• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya

abdulqadirz
TS
abdulqadirz
Mengapa Ada Banyak Sekali Bahasa di Dunia? Beginilah Kira-kira Penjelasannya


Pernahkah ente bertanya-tanya kenapa apel bisa bernama apel dan bakso bisa bernama bakso? Untuk memahami itu semua kita perlu mengetahui bahasa itu asal mula dari mana sih. Jika kita ingin mencari tahu asal mula manusia menemukan api, bagaimana sejarah dinosaurus atau bentuk manusia purba, kita bisa mencari apa yang mereka tinggalkan atau yang mereka hasilkan ketika mereka melakukan kegiatan tersebut. Tetapi bagaimana ya kalau kita pengen mengetahui asal mula bahasa?

Bahasa sendiri bukanlah sesuatu yang berbentuk dan langsung hilang setelah di katakan. Kita tidak akan pernah bisa menemukan apa kata pertama yang diucapkan atau fosil percakapan seseorang. Tetapi hal ini tentu tidak menghentikan para peneliti untuk berspekulasi bagaimana bahasa pertama bisa muncul. Sejauh ini ada 4 teori mengenai bahasa, yang pertamadi dunia yaitu bahwa teori yang menganggap kata-kata pertama bermula dari imitasi dari teriakan hewan-hewan liar atau burung.

Quote:


Yang keduabuku teori yang menganggap kata-kata pertama berasal dari respon suara terhadap rasa sakit, takut maupun kaget. Yang ketiga teori yang meyakini bahasa muncul dari suatu kegiatan bersama yang membutuhkan koordinasi. Contohnya suara yang berasal dari mulut saat sedang merasakan sensasi bermain atau bermusik. Para peneliti meyakini bahwa semua bahasa sederhana tersebut berawal dari satu zaman prasejarah di benua afrika, yakni 2.000 tahun yang lalu dan menyebar ke seluruh dunia saat para leluhur kita bermigrasi sekitar 70.000 tahun kemudian.

Tapi sekarang timbul pertanyaan kalau semua bahasa berawal dari akar yang sama, kenapa ya sekarang bahasa bisa berbeda-beda? Ribuan tahun yang lalu setelah leluhur kita menyebar ke seluruh dunia dengan bekal bahasa yang sederhana tersebut, mereka mulai mengalami kesulitan untuk menyebut suatu benda ataupun alat yang mereka gunakan ketika mereka berinteraksi satu sama lain setiap hari. Kemudian mereka berinisiatif untuk memberi sebutan pada setiap benda yang mereka gunakan.

Berawal dari satu orang yang memiliki istilah pada suatu benda, kemudian memakai istilah tersebut setiap hari, lama-kelamaan orang lain pun mengikuti dan menggunakan istilah tersebut deh. Penggunaan istilah tersebut menyebabkan pekerjaan sehari-hari mereka menjadi lebih efektif dan efisien. Mantep. Fenomena ini terjadi pada setiap kelompok manusia yang tersebar di seluruh dunia.

Quote:


Oleh karena itu ada yang menyebut apel dengan sebutan meiladan juga ada yang menyebut apel dengan sebutan eipel. Seiring berjalannya waktu sekelompok manusia ini bertemu satu sama lain. Ketika mereka bertemu mereka perlu membuat kesepakatan bahasa baru agar bisa saling memahami satu sama lain. Interaksi ini terjadi terus selama ribuan tahun dan berkembang hingga menjadi bahasa yang kita kenal saat ini. Ada sekitar 6.500 bahasa di dunia yang setiap hari diucapkan. Walaupun demikian separuh dari populasi di dunia hanya menggunakan sekitar 20 bahasa aja.

Bahasa yang banyak digunakan adalah bahasa mandarin dengan 955 juta pengguna, diikuti bahasa spanyol dengan 470 juta pengguna dan bahasa inggris dengan 360 juta pengguna. Uniknya adalah masing-masing bahasa tersebut memiliki aksen yang berbeda di setiap daerahnya. Contohnya nih bahasa inggrisnya warna versi british akan berbeda dengan aksennya amerika. Gak usah jauh-jauh di daerah kita aja beda. Sama-sama di jawa timur tapi beda aksen antara aksen surabaya dan malang.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial aja ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz 02-12-2021 21:40
pphitamTuanLibararadeyeuh
bararadeyeuh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.3K
30
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.