Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Separuh Tubuhmu Bukan Manusia, Inilah Makhluk Lain Yang Numpang!
Jangan panik ya jika kamu tahu bahwa sekarang ini lebih dari setengah tubuhmu bukanlah dirimu tapi memang bener kok, lebih dari setengah tubuhmu sebenarnya bukan manusia, lalu apa dong?
Penemuan terbaru dari para ilmuwan yang mengklaim bahwa sel-sel manusia membentuk 43% dari jumlah total sel tubuh dengan sisanya adalah makhluk-makhluk yang mendiami tubuhmu, lalu apa sih itu? apakah ia memberikan manfaat pada tubuh? nah supaya tidak penasaran langsung kita simak ulasan berikut ini.

Quote:
sumber

- Penyusun tubuh manusia/Elemen/Massa -
Sebelumnya mungkin kamu telah mempelajari anatomi tubuh manusia dari atas kepala hingga telapak kaki, namun tahu ada hal lain dari sekedar anatomi yaitu biasa disebut dengan penyusun tubuh manusia atau elemen atau massa. Nah hampir 99% dari massa tubuh manusia tersusun oleh enam unsur oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium dan fosfor. Akronim CHNOPS digunakan untuk membantu mengingat 6 elemen C adalah karbon, H adalah hidrogen, N adalah nitrogen, O adalah oksigen, P adalah fosfor dan S adalah sulfur. Setiap elemen memiliki peran dan fungsinya masing-masing, nah contoh kecilnya karbon untuk memproses sirkulasi darah, hidrogen untuk menangkal radikal bebas, nitrogen untuk penciptaan protein, oksigen membentuk sistem pernapasan, fosfor untuk tulang dan sendi dan sulfur untuk kesehatan kulit


- Mikrobioma tubuh manusia -
Selain elemen kimia, tubuh juga dikelilingi oleh mikroba yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, nah mikrobioma ini merupakan makhluk mungil mikroorganisme yang tinggal dalam tubuhmu dengan jumlah yang sangat banyak bahkan hampir di seluruh tubuh mulai dari kulit hingga kepala, hingga telapak kaki. Jumlahnya sekitar 100 triliun lebih mikroba tumbuh berdampingan dengan tubuh kita, mikroba ini tersebar ke dalam organ seperti mulut, hidung, kulit maupun di dalam saluran pencernaan, kebayang gimana banyaknya tuh, usus kamu yang kecil dan imut itu merupakan bagian tubuh yang banyak dihuni setidaknya 70% mikrobioma manusia dan 30% selebihnya tersebar di seluruh tubuh. Sebenarnya komposisi mikrobioma manusia bisa berbeda setiap orang karena dipengaruhi berbagai hal mulai faktor kehamilan, menyusui, kondisi genetik sampai gaya hidup termasuk pola makan. Jadi simpelnya hewan mungil tersebut muncul sejak kamu lahir melalui proses persalinan ibumu kemudian bertambah banyak tergantung pola hidupmu.


- Manfaat Mikrobioma -
Selain menjadikan tubuh manusia sebagai inang, kehadiran para tamu kecil memberikan dampak bagi tubuh kita misalnya mikrobioma di usus kita memberikan beberapa manfaat seperti mencerna beberapa karbohidrat yang tidak mampu dicerna oleh enzim. Melatih sistem imun kita, mikrobioma ini juga mencegah bakteri jahat menjajah tubuh kita, menghasilkan beberapa asam lemak pendek, menghasilkan beberapa vitamin misalnya vitamin A dan beberapa vitamin B. Komposisi mikrobioma dan kondisi kesehatan manusia sebagai inangnya bersifat saling mempengaruhi, para ilmuwan sepakat kalau mikrobioma juga merupakan penyembuh alami tubuh manusia, makanya kadang kita bisa sembuh sendiri tanpa meminum obat. Adanya mikrobioma yang menguntungkan manusia membuat kita harus selektif terhadap antibiotik yang kita konsumsi, karena antibiotik tidak dapat membunuh bakteri berbahaya seperti spesies komensal, tetapi juga dapat membunuh yang sangat bersahabat dengan tubuh kita. Tubuh kita adalah miniatur semesta yang harus terjaga dengan baik karena dibalik raga yang kuat terdapat mikrobioma didalamnya hehe.

Quote:
sumber

Nah mungkin cukup sekian pembahasan kalian, jangan lupa kasih pendapata kamu dibawah ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa..

Referensi : [url=https://www.greelane.com/id/sains-teknologi-matematika/ilmu/chemicalS E N S O Rposition-of-the-human-body-603995/]1[/url] & 2
Diubah oleh Si.jonii 29-11-2021 11:34
alifrian.
aine.yennni
pein666
pein666 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
7.3K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.