• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 4 Film Perang Vietnam yang Gambarkan Betapa Ngeri Dampaknya Bagi Mental Prajurit AS

cintadineAvatar border
TS
cintadine
4 Film Perang Vietnam yang Gambarkan Betapa Ngeri Dampaknya Bagi Mental Prajurit AS


Perang Vietnam adalah salah satu periode dalam perang dingin dan berlangsung cukup lama karena baru berakhir pada 1975. Perang ini merupakan perang ideologi yaitu Vietnam Selatan dengan nasionalisnya dan Vietnam Utara dengan komunisnya. Perang tersebut turut dicampuri oleh Amerika Serikat yang mendukung Vietnam Selatan walaupun pada akhirnya kubu komunis yang menjadi pemenang.

Seperti Perang Dunia 2, Perang Vietnam juga ada yang diangkat ke film. Ganasnya Perang Vietnam digambarkan pada beberapa film dan bagaimana mengerikannya medan pertempuran yang membuat tentara AS yang selamat mengalami trauma berat, depresi, bahkan terganggu kejiwaannnya.

Nah, gan berikut ini adalah empat film terbaik bertemakan Perang Vietnam terbaik yang menggambarkan bagaimana mengerikannya perang tersebut.

1. Platoon (1986)

Film ini turut dibintangi oleh Johnny Depp yang saat itu masih muda dan juga Willem Dafoe. Mengisahkan seorang Chris Taylor yang tadinya mahasiswa yang berangkat menjadi pasukan AS di Perang Vietnam tahun 1967. Diceritakan dalam sudut pandangnya, peperangan membuatnya bersimpati pada penduduk lokal dan juga terjadi konflik di dalam peletonnya sendiri.

Di film ini ada adegan di mana para tentara AS menganiaya dan membunuh penduduk sipil lokal dan film ini adalah salah satu film AS yang jujur tentang Perang Vietnam. Tidak seperti Rambo yang memang mengada-ada.

2. Apocalypse Now (1979)

Film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan dibintangi oleh Marlon Brando yang sebelumnya sukses dalam The Godfather. Film mengisahkan Captain Willard, veteran perang yang depresi justru karena sudah lama tidak berperang dan membunuh lawan perangnya. Ketika dipanggil untuk terjun kembali ke Perang Vietnam, dia tidak menolaknya. Dia ditugaskan untuk melacak Kolonel Kurtz yang dianggap telah menjadi pengkhianat dan berada di Kamboja.

Sepanjang perjalanan, Willard mengarungi banyak hal yang gila dan berbahaya.

3. The Deer Hunter (1978)

Film ini jelas harus ditonton oleh para pecinta film khususnya film-film legendaris. The Deer Hunter dibintangi oleh Robert de Niro mengisahkan tiga orang pemuda pekerja pabrik yang dikirim ke medan pertempuran Perang Vietnam. Film dimulai dari sebelum, saat, dan sesudah perang. Peperangan yang gila dan menguras mental dan kejiwaan. Salah satu scene yang paling epik dalam film ini adalah saat scene permainan Russian Roullete.

Film ini memenangkan lima penghargaan Oscar termasuk untuk kategori best picture.

4. Full Metal Jacket (1987)

Satu lagi film yang mengisahkan bagaimana dampak Perang Vietnam bisa mempengaruhi psikis dan mental manusia. Film karya Stanley Kubrick ini diceritakan pada dua babak. Babak pertama bagaimana pelatihan pasukan marinir sebelum terjun ke medan perang. Babak kedua adalah para pasukan bertempur ke medan yang sesungguhnya.

Yang menarik justru di babak pertama di mana para pasukan dilatih dengan kejam oleh seorang sersan yang sangat keras dan pemarah. Sementara di bagian peperangan, lebih menonjolkan betapa ironisnya arti sebuah peperangan dan kedamaian.

Nah, gan coba deh tonton salah satunya. Seru kok. emoticon-Big Grin

Quote:
Aramina
5unan
primzlegacy666
primzlegacy666 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
10.8K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.