedang tertimpa musibah gunung semeru erupsi.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



pein666screamo37primzlegacy666
primzlegacy666 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
6.6K
80
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.