News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a96915eb937d71a722c691/tersinggung-aksi-risma-komunitas-tunarungu-sebut-langgar-uu
Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) mengaku tersinggung atas tindakan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta anak tuli berbicara. Organisasi ini menilai Risma telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengatur penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.
Lapor Hansip
03-12-2021 07:47

Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU

Past Hot Thread
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) mengaku tersinggung atas tindakan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta anak tuli berbicara.
Organisasi ini menilai Risma telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengatur penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak penyandang disabilitas.

"Kami merasa tersinggung, bahkan merasa heran karena omongan Ibu Risma itu mencerminkan pelanggaran UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," kata Gerkatin dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12).

Menurutnya, Mensos Risma mestinya bisa menghormati penyandang disabilitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Pasalnya penyandang disabilitas rungu memiliki hak untuk berekspresi dengan bahasa isyarat.

"Intinya ada pasal penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas rungu/tuli, hak berekspresi dan hak memperoleh informasi dan komunikasi," ucapnya.

Merespons kasus yang viral ini, Risma mengaku sedih dan tidak berniat untuk memaksa disabilitas rungu untuk bicara.

"Saya enggak maksa [dia bicara], untuk apa saya maksa? Itu pilihan. Tapi saya ingin dia di kondisi tertentu bisa menyelamatkan dirinya. Tidak ada niat apapun dari saya, sedih saya terus terang," kata Risma di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Padahal, sebelumnya mantan Wali Kota Surabaya itu mengaku memaksa meminta anak tuli berbicara di depan banyak orang saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021.

"Kenapa ibu paksa kalian untuk bicara? Ibu paksa memang, supaya kita bisa memaksimalkan pemberian Tuhan kepada kita, mulut, mata, telinga. Tapi saya berharap kita semua bisa mencoba," aku Risma saat itu.

Sumur:
cnnindonesia.com


g main paksa didepan umum jg buk caranya
apa susahnya sih minta maaf?
emoticon-No Hope

Quote:Original Posted By Quadpixel
Risma sudah jelas memaksa orang disabilitas untuk melakukan sesuatu diluar kemauannya sendiri

Walaupun benar , ada orang tuna rungu yang bisa berbicara , tapi kemampuan itu tidak sama,dan tidak bisa dipaksakan,
sebagai seorang mentri, seharusnya Risma lebih tahu itu dan tidak merasa benar sendiri


Quote:Original Posted By saya.kira
{thread_title}
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 32 lainnya memberi reputasi
31
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
18.8K Anggota • 630.3K Threads
Halaman 2 dari 6
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 09:17
Cuma org buta saja yg gak bisa melihat kerja jokowi... kata m h maafruf





Besoknya... klarifikasi.... buta mata hatinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kregdevid dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 09:28
Gak akan mintak maaf
Pejabat kok mintak maaf... emak2 pula....
profile-picture
profile-picture
imatz dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:03
Setahun ane, tuna rungu yang hendak berlatih bicara itu butuh pembimbing yang sabar yang bisa mengajarkan mereka untuk berbicara, walau tidak sempurna.
Dan butuh waktu lama untuk melatih kemampuan itu.

Gak sekedar dipaksa2 kayak gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:04
Ini ibu lama2 nyebelin juga yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:04
masih nunggu mana yg nyalahin hijabny
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:07
Sama saja memaksa orang buta utk melihat emoticon-Embarrassment

Orang lumpuh utk brjalan emoticon-Embarrassment
Diubah oleh kakekane.cell
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tungtararatung dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:07
santui aja..belum tentu beritanya proporsional.
sedikit ada celah, langsung di-gass ama media...
resiko jadi pejabat publik sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imatz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:07
nyimak duluemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
imatz dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:13
Kalo ini sih emang ada pihak yg gk suka sm risma, baru keliatan sedikit kesalahan yg berpotensi blowup ke media langsung di PK habis2an emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
COKLAAAT.. dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:15
wasuh parah juga sih gan





emoticon-roseemoticon-armyemoticon-rose
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:17
Aneh banget ini emak-emak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:18
Blunder mulu nih emak emak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:20
Anak redbull klo gk maling ya dungu emoticon-Embarrassment
Diubah oleh TripleCombo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:20
Wes dikandani meneng nak suroboyo ae kok
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:21
Sama aja nyuruh orang yang kakinya (maaf) lumpuh untuk lari-lari.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:21
salah satu kemampuan seorang memimpin dilihat bukan hanya dari intelektual,akademis,bijaksana dll tapi juga sikap santun dan tidak berapi2 dalam menyikapi masalah.

bnyak sekali orang pintar dgn gelar yg baik tpi tidak mampu mengendalikan selfcontrol . niat baik memecahkan masalah tpi kita yg nonton seperti lihat teater.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kazuraba dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:23
Zamannya gampang tersinggungan emoticon-Thinking
0 0
0
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:24
Komedi di pemerintahan sangat dark 🙊🙈
0 0
0
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:28
Nangis2an kapan mulai?
0 0
0
Tersinggung Aksi Risma, Komunitas Tunarungu Sebut Langgar UU
03-12-2021 11:28
saya setuju dengan bu Risma, apapun disabilitasnya, harus tetap berusaha untuk bis bersuara di depan publik dengan cara apapun, disabilitas ok, meratapi nasib karena disabilitas ok, tapi marilah sama2 berusaha untuk bisa speak up di hadapan publik, jangan terus2an "emangnya bisa?", "emangnya bakal didengar?", jangan lupa bahwa disabilitas yang mamiliki talenta atau keahlian, lebih baik daripada manusia normal yang terlalu banyak melamun
profile-picture
profile-picture
prazm8 dan setiagustaman memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia