si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Super Hornet Tersingkir dari Program FFCP Kanada
Ada kabar terbaru dari Kanada terkait pengadaan pesawat tempurnya, mengutip laporan TheDrive.combahwa pesawat F/A-18E/F Super Horner telah tersingkir dari kompetisi pesawat tempur masa depan negara itu. Berita tersebut juga sudah dikondirmasi melalui Governtment of Canada pada hari Rabu (01/12/2021). Hal itu tentu saja membut Boeing merasa kecewa berat karena gagal mengamankan kontrak bernilai fantastis dari negara tersebut.

Kanada sendiri meluncurkan program bernama Future Fighter Capability Project (FFCP) pada Oktober 2018, program ini bertujuan untuk mencari pesawat tempur baru untuk menggantikan armada CF-18 Hornet mereka yang sudah menua. Kanada menggelontorkan dana sekitar US$ 14 miliar untuk membeli pesawat tempur baru, di mana mereka dikabarkan mengincar sekitar 88 jet tempur baru.

Pada tahun 2018 Kanada menrerbitkan proposal pra-kualifikasi kepada beberapa manufaktur pesawat tempur ternama, tercatat ada lima manufaktur yang ikut dalam program FFCP. Kelima manufaktur itu antara lain Boeing yang menawarkan F/A-18E/F Super Hornet Block III, Saab menawarkan Gripen, Lockheed menawarkan F-35, Rafale buatan Prancis, serta Eurofighter Typhoon buatan konsorsium negara-negara Eropa. Dari kelima peserta tersebut, Typhoon dan Rafale akhirnya mengundurkan diri sebelum program itu dimulai.


Quote:



Tidak tepilihnya manufaktur pesawat asal Eropa yang terlibat dalam FFCP pun mengundang berbagai kecurigaan, beberapa manufaktur pesawat di Eropa menuduh jika kompetisi yang dilakukan Kanada bertujuan hanya untuk memberi kesempatan kepada manufaktur asal Amerika. Ditambah dengan eratnya hubungan AS dan Kanada dalam hal pertahanan, membuat negara ini sulit untuk tidak membeli pesawat buatan AS.

Tapi hal menarik dari program FFCP Kanada adalah lolosnya Gripen dalam program ini, menjadikannya sebagai satu-satunya pesawat asal Eropa yang masih bertahan. Namun, jika yang tersingkir justru Super Hornet, maka lawan Gripen saat ini adalah F-35. Dan kemungkinan Gripen untuk terpilih sangat kecil, meski pesawat ini menawarkan biaya operasional dan harga jual yang lebih murah.


Program Pesawat Tempur Kanada Membingungkan


Walaupun TS bukan warga Kanada, tapi melihat proses pengadaan pesawat tempur negara tersebut, TS jadi ingat program pengadaan pesawat tempur di negeri sendiri yang tak kalah membingungkan. Sebagai tambahan informasi gan, Kanada sendiri sebenarnya juga masih terlibat dalam proyek "Joint Strike Fighter" yang melahirkan F-35. Tapi yang menarik, meski Kanada terlibat dalam proyek JSF, mereka justru tidak terikat kontrak untuk membeli pesawat tersebut. Mereka hanya berpartisipasi dalam bentuk investasi uang dan kerja sama pembuatan suku cadang F-35.

Menurut TheDrive.comKanada telah menjadi anggota program F-35 sejak awal, tetapi hanya sebagai mitra industri “Level 3” tanpa komitmen kuat untuk membeli pesawat. Kontrak ini membantu perusahaan kedirgantaraan Kanada mengamankan lusinan kontrak terkait dengan pengembangan dan produksi Joint Strike Fighter. Pada tahun 2010, pemerintah yang dipimpin Partai Konservatif Kanada mengumumkan rencana untuk membeli 65 F-35. Namun, prosesnya berjalan lambat dan mendapat banyak kritik dari partai-partai oposisi.

Dan ketika Partai Liberal memenangkan pemilihan pada tahun 2015, Perdana Menteri baru Justin Trudeau bersumpah untuk membatalkan kesepakatan pembelian pesawat tersebut dan membuka kembali program tender pengadaan pesawat tempur. Sementara itu, pihak Lockheed Martin terasa tidak ikhlas dan keberatan jika Kanada membuka tender pengadaan pesawat tempur baru pada tahun 2018 lalu. Mereka berharap agar Kanada berkomitmen penuh pada program JSF, karena mereka sudah ikut program ini sedari awal, dan pada akhirnya Lockheed ingin Kanada memilih F-35 daripada pesawat yang lain.


Quote:



Pada tahun 2017 Perdana Menteri Justin Trudeau mememparkan wacana mengakusisi Super Hornet sebagai pesawat sementara sembari mencari pesawat tempur apa yang layak digunakan Angkatan Udara Kanada di masa depan. Namun, apesnya pada tahun 2017 terjadi perselisihan terkait perjanjian perdagangan antara Boeing dan perusahaan pesawat Kanada Bombardier, yang akhirnya menyebabkan berbagai ancaman sanksi ekonomi baik dari Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Kanada Trudeau. Kanada kemudian membeli F/A-18A/B Royal Australian Air Force untuk melengkapi CF-18 yang ada, keputusan ini pada akhirnya menuai kritik keras di dalam negeri.

Perselisihan itu pada akhirnya mengakhiri kesepakatan yang sudah direncanakan untuk membeli sejumlah F/A-18E/F baru sebagai jet tempur sementara. Dan setahun kemudian Kanada baru meluncurkan program FFCP, di mana Boeing masuk dalam tender tersebut. Dan sejak saat perselisihan itu, Boeing telah menghadapi tantangan spesifiknya sendiri dalam memasukkan Super Hornet ke dalam kompetisi jet tempur Kanada. Kemungkinan perselisihan pada tahun 2017 adalah salah satu faktor penyebab tersingkirnya Super Hornet.


Quote:



Menurut Boeing, angka untuk biaya operasional Super Hornet sekitar US$ 18.000 pada tahun fiskal 2020, sementara F-35 menghabiskan biaya operasional US$ 33.600 pada tahun fiskal yang sama. Boeing juga telah lama menggembar-gemborkan bahwa penawaran Super Hornet ke Kanada akan memberi kemampuan yang akan menjadi nilai khusus bagi negara tersebut, terutama untuk misi domestik dan asing, termasuk tangki bahan bakar yang disesuaikan dan sistem sensor pencarian dan pelacakan inframerah (IRST) pod. Perusahaan juga menekankan bagaimana infrastruktur CF-18 milik RCAF yang ada sekarang akan dengan mudah diintegrasikan ke Super Hornet. Selain itu Boeing juga menjamin tersedianya 250.000 lapangan pekerjaan baru di Kanada untuk 4 dekade mendatang.

Sementara itu, Gripen yang menjadi kandidat satu-satunya asal Eropa sepertinya akan menawarkan proses pengembangan dan produksi suku cadang Gripen bersama dengan Kanada. Hal tersebut sebelumnya telah sukses mereka terapkan kepada Brazil, di mana kini Brazil mulai memproduksi Gripen di dalam negeri serta ikut mengembangkan Gripen F varian dua kursi.



F-35 Akan Terpilih Lagi


Sementara itu dua pesaing Eropa lainnya, Eurofighter Typhoon, dan Dassault Rafale, keduanya meninggalkan kompetisi sebelum dimulai, mereka mengeluh bahwa proses tersebut menguntungkan perusahaan AS. Dan dengan demikian, mungkin diharapkan bahwa F-35A sekarang akan menjadi favorit untuk program FFCP, terutama karena Kanada masih terus membayar program F-35 sebagai mitra industri.

Mengutip laporan [URL=https://www.google.com/amp/s/skiesmag.com/news/canada-declines-boeings-super-hornet-bid-in-future-fighterS E N S O Rpetition/%3famp]skiesmag.com[/URL] Kanada sampai saat ini masih membayar uang program F-35 untuk mempertahankan posisinya sebagai negara-negara yang berpartisipasi dalam program pembangunan yang dipimpin AS. Pembayaran terakhir sebesar US$ 71,7 juta terjadi pada bulan Juli 2021, sehingga total investasi Kanada dalam program F-35 menjadi US$ 613 juta sejak tahun 1997. Pemerintah mengatakan investasi tersebut menghasilkan kontrak senilai US$ 2 miliar untuk pertumbuhan bisnis Kanada.

Memang agak aneh jika Kanada membuka tender pesawat baru di saat mereka sudah berpartisipasi selama 24 tahun dalam program JSF, dan selama hampir lebih dari dua dekade sebenarnya mereka bisa meningkatkan status mereka dalam program JSF ini. Ditambah dengan semakin banyaknya negara yang ingin meminang F-35, tentu pundi-pundi dollar akan mengalir terus ke kas Kanada setiap tahunnya. Dan meski Gripen masih masuk dalam nominasi, sepertinya pesawat ini tidak akan terpilih. Mengingat Kanada selalu memakai pesawat tempur buatan AS untuk memudahkan mereka dalam misinya bersama AS.


Lalu, apa yang sebenarnya diinginkan Kanada dari program Future Fighter Capability Project ?


Quote:







Referensi Tulisan: TheDrive.com, Governtment of Canada& [URL=https://www.google.com/amp/s/skiesmag.com/news/canada-declines-boeings-super-hornet-bid-in-future-fighterS E N S O Rpetition/%3famp]skiesmag.com[/URL]
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Zero
Aramina
asamboigan
asamboigan dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.