si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Turki Menuntaskan Uji Coba Meriam Kapal Kaliber 76 mm Buatan Dalam Negeri
Sebagai negara yang sudah sukses memproduksi sendiri beragam alutsista, Turki terus berupaya meningkatkan produk senjata buatan lokal. Salah satu senjata yang sedang serius dikembangkan oleh Turki adalah meriam untuk angkatan laut dengan kaliber 76 mm. Memang saat ini meriam 76 mm yang terpasang di berbagai kapal perang adalah OTO Melara 76 mm, namun rupanya Turki tidak mau terus-terusan memakai produk luar untuk melengkapi persenjataan kapal perangnya.

Mengutip laporan Naval Newspada 2 Desember 2021, perusahaan Makine Kimya Endüstri (MKE) telah menyelesaikan uji coba meriam 76 mm buatan lokal di lokasi uji Konya Karapinar. Uji coba penembakan meriam angkatan laut 76 mm buatan dalam negeri itu dihadiri oleh Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, serta eselon komando Angkatan Bersenjata Turki.

Hulusi Akar dalam sebuah pernyataan setelah uji coba meriam itu mengatakan, jika Turki mengalami beberapa kendala saat mengembangkan meriam 76 mm tersebut. Salah satunya adalah mereka kesulitan mencari material yang sesuai untuk proses pembuatan meriam tersebut karena negara yang jadi sekutu, tidak mau membantu Turki karena hubungan yang kurang harmonis dengan AS, NATO dan Yunani. Meski begitu Hukusi Akar menekankan bahwa, membuat alutsista sendiri merupakan sebuah keharusan, dan Turki harus tetap bergerak maju walau tidak dapat bantuan dari negara lain.


Quote:



Akar menambahkah bahwa setelah meriam menjalani uji pelabuhan dan laut, meriam akan mulai beropeasi dengan Angkatan Laut Turki pada Februari 2022. Namun, para pejabat Turki tidak menyebutkan kapal mana yang akan dipasang dengan senjata prototype tersebut. Manajer Umum MKE. Yasin Akdere, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan majalah Pertahanan Turki pada November 2021 bahwa, meriam itu akan dipasang di kapal corvette Ada Class (MILGEM) atau frigate Perry Class.

Meriam 76 mm garapan Turki ini pertama kali diperlihatkan dalam event pertahanan IDEF-2021 yang digelar di Istanbul pada Agustus 2021, sementara ptoyek untuk membuat meriam ini dimulai tahun 2020. Yasin Akdere mengungkapkan rincian awal tentang proyek senjata angkatan laut ini dalam sebuah acara industri pertahanan online yang disponsori oleh SAHA Istanbul Defense and Aerospace Cluster Association pada akhir Juni 2021, berikut ini pernyataan beliau waktu itu:"Penelitian dan pengembangan memakan waktu 12 bulan. Pembuatan senjata senjata awalnya diperkeirakan menghabiskan biaya 8,2 juta €, tetapi seluruh biaya akhir proyek tersebut kira-kira mencapai 4,7 juta €."

Manufaktur MKE adalah kontraktor utama proyek tersebut. Sebagai subkontraktor, tiga perusahaan swasta juga telah ikut menggarap proyek tersebut. Selain memotong setengah biaya proyek, MKE mengklaim bahwa lapisan unik yang ditambahkan ke laras senjata akan meningkatkan umurnya.

Merian Angkatan Laut 76 mm menurut perusahaan, dibekali dengan fitur-fitur seperti kemampuan untuk menembakkan berbagai amunisi yang lebih luas daripada versi Italia, kemampuan untuk memanfaatkan putaran fusi khusus, dan struktur elektro-mekanisnya yang memungkinkan kontrol digital. Meriam ini juga dilengkapi dengan pendingin air untuk larasnya.


Quote:



Mengembangkan senjata 76mm juga akan memberikan peluang ekspor bagi Turki, yang baru-baru ini telah memperluas pasar industri pertahanannya. Turki telah membangun korvet kelas MILGEM untuk angkatan laut Pakistan dan Ukraina. Setelah terbukti di lapangan, tampaknya layak untuk menjual senjata MKE 76 mm ke negara-negara tersebut. Dan sebagai tambahan sekitar 32 kapal perang Turki memakai merian 76 mm, produksi dalam negeri ini tentu merupakan kabar gembira bagi Angkatan Laut Turki, karena mereka kelak sudah mulai bisa memakai meriam buatan lokal. Berikut spesifikasi meriam MKE 76 mm buatan Turki:


Quote:




Referensi Tulisan: Naval News
Sumber Foto: sudah tertera diatas
pangjay.03EriksaRizkiMgabener.edan
gabener.edan dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.4K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.