si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
[UPDATE] India Operasikan Kapal Selam Baru INS Vela | Brazil Terima H225M Anti Kapal
Segmen update kembali lagi gan, kali ini ada dua berita menarik dari matra laut. Mari kita simak beritanya emoticon-Cendol (S)


India Mengoperasikan Kapal Selam Keempat INS Vela



Foto: Naval Group


Berita pertama datang dari Negeri Bollywood, dikabarkan bahwa Angkatan Laut India resmi mengoperasikan kapal selam diesel-listrik ke-4 yang bernama INS Vela pada 25 November 2021 dan kapal selam diluncurkan pada 6 Mei 2019. Mengutip artikel Naval News, Vela dibangun dari basis kapal selam Scorpene Class buatan Prancis. Negeri Mode menyepakati proses Transfer of Technology (ToT) dengan India untuk membangun kapal selam sendiri di dalam negeri.

Menurut laporan TheIndianExpresspada tahun 2005 India dan Prancis menandatangani kontrak senilai US$ 3,75 miliar untuk membangun enam kapal selam Scorpene Class. Di India sendiri kapal selam Scorpene Class disebut sebagai Project 75. Perusahaan pelaksana di pihak India adalah Mazagon Docks Ltd, dan di pihak Prancis adalah DCNS, yang sekarang berganti nama menjadi Naval Group.

Project 75 juga dikenal sebagai Kalvari Class, diambil dari nama kapal selam pertama yang bernama INS Kalvari. Saat ini sudah ada 3 kapal selam lain yang ditugaskan dari kelas ini, yaitu Kalvari, Khanderi dan Karanj. Sementara kapal selam kelima dari kelas tersebut,  Vagir, sedang melakukan uji coba laut, sementara pembangunan kapal selam keenam dan terakhir, Vagsheer, sedang berlangsung. Dan sebagai wujud dari transfer of technology, kapal kelima INS Vagir sudah sepenuhnya dibangun di India.

Scorpene Class yang dibuat oleh Naval Group namanya sudah kondang, setelah mereka berhasil menjual 14 unit Scorpene untuk Angkatan Laut Chili (2 unit), Angkatan Laut Malaysia (2 unit), Angkatan Laut India (6 unit) dan Angkatan Laut Brazil (4 unit). Lambung Scorpene Class mengambil desain dari kapal selam serang bertenaga nuklir Amethyste Class. Desain lambungnya kemudian diperkecil untuk menyesuaikan desain kapal selam bertenaga konvensional, dengan bagian tengah kapal yang diperpanjang dengan haluan bulat. Bagian buritan berbentuk memanjang dan memiliki fitur hidroplanes yang dipasang di sirip dan tailplanes berbentuk "+." Untuk spesifikasi kapal selam Kalari Class (Project 75) adalah sebagai berikut:

Panjang: 67,5 meter
Lebar: 6,2 meter
Bobot di permukaan: 1.780 ton dan Bobot di bawah permukaan: 1.957 ton Sumber tenaga: 4 x MTU 12V 396 SE84 diesel engines dan 360 battery cells
Kecepatan maksimum di permukaan: 11 knots
Kecepatan maksimum menyelam: 20 knots
Kedalaman menyelam: 350 meter
Endurance berlayar: 50 hari
Jarak Jelajah: 12.000 km pada kecepatan 8 knots
Senjata: 6 x 533 mm tubes, 18 heavyweight weapons, SM-39 Exocet antiship missile (MBDA), SUT 266 Legacy heavyweight torpedo (Atlas Elektronik)



Brazil Terima Helikopter H225M Versi Anti Kapal



H225M Angkatan Laut Brazil meluncurkan rudal Exocet AM39 B2M2.

Foto: Angkatan Laut Brazil



Berita kedua ini datang dari negara yang sama-sama menggunakan kapal selam Scorpene Class, yakni Brazil. Mengutip artikel Naval NewsAngkatan Laut Brazil telah resmi menerima helikopter H225M versi naval (angkatan laut) yang di tempatkan di pangkalan angkatan laut São Pedro d'Aldeia, helikopter ini akan meningkatkan kemampuan misi Angkatan Laut Brazil termasuk perang anti-permukaan dan pengawasan maritim.

Varian anti kapal ini dikembangkan oleh tim teknik di Helibras (anak perusahaan Airbus di Brazil), di mana heli H225M versi angkatan laut ini adalah konfigurasi paling kompleks yang pernah diproduksi untuk helikopter multiperan ini. Sistem dan senjata yang tertanam pada helikopter ini adalah EWS IDAS-3 (countermeasure system), rudal MBDA Exocet AM39 B2M2, radar taktis APS143 dan sistem misi angkatan laut N-TDMS (Naval Tactical Data Management System) yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Atech dan Airbus Defence and Space. Yang bertanggung jawab untuk membuat semua sistem komando dan kontrol, termasuk sistem rudal.

Dan pada bulan Juni 2021 helikopter ini sukses menembakkan rudal Exocet AM39 B2M2. Waktu itu sebuah H225M lepas landas dari Landing Platform Dock NDM Bahia dan sukses meluncurkan rudal AM-39 Exocet ke sasaran bekas korvet Inhaúma Class yang telah dipensiunkan pada tahun 2019. Sasaran dapat ditembak dengan akurat dan tenggelam. Pengujian senjata tersebut merupakan tonggak utama dalam program tersebut yang mengarah pada kualifikasi sebelum pengiriman.


Quote:



Pengembangan H225M versi angkatan laut adalah bagian dari kontrak yang ditandatangani oleh pemerintah Brazil pada tahun 2008, yang mencakup 50 H225M yang akan dioperasikan oleh tiga angkatan bersenjata. Sejauh ini, total 39 H225M telah dikirim ke Angkatan Bersenjata Brasil, semuanya dirakit secara lokal oleh Helibras. Rencananya Angkatan Laut Brazil akan memesan 8 unit H225M varian anti kapal selam, 3 varian Combat SAR dan 8 varian anti kapal. 

Bicara soal H225M atau yang disebut sebagai "Caracal", helikopter ini sebenarnya cukup kondang. Di mana baik Singapura dan Indonesia juga sudah mengoperasikannya untuk misi SAR. Di Indonesia 6 unit Caracal telah memperkuat TNI AU, yang diperankan sebagai helikopter SAR tempur (Combat SAR). Artikel indomiliter.commenyebutkan jika pada tahun 2019 Kementerian Pertahanan RI telah memesan delapan unit lagi H225M Caracal, yang akan diserahkan mulai tahun 2023.

Meski Caracal sekilas terlihat mirip dengan Super Puma, perbedaan keduanya terletak dari jumlah blade (baling-baling) pada main rotor. Super Puma masih menggunakan empat blade, sementara Caracal menggunakan lima blade. Meski di lingkungan TNI AU disebut sebagai helikopter angkut berat, sebenarnya heli ini termasuk wahana angkut sedang. Caracal punya kemampuan membawa 29 prajurit dengan senjata lengkap, atau dapat membawa enam penumpang yang ditandu, ditambah sepuluh penumpang lain.




Saat Presiden Jokowi Mengecek Caracal TNI AU.

Foto: Antara




-------



Demikian sekilas update berita militer kali ini, semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer






Referensi Tulisan: 1. 2.3.4
Foto: Naval Group, Angkatan Laut Brazil, Antara
Diubah oleh si.matamalaikat 28-11-2021 02:30
TUPAIKABELpakisal212akuntest26
akuntest26 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.3K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.