News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ae242269d94c52bd447fd6/misteri-dibalik-jatuhnya-drone-shahed-191-milik-iran
Ada kabar terbaru datang dari alutsista Iran, tepatnya dari segemen drone. Mengutip artikel TheDrive.com pada hari Minggu (05/12/2021) drone Shahed-191 jatuh di provinsi Chaharmahal dan Bakhtiarim sebuah provinsi di sebelah barat negara itu. Belum ada laporan lebih rinci mengenai bagaimana drone tersebut bisa jatuh, akan tetapi TheDrive.com mengatakan jika pejabat di provinsi tersebut telah mengko
Lapor Hansip
06-12-2021 21:54

Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran

icon-verified-thread
Ada kabar terbaru datang dari alutsista Iran, tepatnya dari segemen drone. Mengutip artikel TheDrive.compada hari Minggu (05/12/2021) drone Shahed-191 jatuh di provinsi Chaharmahal dan Bakhtiarim sebuah provinsi di sebelah barat negara itu. Belum ada laporan lebih rinci mengenai bagaimana drone tersebut bisa jatuh, akan tetapi TheDrive.com mengatakan jika pejabat di provinsi tersebut telah mengkonfirmasi pendaratan darurat drine Shahed-191.

Jatuhnya drone ini menjadi topik perbincangan menarik bagi beberapa orang yang suka dengan dunia militer di media sosial, pasalnya penyebab dari jatuhnya drone tersebut masih menjadi tanda tanya. Yang menarik sekitar 10 tahun yang lalu, pada 5 Desember 2011 Iran mengkonfirmasi telah berhasil mendapatkan drone RQ-170 Sentinel milik AS. Tidak diketahui bagaimana cara Iran mendapatkan drone AS tersebut, kemungkinan Iran telah menembak jatuh drone tersebut.

TheDrive.com menyebutkan bahwa, setelah Iran mendapatkan RQ-170 Sentinel mereka melakukan reverse engineering pada drone tersebut. Kemungkinan drone yang jatuh pada hari Minggu kemarin adalah RQ-170 Sentinel hasil modifikasi insinyur Iran, yang dikenal sebagai Shahed.

Iran sendiri diketahui telah memiliki berbagai varian drone yang desain sayapnya dipengaruhi oleh RQ-170 dengan ukuran berbeda, di mana jenis drone yang baru-baru ini jatuh adalah terbesar kedua dengan skala sekitar 2/3. Menurut perkiraan, lebar sayapnya sekitar 7 meter, sementara RQ-170 kira-kira punya lebar sayap 19 meter.


Quote:
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran

Foto: @imp_navigator via Twitter



Dalam foto yang beredar di Twitter, tampak beberapa orang mengerumuni drone yang jatuh tersebut, tak lama berselang drone kemudian diangkut menggunakan helikopter Mi-17. Meski dialporkan jatuh, drone tampak masih utuh. Sementara itu pada insiden 10 tahun lalu saat Iran berhasil mendapatkan RQ-170 Sentinel, badan drone terlihat utuh. Seperti pada insiden 2011, mereka memuatnya ke truk dan juga menerbangkannya melalui helikopter Mi-17.

Desain RQ-170 dibuat agar sayapnya dapat dilepas dengan mudah, sayap ini terlatak pada sambungan badan pesawat yang menonjol. Cuplikan dari kecelakaan satu dekade lalu yang melibatkan RQ-170 menunjukkan Mi-17 Iran hanya menerbangkan badan pesawat. Dalam hal ini, pesawat benar-benar utuh, termasuk sayapnya, yang membuat beban sling kurang stabil. ini seperti de javu, ketika pada tanggal yang sama Iran mendapatkan drone Sentinel.


Quote:



Meskipun RQ-170 versi Iran belum mendekati kemampuan sebenarnya dari RQ-170 versi AS, drone hasil copy paste ini telah menjadi ancaman besar karena radar cross section (RCS) yang dipancarkan sangat rendah, sehingga membuatnya sulit dideteksi dari jarak jauh. Israel telah mengatakan bahwa, varian yang dikembangkan dari drone Shahed sebagai masalah nyata yang kemungkinan akan terus dihadapi, Israel sendiri telah menembak setidaknya satu drone yang mirip seperti desain Shahed di wilayah udaranya.

Sementara itu upaya Iran untuk membuat drone yang jauh lebih sederhana dari desain RQ-170 mungkin hampir tidak masuk akal, tapi perlu dicatat bahwa mereka saat ini telah mengembangkan varian yang lebih besar untuk diterbangkan.

Drone/pesawat sayap terbang yang benar-benar tidak berekor terkenal tidak stabil, dan semakin besar ukurannya, maka semakin sulit bagi mereka untuk terbang dengan baik di berbagai medan operasinya. Namun, Iran tampaknya telah mengatasi masalah tersebut, setidaknya sampai tingkat tertentu.


Quote:
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran

RQ-170 versi recovery Iran, drone ini diperoleh Iran pada 5 Desember 2011.

Foto: Media Pemerintah Iran



Terkait jatuhnya drone Iran pada hari Minggu tampaknya masih ada kaitan dengan sebuah ledakan besar di dekat fasilitas nuklir Iran, menurut laporan Aljazeera telah terjadi ledakan dan kilatan cahaya di langit sekitar pukul 20:15 waktu setempat pada hari Sabtu (04/12/2021) di Badroud, 20km dari tempat fasilitas pengayaan uranium berada.

Badroud sendiri terletak di dekat Natanz, fasilitas nuklir penting Iran lainnya yang tidak jauh di utara Isfahan. Sementara pihak Iran mengklaim ledakan tersebut adalah latihan pertahanan udara yang mencakup penembakan drone. Namun, pihak Iran sampai saat ini secara resmi belum mengatakan jika latihan penembakan drone itu tidak terkait dengan 'pendaratan darurat' Shahed-191.

Isfahan sendiri menjadi pusat program nuklir Iran dan bidang utama yang menarik bagi intelijen AS. Faktanya, RQ-170 Sentinel telah diterbangkan ke instalasi nuklir itu untuk memata-matai, namun RQ-170 itu pada akhirnya jatuh ke tangan Iran sepuluh tahun yang lalu. Penangkapan RQ-170 menjadi sumber kebanggaan dan propaganda besar bagi militer Iran. Karena itu, kita harus bertanya apakah insiden semacam reka ulang yang rumit untuk tujuan propaganda ?

Sebagai tambahan informasi, Iran sendiri beberapa bulan terakhir memang gencar melakukan simulasi penembakan drone dan rudal jelajah, hal itu dilakukan setelah Israel berulang kali mengancam akan melakukan serangan ke fasilitas nuklir Iran. Mereka tidak mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir.


Quote:
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran

RQ-170 yang berhasil ditangkap Iran pada 5 Desember 2011.

Foto: Media Pemerintah Iran



Sekali lagi, pertanyaannya adalah apa yang sebenarnya terjadi di sini ? Apakah uji terbang atau pelatihan salah satu drone Iran yang merupakan hasil copas RQ-170 berjalan sangat salah pada tanggal yang paling ironis ? Atau apakah ini semacam tontonan untuk memperingati hilangnya RQ-170 Amerika pada peringatan 10 tahun peristiwa bersejarah itu ?

Tyler Rogoway salah satu penulis artikel di TheDrive.com mengatakan jika dirinya condong ke poin yang terakhir. Menurut Tyler, Iran memang dikenal melakukan hal-hal semacam ini, yaitu memperingati hari yang bersejarah. Terutama menciptakan kembali atau mengingatkan warganya tentang kemenangan militer yang signifikan, dalam kasus Iran mereka memperingati 10 tahun direbutnya RQ-170 Sentinel milik AS. Bisa dibilang pemerintah Iran agak sedikit "over proud", sebuah gejala penyakit yang juga diderita sebagian warganet +62.

Terlepas dari berbagai dugaan yang beredar saat ini, sangat aneh dan mencurigakan melihat gambar-gambar yang sangat familiar ini muncul pada ulang tahun kesepuluh dari RQ-170 yang jatuh ke tangan Iran. Sebagai tambahan informasi Iran sendiri saat ini setidaknya punya 3 varian RQ-170 hasil reverse engineering, tiga varian ini punya ukuran dan jangkauan yang berbeda-beda. Akun Twitter Mehdi H. telah membuat tabel yang cukup menarik, di mana ia mengklasifikasikan drone milik Iran dalam 3 jenis varian. Ruga varian tersebut adalah sebagai berikut: Shahed-161, Shahed-191, Shahed-171.

Varian 161 punya jarak jelajah maksimal 500 km dan endurance terbang 2 jam, bisa dibilang ini adalah versi paling kecil dari keluarga Shahed. Versi 191 yang jatuh baru-baru ini punya daya jelajah maksimal 1.500 km dengan endurance terbang 4.5 jam, bisa dibilang ini adalah varian medium dari keluarga Shahed. Versi terakhir, yakni 171, punya jarak jelajah maksimal 4.400 km dan endurance terbang mencapai 10 jam. Lebih jelasnya silakan simak tabel di bawah ini.


Quote:



Sekilas tentang RQ-170 Sentinel, drone ini memasuki layanan USAF (Angkatan Udara AS) pada tahun 2007. Di mana drone ini dibuat oleh Lockheed Martin, drone ini merupakan jenis reconnaissance aircraft yang digunakan untuk misi intip-mengintip. Selain digunakan oleh USAF, Sentinel juga digunakan oleh CIA untuk melakukan beberapa misi khusus.

Total USAF memesan 20 unit drone Sentinel dari Lockheed, Sentinel punya panjang 4.5 m, rentang sayap  20 m, serta tinggi  2 m. Dibekali mesin 1 × Garrett TFE731 atau General Electric TF34 turbofan, drone bisa terbang di ketinggian maksimal 15.240 m. Sayangnya informasi terkait Sentinel sangat terbatas, sampai saat ini tidak diketahui berapa jarak jelajah maksimalnya.


Quote:
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran

RQ-170 Sentinel

Foto: Wikipedia.org





Referensi Tulisan: TheDrive.com& Aljazeera
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
militer-dan-kepolisian
Militer dan Kepolisian
1.2K Anggota • 2.2K Threads
Halaman 1 dari 2
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
06-12-2021 21:54
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran

Permisi Om, kok kelihatanya rame banget, lagi nonton apa sih ? emoticon-Big Grin


Best Komen:


Quote:Original Posted By gepyan
ngakunya range-nya sampe sini ...


Desain Sentinel RQ-170 USAF
Desain sayap terbang tanpa ekor dari RQ-170 terlihat mirip dengan RQ-3 Darkstar dan P-175 Polecat. Desain low-observable memungkinkan pesawat untuk terbang di perbatasan Iran, Cina, India dan Pakistan untuk menangkap informasi real-time mengenai uji coba rudal, telemetri dan intelijen multispektral.


Quote:Original Posted By gonugraha76
Program drone militer Iran sudah berjalan sejak tahun 1986 dan tahun 1993 UCAV pertama Iran : HESA Ababil resmi diluncurkan dan terus dikembangkan menjadi Ababil 2 dan Ababil 3. Telah di ekspor ke beberapa negara seperti Sudan, Iraq dan Libya. Drone Ababil juga digunakan oleh kelompok bersenjata Hamas, Houthi dibranding menjadi Qasef dan Hezbollah direbranding menjadi Mirsad dan Basir. UCAV Ababil sudah battle proven di perang Iraq, Suriah, Sudan dan Yaman.

Iran UCAV Shahed 171 Simorgh yang diluncurkan tahun 2014 adalah drone pertama hasil reverse engineering terhadap UAV intai Lockheed Martin RQ 170 Sentinel yang berhasil diambil alih sistem penerbangannya dan didaratkan oleh Iran cyber army ketika sedang terbang dalam misi pengintaian nuclear site plant di Iran tahun 2011.
UCAV Shahed 171 Simorgh memiliki desain, dimensi dan struktur desain yang sama dengan UAV RQ 170 Sentinel tetapi sudah dikembangkan lebih lanjut sehingga mampu dipersenjatai dengan rudal ATGM untuk menghancurkan berbagai target keras di darat. Performa UCAV Shahed 171 Simorgh sudah dibuktikan ketika dilibatkan dalam latihan gabungan Zolfaghar 99 dan beberapa misi khusus.

Gen 2 UCAV Shahed 171 Simorgh adalah UCAV Shahed 191 yang diluncurkan tahun 2016. Punya nama lain UCAV Saegheh 2. Walaupun punya dimensi yang lebih kecil tetapi punya garis desain yang sama dengan UCAV Shahed 171 Simorgh. Thn 2018 1 unit UCAV Shahed 191 ditembak jatuh oleh Israel di konflik Iran - Syria yang membuat kaget blok barat setelah diteliti oleh Israel dinyatakan bahwa UCAV Shahed 191 punya teknologi yang cukup canggih.

Arsenal yang digunakan oleh generasi UCAV Shahed adalah ATGM Sadid dan Almaz.


Quote:Original Posted By gabener.edan
Di luar sana sibuk bikin drone canggih...


Di Indonesia di sibukan k drone yg ingin kembali ke jaman jadul...berkuda dan memanah emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By apawaal
Mungkin pakai bahan bakar eceran, bikin mesin nya mogok gan emoticon-Ngakakemoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By mynameisant
Itu di lokasi jatuhnya belum ada yang dagang..
kalo di tempat lain mungkin udah terdengar :
"yang haus, yang haus, yang haus.."
"Priiiit! Parkir sini aja mas!"


Quote:Original Posted By indrastrid
Disana gak ada pedagang besi kiloan ya? Bisa selamat masih utuh gak dipretelin emoticon-Ngakak
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cluuree.e dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
06-12-2021 22:05
Bentuknya mirip2 bomber B-2 Spirit, kenapa bentuknya melebar bukan memanjang. Mungkin ini type drone pengintai ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
06-12-2021 22:09
Drone intai versi KW yg gatot dlm test drive di iran......mgkn lain kali bs lbih beruntung lg dlm test drive mndatang, kaum mullah......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 00:34
Iran yg d push ama nato aja bsa bkin drone

Kita malah ributkan hal2 dagelan emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
flamboyan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 08:42
Quote:Sayangnya informasi terkait Sentinel sangat terbatas, sampai saat ini tidak diketahui berapa jarak jelajah maksimalnya.


ngakunya range-nya sampe sini ...

Quote:Desain Sentinel RQ-170 USAF
Desain sayap terbang tanpa ekor dari RQ-170 terlihat mirip dengan RQ-3 Darkstar dan P-175 Polecat. Desain low-observable memungkinkan pesawat untuk terbang di perbatasan Iran, Cina, India dan Pakistan untuk menangkap informasi real-time mengenai uji coba rudal, telemetri dan intelijen multispektral.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 09:02
suka dengar berita alutista negara negara lain...tapi kadang suka iri..kok negara kita belum bisa ya...semangat yoookkk
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 10:44
Boleh juga kw nya ... Sanggup bikin mesin jet yang pasti udah kayak pesawat beneran.

Iran yang bikin pesawat pesawatan maka Israel yang keder.... Hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 11:02
ganngguan sinar ultra sonixxxxx?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 11:45
Program drone militer Iran sudah berjalan sejak tahun 1986 dan tahun 1993 UCAV pertama Iran : HESA Ababil resmi diluncurkan dan terus dikembangkan menjadi Ababil 2 dan Ababil 3. Telah di ekspor ke beberapa negara seperti Sudan, Iraq dan Libya. Drone Ababil juga digunakan oleh kelompok bersenjata Hamas, Houthi dibranding menjadi Qasef dan Hezbollah direbranding menjadi Mirsad dan Basir. UCAV Ababil sudah battle proven di perang Iraq, Suriah, Sudan dan Yaman.

Iran UCAV Shahed 171 Simorgh yang diluncurkan tahun 2014 adalah drone pertama hasil reverse engineering terhadap UAV intai Lockheed Martin RQ 170 Sentinel yang berhasil diambil alih sistem penerbangannya dan didaratkan oleh Iran cyber army ketika sedang terbang dalam misi pengintaian nuclear site plant di Iran tahun 2011.
UCAV Shahed 171 Simorgh memiliki desain, dimensi dan struktur desain yang sama dengan UAV RQ 170 Sentinel tetapi sudah dikembangkan lebih lanjut sehingga mampu dipersenjatai dengan rudal ATGM untuk menghancurkan berbagai target keras di darat. Performa UCAV Shahed 171 Simorgh sudah dibuktikan ketika dilibatkan dalam latihan gabungan Zolfaghar 99 dan beberapa misi khusus.

Gen 2 UCAV Shahed 171 Simorgh adalah UCAV Shahed 191 yang diluncurkan tahun 2016. Punya nama lain UCAV Saegheh 2. Walaupun punya dimensi yang lebih kecil tetapi punya garis desain yang sama dengan UCAV Shahed 171 Simorgh. Thn 2018 1 unit UCAV Shahed 191 ditembak jatuh oleh Israel di konflik Iran - Syria yang membuat kaget blok barat setelah diteliti oleh Israel dinyatakan bahwa UCAV Shahed 191 punya teknologi yang cukup canggih.

Arsenal yang digunakan oleh generasi UCAV Shahed adalah ATGM Sadid dan Almaz.
Diubah oleh gonugraha76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 12:03
Walaupun sekedar modifikasi udah jagolah iran yang di embargo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
07-12-2021 13:59
Di luar sana sibuk bikin drone canggih...


Di Indonesia di sibukan k drone yg ingin kembali ke jaman jadul...berkuda dan memanah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
08-12-2021 00:20
Mungkin pakai bahan bakar eceran, bikin mesin nya mogok gan emoticon-Ngakakemoticon-Wakaka
Diubah oleh apawaal
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
08-12-2021 00:22
Itu di lokasi jatuhnya belum ada yang dagang..
kalo di tempat lain mungkin udah terdengar :
"yang haus, yang haus, yang haus.."
"Priiiit! Parkir sini aja mas!"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Post ini telah dihapus
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
08-12-2021 00:26
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
08-12-2021 00:47
Disana gak ada pedagang besi kiloan ya? Bisa selamat masih utuh gak dipretelin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
08-12-2021 00:59
Kalo pesawat alien yng jatuh, wah bisa jadi negara adi kuasa nih iran emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Misteri Dibalik Jatuhnya Drone Shahed-191 Milik Iran
08-12-2021 03:48
Lebar 20 m,..... Lebar bet.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
kado-natal-1000-gulden
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia