• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Intelijen Nasional Berhasil Sita 10 Ton Narkoba dan Tangkap Kartel Otoniel

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Intelijen Nasional Berhasil Sita 10 Ton Narkoba dan Tangkap Kartel Otoniel
Foto penangkapan Dairo Antonio | kompas.com


Presiden Kolombia Ivan Duque mengumumkan bahwa mereka berhasil menyita 10 ton obat-obatan narkotika dalam sebuah operasi di wilayah Samaniego, Narino,

Ivan Duque juga mengumumkan bahwa penyitaan ini merupakan jumlah terbanyak yang disita oleh penegak hukum Kolombia. Operasi narkotika ini dilakukan langsung oleh Intelijen Nasional dan pasukan keamanan kota Samaniego, Narino Kolombia.

Presiden Duque mengatakan jika narkoba sitaan ini milik Dairo Antonio Usuga atau dikenal Otoniel seorang kertel ternama, pihak polisi Kolombia mengatakan jika Dairo Antonio yang juga pimpinan "Clan de Golfo" dicap sebagai organisasi narko-terorisme yang menjadi daftar pencarian orang (DPO) pemerintah Kolombia dan Amerika Serikat.

Menurut laporan mengatakan, Kolombia melakukan penyergapan Dairo Antonio Usuga dibantu pihak militer dan polisi Kolombia. Dairo ditangkap di daerah Necocli yang berbatasan dengan Panama pada tanggal 23 Oktober 2021.

Foto penangkapan Dairo Antonio | publico.pt


Dairo merupakan kepala kartel narkoba terbesar Clan del Golfo di Kolombia, dan catatan kriminal yang dilakukan Dairo Antonio hampir mirip dengan yang dilakukan Pablo Escobar.

Sebelumnya pemerintah Kolombia menawarkan hadiah hingga 3 miliar peso sekitar 853 miliaran rupiah hanya untuk informasi Dairo Antonio Usaga, selain itu pemerintah Amerika juga menawarkan hadiah $ 5 juta dolar AS atau setara 71,5 miliaran rupiah jika gembong narkoba ini berhasil ditemukan.

Foto penangkapan Dairo Antonio | tribunnews.com via AFP


Pemerintah Kolombia juga menduga, jika bos mafia Clan del Golfo yaitu Dairo Antonio Usaga ini menjadi dalang utama pemicu tindak kekerasan terburuk di Kolombia sejak pemerintah dan gerakan Revolusioner Angkatan Bersenjata Kolombia (FARC) yang semakin merajalela.

Tidak hanya menguluti dunia narkoba saja ternyata Clan del Golfo juga terlibat dalam penambangan ilegal, Clan del Golfo juga dituduh sebagai kelompok sadis yang mana dilaporkan telah mengancam dan membunuh para pemimpin masyarakat dikawasan Kolombia.

Dengan tertangkapnya kartel narkoba terbesar di Kolombia saat ini, diharapkan negara-negara lain juga harus bisa memerangi peredaran narkoba di negara masing-masing. Dairo Antonio Usaga kemungkinan akan di hukum eksekusi mati.




Penulis: Sambelterasi052
Referensi: bbc.com - Dairo Antonio Úsuga David alias Otoniel: Colombia nab most wanted drug lord Otoniel
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 07-12-2021 04:38
Aramina
keenan09
asamboigan
asamboigan dan 26 lainnya memberi reputasi
19
7.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.