• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dokter Ahli Bedah Ini Salah Amputasi Kaki Pasiennya, Akhirnya Berujung ke Pengadilan

Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Dokter Ahli Bedah Ini Salah Amputasi Kaki Pasiennya, Akhirnya Berujung ke Pengadilan
Foto ilustrasi dokter salah amputasi kaki | theguardian.com


Sebuah laporan malpraktek terjadi disalah satu rumah sakit di negara Austria, dimana seorang dokter ahli bedah salah memotong kaki pasiennya. Dan atas kejadian ini pihak keluarga pasien pun melakukan protes keras ke pihak rumah sakit dan pihak keluarga juga melakukan gugatan ke pengadilan atas malpraktek yang dilakukan dokter ahli bedah tersebut.

Menurut laporan, dokter asal Austria tersebut sudah menghadiri panggilan dari pengadilan atas kasus dugaan malpraktek dengan tuntutan lalai mengamputasi kaki pasiennya. Pengadilan pun menjatuhkan hukuman denda terhadap dokter tersebut sebesar 2.700 Euro atau sekitar 44 jutaan rupiah.

Dokter ahli bedah tersebut dikabarkan saat ini berusia 43 tahun sedangkan pasien yang salah amputasi kaki tersebut berusia 82 tahun. Dokter tersebut mengatakan, kejadian ini terjadi pada bulan Mei di sebuah rumah sakit di kota Freistadt, Austria, selama operasi memang semua berjalan dengan lancar.

Foto ilustrasi dokter salah amputasi kaki | abc.net.au


Setelah berjalan dua hari saya ingin memeriksa kondisi terbaru pasien dengan mengecek bekas amputasi dan setelah itu saya baru sadar sudah salah mengamputasi kaki pasien yang berusia 83 tahun tersebut, semestinya kaki kiri yang harus diamputasi ini justru kaki kanan yang saya amputasi.

Dokter ini mengaku jika tindakannya tersebut merupakan kelalaiannya, dokter ahli bedah ini juga mengatakan bahwa selain kelalaiannya. Dokter juga mengecewakan pihak manajemen dan pengawas pasien rumah sakit yang memiliki beberapa informasi yang salah tentang riwayat medis pasien berusia 83 tahun ini yang menyebabkan dokter melakukan kesalahan dalam mengamputasi.

Meskipun dirinya sudah dijatuhi hukuman denda dari pihak pengadilan sebesar 44 jutaan rupiah, ia juga dipindahkan ke rumah sakit lain oleh rumah sakit terkait. Setelah keputusan ini, pengadilan juga mengatakan kepada si dokter jika ia dapat mengajukan banding kembali atas keputusan ini.

Foto ilustrasi dokter salah amputasi kaki | bbc.com


Mungkin inilah yang dimaksud sudah jatuh tertimpa tangga pula, semoga kasus-kasus seperti ini tidak terulang kembali dan laporan-laporan riwayat medis pasien juga haruslah benar-benar agar dokter yang menangani tidak salah penanganan.

Jikapun, memang kelalaian dokter sebaiknya pihak dokter juga harus mempertanyakan terlebih dahulu detil si pasien sebelum melakukan penanganan apalagi yang namanya amputasi.





Penulis: Sambelterasi052
Referensi: theguardian.com - Austrian surgeon fined €2,700 for amputating wrong leg
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
Diubah oleh Sambelterasi052 04-12-2021 17:34
Araminascreamo37akuntest27
akuntest27 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.5K
103
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.