• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi

afryan015Avatar border
TS
afryan015
Perbedaan Kebiasaan Anak Jaman Dulu dan Sekarang Dalam Mengolah Emosi

emoticon-Haiemoticon-HaiHey Ryan balik lagi nih, kali ini Ryan mau bahas tentang tentang hal hal yang dulu pernah dilakukan oleh remaja jaman dulu saat down, ya sekitaran tahun 2000an kebawah lah, yang jelas tidak lebih dari tahun itu, dan yang pasti hal positif yang akan kita bahas kali ini,

Dan kebiasaan kebiasaan Remaja jaman dulu itu perlaham mulai hilang dengan perkembangan jaman, padahal kebiasaan Remaja jama dulu ini menurutku lebih positif dibandingkan dengan kebiasaan anak remaja jaman sekarang, dan kebiasaan anak jaman dulu itu tidak merugikan orang lain, mereka tahu apa yang baik untuk mereka dengan kebiasaan kebiasaan mereka dimasa itu, bahkan mereka lebih pandai mengolah emosi mereka saat sedang down atau sedang dirundung masalah.

Nah mungkin anak anak yang mengalami hal hal dibawah yang akan Ryan bahas pasti akan mengatakan, “ya memang kebiasaan kebiasaan itu sudah tidak banyak dilakukan anak jaman sekarang, padahal itu kebiasaan yang positif”. Dan entah kenapa kebiasaan baik itu malah cenderung dianggap CUPU untuk mengatasi pikiran yang sedang down.

Sebenarnya kebiasaan apa saja sih yang dilakukan anak remaja jaman dulu kok banyak yang menilai kegiatan atau kebiasaan mereka lebih produktif dibandingkan anak jaman sekarang?

Langsung aja yuk kita bahas dari yang nomer 1, yok lah langsung CEEEKKIIBBBRRROOOTT..

1.     Menenangkan Pikiran

Spoiler for Menenangkan Pikiran:


Cara anak remaja jaman dulu menenangkan pikiran menurutku sangat berbeda jauh dengan anak remaja jaman sekarang.

Anak Remaja jaman dulu, mereka lebih suka menyendiri terlebih dahulu sambil memikirkan dan merenung untuk masalah yang sedang mereka alami, mereka benar benar merenung sambil memikiran masalah sampai diri mereka tenang dan baru mengambil tindakan.

Sedangkan anak jaman sekarang jika sedang dirundung masalah atau dalam keadaan galau, cenderung mereka akan mendengarkan lagu galau terutama K-POP, dan tak jarang dari mereka juga mencari pelampiasan lain entah apapun itu, namun kebanyakan dari cara mereka kurang memiliki dampak positif untuk dirinya sendiri, dan selalu langsung ke pelariannya yaitu sebuah ponsel.

2.     Media Curhat

Spoiler for Media Curhat:


Media penyampaian Curhat yang dipergunakan oleh anak Remaja jaman dulu dan sekarang pun sangat jauh berbeda terutama dalam penyampaiannya dan juga dalam privasinya.

Anak Remaja jaman dulu lebih fokus menuangkan isi Curahan Hatinya melalui sebuah tulisan tulisan yang dituangkan kedalam sebuah buku untuk menjadi buku Diary tersayangnya, dan dalam tulisan tulisan itu banyak mengandung kalimat kalimat puitis yang kalau dibaca berulang kali akan memiliki makna tersendiri.

Beda dengan anak Remaja jaman sekarang, dimana mereka akan meluapkan semua perasaannya didalam instastory atau status di media sosisal, yang alih alih nantinya malah kepo kepo ke status orang lain dan berkeluh kesah kepada teman dunia maya nya dan tidak mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapinya, tulisan yang dihasilkan pun terbilang hanya ceplas ceplos saja dan sarkatis.

3.     Permainan Pelepas Stress

Spoiler for Stress:


Permainan untuk melepas kepenatan anak jaman dulu dan sekarang pun sangat berbeda jauh, mengingat saat ini adalah jaman modern dimana semua dimudahkan oleh ponsel.

Anak Remaja jaman dulu saat pikiran mereka mulai stress dengan kegiatan kegiatan yang membuat penat, mereka lebih cenderung ke permainan yang berada di outdoor, seperti bermain gobak sodor, atau  bermain engkrak, dan yang jelas pemandangan yang diliat saat bermain saat itu sangat mempercepat otak anak remaja masa itu untuk segar kembali.

Sedangkan untuk anak jaman sekarang, permainan yang dimainkan adalah melalui console PS atau sejenisnya dan lebih mudah berada di dalam ponselnya, mereka sudah bisa bermain sesuka hati mereka, namun permainan yang mereka mainkan bukannya meredakan pikiran mereka malah justru menambah beban pikiran tergantung dengan permainan yang dimainkan.

4.     Cara Menghilangkan Persoalan Pikiran.

Spoiler for Pola Pikir:


Tak jauh berbeda anak jaman dulu dan sekarang, semua pasti memiliki persoalan persoalan yang menjadi beban pikiran mereka, yang tak bisa dipungkiri hal itu akan membuat mereka merasa terbebani jika harus ditampung sendiri, dan tak jarang mereka meluapkan persoalan pikiran itu pada apa yang mereka inginkan.

Tapi anak Remaja dijaman dulu, lebih memilih untuk mencari teman curhat dimana mereka akan berbagi kisah yang membuatnya sudah tidak bisa menahan dengan apa yang mereka rasakan didalam pikirannya sehingga dengan curhat mereka akan mendapat jalan keluar dari teman curhatnya.

Dan berbeda dengan anak jaman sekarang, karena disisi lain sudah teralalu mengumbar masalahnya di media sosial dan banyak dari mereka yang mengetahui masalah yang dihadapinya, justru itu membuat mereka semakin down dengan respon seseorang yang tidak begitu suka dengan mereka, dan tak jarang sebagai pelampisana persoalan pikirannya, mereka berlari ke barang barang terlarang dan mulai terjerumus ke dalam dunia hitam.

5.     Media Musik

Spoiler for Media Musik:


Media musik yang digunakan pun menurut TS cukup jauh berbeda bukan soal lagunya tapi cara mereka mendengarkan musiknya.

Anak jaman dulu mereka akan meluapkan rasa emosinya dengan cara main gitar, mereka akan memainkan musik yang dia rasa akan membuatnya merasa tenang, dan hal itu selain membuat diri mereka tenang, mereka juga tanpa sengaja atau tidak sadar sedang melatik kemampuan mereka untuk bermain gitar, makanya anak jaman dulu tidak sedikit yang bisa bermain gitar.

Sedangkan anak Remaja jaman sekarang, mereka lebih memilih simpel dengan menyetel atau memutar musik didalam ponsel atau komputernya dan memutar lagu sesuai suasana hati, memang sih sama, tapi mereka hanya bisa mendengarkan saja tanpa ada skill yang dapat diasah saat itu juga.

Itu dia lah perbedaan kebiasaan kebiasaan anak jama dulu dan sekarang dalam mengatasi masa masa down mereka, memang sudah sangat jauh berbeda karena anak jaman sekarang lebih dimudahkan untuk mengakses hal apapun yang menurutnya bisa membuat suasana hatinya senang kembali.

Nah bagaimana menurut kalian apakah hal itu benar adanya, kalau ada tanggapan lain yang kalian rasakan yuk share di komentar, kita lihat seperti apa saja sih yang kalian rasakan.


Sekian dulu trit kali ini jangan lupa, kasih cendol yang banyak dan Rate bintang limanya hehe, yang belum follow tolong di follow yak, terimakasih yang sudah mampir.


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

yonalpro
cheria021
andi.3301
andi.3301 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.