caritauingin
TS
caritauingin
Perbedaan Cerita-cerita Dalam Alkitab Dan Al-quran
Beberapa perbedaan cerita Al-quran dan Alkitab


1. Dalam Alkitab, tidak ada kisah Abraham dibakar dalam api unggun, oleh raja Namruz. Cerita ini cuma ada di Al-quran.

Qaaluu harriquuhu waunsuruu aalihatakum in kuntum faa’iliina
Mereka berkata: “Bakarlah dia dan bantulah tuhan‐tuhan kamu, jika kamu benar‐benar hendak bertindak”. (QS 21:68)
Kalau dalam Alkitab, yang dilempar ke dalam api adalah Sadrah, Mesakh dan Abednego atas perintah raja Nebukadnezar pada zaman kerajaan Babel.

2. Alkitab mengatakan bapaknya Abraham bernama Terah lahir di Ur‐Kasdim tapi AI‐Quran mengatakan bapaknya Abraham bernama Aazar. (QS. 6:74).

3. Alkitab mengatakan Abraham memindahkan kemahnya dan tinggal di Matme dekat Hebron dan mendirikan Mezbah di sana. AI‐Quran mengatakan Abraham dan keluarganya tinggal di Mekkah, di lembah yang tidak ada tanam‐ tanaman.
(QS. 14:37)


4. Alkitab mengatakan bahwa Musa diambil anak oleh putri Fir’aun.
(Kel. 2:5). Tapi Al‐Quran mengatakan Musa diambil anak oleh isteri Fir’aun. “Dan berkatalah isteri Fir’aun: “adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah‐mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil ia menjadi anak”, sedang mereka tiada menyadari.” (QS. 28:9).

5. Alkitab mengatakan bahwa Haman hidup pada zaman kerajaan Persia dan bekerja pada Raja Ahasyweros. Baca cerita lengkapnya dalam kitab Ester. Al‐Quran bercerita lain bahwa Haman hidup di Mesir pada zaman nabi Musa dan bekerja pada Raja Fir’aun. Dia membuat batu bata untuk membangun gedung yang tinggi.

6. Alkitab mengatakan bahwa ibu Isa Al‐Masih adalah Maria yang hidup pada zaman Romawi tinggal di Betlehem lebih dari 2000 tahun yang lalu. Tapi Al‐Quran mengatakan bahwa Maryam ibu Isa Al‐Masih adalah saudara dari Harun. Maryam,Harun dan Musa hidup di Mesir pada zaman Fir’aun. Mereka disebut keluarga Imran, nama dari surat Al‐Quran yang ketiga.

7. Alkitab mencatat kelahiran Yesus di kandang domba dan dibaringkan dalam palungan. AI‐Quran mengatakan Isa Al‐Masih lahir dibawah pohon korma. “Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia pada pangkal pohon kurma dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”. (QS. 19:23).

8. Dalam AIkitab Tuhan bersumpah tetapi Dia bersumpah demi diriNya sendiri Misalnya, (Kej. 22:16) “Aku bersumpah demi diri‐Ku sendiri”. Dalam (Mazmur 89:36) “Sekali Aku bersumpah demi kekudusan‐Ku, tentulah Aku tidak akan berbohong kepada Daud…” Ada lagi ayat yang lain, “Sehab itu Aku bersumpah dalam murka‐Ku” (Maz. 95:11).
Sedangkan dalam Al Quran Allah bersumpah dengan ciptaanNya sendiri. Allah bersumpah dengan kota Mekah, bersumpah demi beredarnya bintang, bersumpah dengan pohon tien, bersumpah dengan minyak zaitun, bersumpah dengan gunung Torsina, bersumpah demi hari kiamat, dan lain‐lain. (baca QS. 56:75; QS. 69:38; QS. 75:1; QS. 95:1‐3)

9. Alkitab mengatakan bahwa Zakaria tidak bisa berbicara dengan manusia lain selama sembilan bulan dia bisu setelah tugas dan selesai keluar dari Bait Suci dan akan dapat berbicara lagi setelah nubuatan kelahiran anaknya tergenapi. Baca Lukas pasal satu. Al‐Quran menulis selama tiga malam, Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda”. Tuhan berfirman: “Tanda bagimu ialah bahwa kamu tidak dapat bercakap‐cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal kamu sehat”.

10. Alkitab mengatakan bahwa Yesus Kristus mati dibunuh dan disalib dengan bukti dan saksi mata. Dan jauh sebelum hari penyaliban Yesus Kristus sendiri mengatakan hal itu kepada murid‐muridNya. Empat kali Yesus memperingatkan kepada semua murid bahwa Dia disalib untuk menggantikan hukuman dosa bagi semua manusia. Dan akan dibangkitkan pada hari ke‐tiga. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan. Siapa yang tidak percaya akan dihukum.
Sedangkan dalam Al Quran mengatakan bahwa Al‐Masih tidak dibunuh dan tidak pula disalib. Melainkan orang yang diserupakan dengan Isa Al‐Masih. (QS. 4:158).

11. Alkitab mengatakan bahwa Nuh dan seluruh keluarganya diselamatkan dalam bencana air bah. Baca secara lengkap (Kejadian 7:13, 16, 23).
Al‐Quran mengatakan bahwa anak‐ anak Nabi Nuh tenggelam dalam peristiwa itu. “Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya ‐ sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku,
naiklah bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang‐orang yang kafir. Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah Yang Maha Penyayang”. Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang‐orang yang ditenggelamkan.” (QS. 11:42‐43).

12. Alkitab mengatakan anak Adam ada tiga orang: Kain, Habel dan Set.
Al‐Quran hanya menyebut dua nama anak Adam.


pakisal212starcrazypatipeople
patipeople dan 4 lainnya memberi reputasi
3
7.5K
169
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.