Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
138
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ad9aaecd9046216874ddf1/mengapa-sistem-kerajaan-tersingkirkan-oleh-demokrasi
Jika kita melihat kebelakang kita akan menyadari bahwa di masa lalu Indonesia dan juga seluruh dunia awalnya merupakan kerajaan yang berdiri masing-masing, menempati tanah mereka masing-masing dan hidup dalam peraturan mereka masing-masing. Kendati demikian di jaman sekarang sistem pemerintahan kerajaan sudah amat sangat jarang dan digantikan dengan sistem demokrasi yang mana rakyat lah yang men
Lapor Hansip
06-12-2021 12:07

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

icon-verified-thread
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Jika kita melihat kebelakang kita akan menyadari bahwa di masa lalu Indonesia dan juga seluruh dunia awalnya merupakan kerajaan yang berdiri masing-masing, menempati tanah mereka masing-masing dan hidup dalam peraturan mereka masing-masing. Kendati demikian di jaman sekarang sistem pemerintahan kerajaan sudah amat sangat jarang dan digantikan dengan sistem demokrasi yang mana rakyat lah yang menetukan pemimpin mereka. Pertanyaannya, mengapa bisa begitu?

Saya sering kali membayangkan, apa yang akan terjadi bila Kim Jong-Un merupakan orang yang baik? Coba bayangkan Jong-Un oppa yang merupakan pemimpin tertinggi di negaranya memiliki hati yang suci dan penuh belas kasih namun tetap menggenggam erat keadilan tanpa pandang bulu miliknya. Jika itu benar-benar terjadi maka Korea Utara mungkin akan menjadi negara paling maju dengan 0 kasus korupsi, tidak seperti Indonesia yang koruptor bisa nonton pertandingan bulu tangkis.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Namun sepertinya tidak begitu. Ada banyak kerajaan yang memiliki pemimpin berbudi luhur namun satu persatu kerajaan itu hancur dan mulai menganut sistem demokrasi. Pastinya ada sesuatu yang salah dengan sistem kerajaan sehingga tak lagi sesuai dengan jaman modern.

Salah satu negara terbesar yang masih menerapkan sistem kerajaan adalah Inggris namun itu juga bukan sistem kerajaan yang sama seperti di masa lalu. Raja dan Ratu inggris kurang lebih hanyalah sebuah simbol karna orang yang mengambil keputusan adalah perdana menteri, begitu juga dengan Jepang. Perdana menteri adalah orang yang dipilih oleh rakyat sehingga keberadaan rakyat (atau suara rakyat) memegang peran penting dalam keberadaan suatu negara.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Tanpa kita sadari kita kini hidup di jaman yang mana segalanya bisa berubah dengan amat cepat dan maju. Coba bayangkan, 200 tahun yang lalu anak seorang petani akan tetap menjadi petani tanpa bermimpi apapun namun sekarang seseorang bisa menjadi apa saja yang dia inginkan. Kemajuan teknologi, globalisasi, persebaran data, semua faktor-faktor itu membuat seseorang bisa menjadi kuat secara individu dan kekuatan individu adalah hal yang amat mengerikan bila sampai terkumpul.

Satu hal yang menjadi kelemahan fatal dari sistem kerajaan adalah hanya anak raja yang bisa menjadi raja. Dengan kata lain tahta tertinggi kerajaan sudah ditetapkan tanpa bisa diganggu gugat tanpa peduli apakah ahli warisnya seorang pecundang atau seorang pemabuk sekalipun, dan ini bisa memicu kemarahan individu kuat yang tak terima melayani seorang… yang tidak pantas.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Singkatnya, era jaman sekarang jauh lebih memungkinkan rakyat untuk melakukan kudeta. Masa-masa dimana perkataan raja adalah hukum sudah tamat, sekarang jamannya suara rakyat, suara mayoritas. Apa yang mayoritas inginkan itulah yang terjadi dan karna itulah sistem demokrasi diterapkan, semata-mata demi menjaga segalanya tetap damai.

Namun demokrasi juga tidaklah sempurna, tak ada apapun yang sempurna di dunia ini. sekarang saja kita sudah melihat pihak-pihak yang menuntut agar Jokowi mundur dan di 2024 nanti kita pasti akan disajikan dengan perang besar yang akan memecah belah bangsa dan ini sama sekali bukan candaan.

Hahh… kebayang nggak kalau tiba-tiba Indonesia berganti sistem menjadi kerajaan? Udah deh, nggak usah dibayangin, serem emoticon-Takut

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
52.3K Anggota • 911.5K Threads
Halaman 2 dari 4
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 14:28
Brunei bukannya masih negara kerajaan ya?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 23:03
aduh berat ni, bentar ane cerna satu"emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 23:05
Indo nganut sistem demokrasi tapi berasa kerajaan
Krn Presiden dijunjung sm cecenguk dan budak budaknya

Justru Kerajaan itu skrg cmn jadi simbol negara aja
Yg jalanin pemerintahan tetep Perdana Menteri
Di Inggris jg make sistem demokrasi parlementer
profile-picture
profile-picture
bayuriyu dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 23:13
Dah ketinggalan jaman
0 0
0
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
07-12-2021 23:39
Yg jd permasalahan menurut gw untuk sistem kerajaan lebih k permasalah pemilihan penerus sih yg mana dalam bbp kerajaan menurut gw absurd seperti contoh anak laki2 pertama, padahal anak pertama juga belom tentu jd anak yg bener atau bisa memimpin kerajaan, knp gak di nilai secara skill n attitude dr anak2nya? atau mungkin rakyat yg vote siapa dr keluarga kerajaan yg pantas. emoticon-Leh Uga
Diubah oleh hakuya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 00:27
Khilafah number one ☝️
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayuriyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 00:35
kilapah solusinya emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 00:39
Demokrasi jg punya kelemahan. Demokrasi menyamaratakan suara orang yang berpendidikan dan engga.Semua dihitung 1. Padahal pengetahuan semua orang ga sama. Menurut ane mirip2 kaya bocah sd suaranya dianggep sama dengan sarjana dan disuruh voting : sekolah perlu apa engga. Alhasil lingkaran setan kan. Keputusan yg terpilih adalah suara majority, yang dianggap 'enak didenger' padahal belom tentu terbaik. Jadinya yang kepilih tokoh kebijakan populis aja dan relatif utk menyenangkan kondisi saat ini. Ide2 revolusioner, masa depan, ide2 cemerlang dan susah tapi perlu akan sulit menang. Demokrasi akan berjalan kalo kemerataan pendidikan dan ekonomi sudah jalan. Kalo engga yah debat kusir dan ga jalan2. Negatifnya lagi : pemimpin bagus sulit muncul, politik habisin duit, waktu, energi banyak. Padahal sebenrnya ya hasilnya (siapapun pemimpinnya) sama2 aja krn keputusannya populis . Kondisi diperparah krn jumlah yang non berpendidikan dan ekonomi lemah lebih banyak (piramid) drpd yg berpendidikan
profile-picture
profile-picture
R8486.Jr dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 02:33
Karena manusia semakin pintar.
0 0
0
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 02:40
Menurut ane harusnya judulnya diganti jadi "mengapa sistem kerajaan tersingkirkan oleh sistem republik" Kali ya hahaha, soalnya negara kerajaan juga banyak yg sudah menerapkan demokrasi bahkan indeks negara demokrasi terbaik juga posisi teratas kebanyakan negara kerajaan (norwegia, swedia, uk, Canada)cmiiw. Ada yg dimaksud dengan sistem monarki konstitusional dimana raja/ratu itu bertugas sebagai kepala negara/seremonial sedangkan kepala pemerintahan dipegang perdana menteri pilihan rakyat sendiri. Raja tidak punya power dalam politik kerjaanya paling seremonial, kunjungan diplomatik ke luar negeri, mengesahkan undang2 yg disetujui parlemen dll. Justru perdana menteri pilihan rakyat yg punya power dalam menentukan kebijakan negara. Inilah bentuk demokrasi di negara kerajaan. Masih banyak kok di eropa yg pake sistem ini dan rata2 pada lebih maju dari negara2 republik seperti kita 😌
profile-picture
profile-picture
black.robo dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 03:03
jadi pemimpin itu berat kan?
knapa banyak yg ingin jadi no1
aneh kan 😁
lebih aneh lagi belum pernah ada presiden yg ndak di demo suruh turun 😁
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Rinka17 memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 03:55
TS jangan salah
Kedudukan petani hanya satu tingkat di bawah raja
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 04:01
Sebenarnya semua sistem itu ada lebih kurangnya masing2. Jadi kalau skrg rata2 manusia lbh condong ke arah demokrasi, jalanin aja dan nikmatin aja semua, baik dan buruknya terima satu paket, karena ada masanya sistem demokrasi itu suatu saat akan berubah kembali
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 04:07
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
0 0
0
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 04:32
Quote:Original Posted By ih.sul
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Jika kita melihat kebelakang kita akan menyadari bahwa di masa lalu Indonesia dan juga seluruh dunia awalnya merupakan kerajaan yang berdiri masing-masing, menempati tanah mereka masing-masing dan hidup dalam peraturan mereka masing-masing. Kendati demikian di jaman sekarang sistem pemerintahan kerajaan sudah amat sangat jarang dan digantikan dengan sistem demokrasi yang mana rakyat lah yang menetukan pemimpin mereka. Pertanyaannya, mengapa bisa begitu?

Saya sering kali membayangkan, apa yang akan terjadi bila Kim Jong-Un merupakan orang yang baik? Coba bayangkan Jong-Un oppa yang merupakan pemimpin tertinggi di negaranya memiliki hati yang suci dan penuh belas kasih namun tetap menggenggam erat keadilan tanpa pandang bulu miliknya. Jika itu benar-benar terjadi maka Korea Utara mungkin akan menjadi negara paling maju dengan 0 kasus korupsi, tidak seperti Indonesia yang koruptor bisa nonton pertandingan bulu tangkis.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Namun sepertinya tidak begitu. Ada banyak kerajaan yang memiliki pemimpin berbudi luhur namun satu persatu kerajaan itu hancur dan mulai menganut sistem demokrasi. Pastinya ada sesuatu yang salah dengan sistem kerajaan sehingga tak lagi sesuai dengan jaman modern.

Salah satu negara terbesar yang masih menerapkan sistem kerajaan adalah Inggris namun itu juga bukan sistem kerajaan yang sama seperti di masa lalu. Raja dan Ratu inggris kurang lebih hanyalah sebuah simbol karna orang yang mengambil keputusan adalah perdana menteri, begitu juga dengan Jepang. Perdana menteri adalah orang yang dipilih oleh rakyat sehingga keberadaan rakyat (atau suara rakyat) memegang peran penting dalam keberadaan suatu negara.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Tanpa kita sadari kita kini hidup di jaman yang mana segalanya bisa berubah dengan amat cepat dan maju. Coba bayangkan, 200 tahun yang lalu anak seorang petani akan tetap menjadi petani tanpa bermimpi apapun namun sekarang seseorang bisa menjadi apa saja yang dia inginkan. Kemajuan teknologi, globalisasi, persebaran data, semua faktor-faktor itu membuat seseorang bisa menjadi kuat secara individu dan kekuatan individu adalah hal yang amat mengerikan bila sampai terkumpul.

Satu hal yang menjadi kelemahan fatal dari sistem kerajaan adalah hanya anak raja yang bisa menjadi raja. Dengan kata lain tahta tertinggi kerajaan sudah ditetapkan tanpa bisa diganggu gugat tanpa peduli apakah ahli warisnya seorang pecundang atau seorang pemabuk sekalipun, dan ini bisa memicu kemarahan individu kuat yang tak terima melayani seorang… yang tidak pantas.

Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?

Singkatnya, era jaman sekarang jauh lebih memungkinkan rakyat untuk melakukan kudeta. Masa-masa dimana perkataan raja adalah hukum sudah tamat, sekarang jamannya suara rakyat, suara mayoritas. Apa yang mayoritas inginkan itulah yang terjadi dan karna itulah sistem demokrasi diterapkan, semata-mata demi menjaga segalanya tetap damai.

Namun demokrasi juga tidaklah sempurna, tak ada apapun yang sempurna di dunia ini. sekarang saja kita sudah melihat pihak-pihak yang menuntut agar Jokowi mundur dan di 2024 nanti kita pasti akan disajikan dengan perang besar yang akan memecah belah bangsa dan ini sama sekali bukan candaan.

Hahh… kebayang nggak kalau tiba-tiba Indonesia berganti sistem menjadi kerajaan? Udah deh, nggak usah dibayangin, serem emoticon-Takut

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


E tapi e tapi kalau di Jepang mah Kaisar emang gk punya power sedari dulu, cm bentar doank punya power di era Restorasi Meiji, selebihnya ya cm jd simbol, yg megang kekuasaan klo sekarang PM, klo dulu Shogun
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 05:15
soalnya konyol, mari kita mengabdi pada ratu elizabeth? karena "bapaknya, kakeknya sudah gitu dari dulu" wkwkwk mau amat ngikutin satu orang yg belum tentu kompeten.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 05:27
Tapi ada juga kelebihan dari kerajaan, minimal pewaris tahta sudah dididik menjadi raja sejak lahir, berbeda dengan rakyat biasa yang kecilnya diajarin cara bikin kuris, setelah dewasa jadi raja. Selain itu juga meminimalisir korupsi masal kayak Indonesia, minimal yang korupsi hanya lingkungan kerajaan, beda dengan sekarang yang mengakar dari bawah sampai atas.
profile-picture
R8486.Jr memberi reputasi
1 0
1
Mengapa Sistem Kerajaan Tersingkirkan Oleh Demokrasi?
08-12-2021 05:33
Klo sistem kerajaan lg. Nanti malah yg kaya makin kaya. Yg miskin makin miskin..
Eh demokrasi pun juga udh begitu ya..

Ah udh lah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia