kreator.artikelAvatar border
TS
kreator.artikel
7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan

Pexels/Gustavo Fring




Sebagai orangtua, kita pasti setuju bahwa peran seorang ayah dalam pengasuhan sangat berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak.

Nah bagi agan-agan yang kini sudah menjadi seorang ayah, apakah agan sudah menyadari apa saja peranmu dalam pengasuhan anak, khususnya anak perempuan, nih?

Sebenarnya apa sih yang dibutuhkan anak perempuan dari seorang ayah?
Apakah hadiah boneka setiap hari?
Atau, ingin ditemani setiap hari?

Sadarkah ayah, bahwa cara ayah mengasuh dan memperlakulan anak perempuan akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi dirinya, lho.

Bahkan, sosok ayah akan menjadi tolak ukur dalam memilih tipe lelaki pendamping hidup anak perempuan kelak ketika ia dewasa.

Mengingat begitu besar pengaruh ayah dalam pengasuhan anak perempuan, maka ada baiknya jika ayah segera lakukan hal-hal berikut ini untuk putri kecil ayah. Tidak ada urutan baku, karena semua hal dibawah ini sama pentingnya.


1. Pembekalan Ilmu Agama


Unsplash/Hasan Almasi

Ayah perlu membentengi anak-anak dengan nilai-nilai keagamaan. Membekali anak-anak dengan pendidikan ilmu agama sedini mungkin dapat membantu mereka dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah ketika beranjak dewasa kelak.

Selain itu, ilmu agama juga dapat membentengi mereka dari segala sesuatu yang membahayakan, terutama dari bahaya pergaulan bebas.


2. Cintai Ibunya


Pexels/ShotPot

Anak perempuan akan belajar dari hubungan ayah dan ibunya. Dia belajar tentang kehormatan dan harga diri seorang perempuan dari cara agan memperlakulan istri agan.

Dari perlakuan agan terhadap istri, anak perempuan juga belajar seperti apa tipe lelaki yang baik untuk dipilih menjadi pendamping hidupnya kelak. Maka tak jarang jika anak perempuan menjadikan ayahnya sebagai tolak ukur dalam memilih pasangan hidup.

Maka dari itu, tunjukkan pada anak perempuan agan bahwa agan sangat mencintai ibunya dengan memperlakukan istri agan sebaik mungkin di hadapan anak perempuan.


3. Hormati Kakek Neneknya


Unsplash/LOGAN WEAVER

Agan adalah panutan bagi anak perempuan agan. Apapun yang agan lakukan akan menjadi referensi dalam hidupnya. Perlakuan agan terhadap orangtua dan mertua (kakek-neneknya) akan menjadi gambaran bagi anak perempuan agan bagaimana cara memperlakukan orang tuanya.


4. Berikan Dia Pujian


Pexels/Arina Krasnikova

Anak perempuan perlu mendengar pujian-pujian dari ayahnya. Oleh karena itu, sering-seringlah agan memuji anak perempuanmu, seperti "kamu terlihat sangat cantik," "rambutmu bagus sekali," dsb.

Kenapa agan perlu melakukan itu?
Karena jika dia merasa cukup mendapatkan pujian dari agan, maka dia tidak akan mencari pujian, pengakuan, atau perhatian dari orang lain.

Hal itu juga akan memperkuat kesan di benaknya bahwa pria paling penting baginya di dunia (ayahnya) menganggapnya sangat luar biasa dalam banyak hal.


5. Berikan Dia Dukungan


Pexels/Kampus Production

Anak perempuan sangat membutuhkan dukungan dari seorang ayah. Kepercayaan dirinya akan meningkat ketika melihat agan mendukungnya.

Dengarkan dia, dukung usahanya, berikan nasihat ketika dia membutuhkannya. Jangan pernah menjatuhkan semangatnya. Ketika dia gagal, yakinkan padanya bahwa agan akan selalu ada untuk mendukungnya di setiap fase kehidupan yang akan dia lalui.


6. Ajarkan Tentang Kedisiplinan


Unsplash/CDC

Dispilin perlu diterapkan agar anak belajar mengatur dirinya sendiri saat ini hingga nanti ia dewasa.

Jadilah seorang ayah yang tegas, bukan galak. Buatlah peraturan-peraturan kecil dan konsekuensi yang harus dihadapi jika ia melanggarnya. Dan jangan lupa, jelaskan padanya alasan kenapa agan membuat peraturan itu.


7. Sesekali, Ijinkanlah Dia Menangis


Pexels/Pixabay

Jika tidak ada hal lain yang bisa agan lakukan untuk putri agan tercinta, setidaknya jadilah tempat curhat terbaik untuknya. Dengarkan dia, dan pastikan bahu agan selalu siap untuk air matanya.

Ijinkan ia menangis.
Jangan menyuruhnya "berhenti menangis". Itu hanya akan membuatnya merasa tidak dipahami dan diabaikan.


Itu dia 7 hal yang wajib ayah berikan kepada anak perempuan. Dari daftar di atas, apakah agan sudah memberikan salah satunya? Atau malah sudah semua?




eyefirst2
screamo37
cheria021
cheria021 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
8.3K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.