• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Cegah Kecelakaan, Komponen Ini Wajib Diperiksa Saat Pergi Jauh Dengan Sepeda Motor

ananto27Avatar border
TS
ananto27
Cegah Kecelakaan, Komponen Ini Wajib Diperiksa Saat Pergi Jauh Dengan Sepeda Motor


Salam sejahtera untuk kita semua. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan selalu dilimpahkan kesehatan, keselamatan, dan rejeki yang halal juga berkah. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan informasi mengenai pengecekan komponen kendaraan khususnya sepeda motor saat akan melakukan perjalanan jauh.
1.     Lampu – lampu kendaraan.

Lampu-lampu yang ada di sepeda motor kita memiliki fungsi yang sangat vital terhadap keselamatan kita saat mengendarainya apalagi saat malam hari. Lampu-lampu yang perlu dicek antara lain:

     a.     Lampu utama atau head lamp


Spoiler for spoiler:


Lampu utama berfungsi sebagai penerangan utama saat malam hari atau saat gelap, jika lampu ini mati maka kita sudah pasti tidak bisa melanjutkan perjalanan karena jalan tidak terlihat dan bisa mengakibatkan kecelakaan karena kendaraan lawan arah tidak bisa melihat kita yang sedang mengendarai sepeda motor. Selain itu saat siang hari apabila lampu kita mati kita bisa dapat tilang dari Polantas.

     b.     Lampu rem dan lampu kota


Spoiler for spoiler:


Lampu rem dan lampu kota ini wajib dicek karena lampu rem dan lampu kota berfungsi memberikan sinyal kepada pengemudi di belakang jika kita sedang mengerem atau kita akan berhenti. Jika lampu rem atau lampu kota mati kita beresiko akan ditabrak dari belakang.

     c.      Lampu sign atau lampu reting


Spoiler for spoiler:


Lampu sign atau lampu reting ini berfungsi sebagai memberi tanda kepada pengendara yang ada di depan maupun dibelakang kalau kita ingin belok. Jika lampu ini mati maka kita berpotensi mengalami kecelakaan dari depan maupun dari belakang karena kita berbelok tanpa pertanda.

2.     Cek oli.


Spoiler for spoiler:


Oli merupakan cairan yang sangat penting di dalam sistem kerja mesin. Oli berfungsi meminimalisir gesekan yang terjadi antar komponen yang bergerak atau berputar. Oli Juga berfungsi sebagai pendingin dan peredam suara mesin sehingga mesin awet dan tidak berisik. Apabila mesin olinya kurang atau habis bisa mengakibatkan mesin rusak karena gesekan dan panas yang tinggi sehingga harus melakukan perbaikan mesin total atau biasa disebut turun mesin dan pastinya biayanya tidak sedikit.

3.     Cek air radiator.


Spoiler for spoiler:


Beberapa sepeda motor jaman now sekarang sudah dilengkapi dengan radiator atau pendinginan dengan air (water cooling system), penggunaan radiator bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi pendinginan mesin agar tercapai efisiensi mesin yang maksimal. Terlalu panas mengakibatkan mesin over heat dan mesin macet, terlalu dingin akan membuat mesin boros. Jangan sampai air yang ada pada reservoir radiator habis atau berkurang, karena akan mengakibatkan mesin over heat karena pendinginan tidak maksimal. Pastikan pengisian pada reservoir diantara garis lower dan upper tidak boleh kurang maupun lebih.

4.     Sistem pengereman.


Spoiler for spoiler:


Selain menghentikan kendaraan fungsi lain rem adalah untuk mengatur laju kendaraan, apabila terjadi kegagalan system pengereman maka akan mengakibatkan kecelakaan. Cara pengecekan rem di sepeda motor bisa dengan sepeda motor distandar dua lalu putar ban depan dan belakang apabila tidak ada bunyi gesekan antara logam dengan logam, tidak ada minyak yang rembes berarti rem dalam kondisi baik. Jangan lupa intip minyak rem pada master rem jangan sampai kurang juga karena rem ini berhubungan dengan keselamatan.

5.     Bearing roda.


Spoiler for spoiler:


Bearing roda ini memiliki fungsi menopang seluruh beban kendaraan apabila bearing sudah aus dapat dipastikan kendaraan akan tidak stabil jika dikendarai. Cara mengeceknya mirip dengan pengecekan rem. Sepeda motor distandarkan dua lalu ban depan dan belakang diputar dan digoyang-goyang apabila tidak ada suara gledek-gledek dan berputar dengan halus juga nomal maka bearing dalam kondisi yang baik.

6.     Cek ban.


Spoiler for spoiler:


Ban merupakan komponen yang menapak langsung ke jalan, pengecekan cukup dilakukan dengan cek tekanan angin dan melihat secara fisik. Jika tenanan angin berkurang maka motor tidak stabil saat dikendarai, tarikan berat, dan konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Sementara untuk cek fisik ban apabila ada keanehan atau ban sudah mulai tipis baiknya segera diganti karena ban gundul akan kehilangan traksi saat jalan yang dilalui dalan keadaan basah sehingga bisa mengakibatkan tergelincir.

7.     Cek sistem penggerak.


Spoiler for spoiler:


Untuk sistem penggerak sepeda motor matic menggunakan CVT pengecekan cukup didengarkan saat memanaskan apabila tidak ada bunyi yang aneh di dalam bak CVT maka CVT dalam keadaan yang baik. Untuk sepeda motor yang menggunakan rantai wajib cek kekencangan rantai, keausan gear, dan melumasi rantai sebelum perjalanan. Apabila rantai kendor dan gear aus juga keduanya tanpa pelumasan yang baik maka rantai bisa los atau putus ditengah jalan.

 

Diatas telah saya jabarkan betapa pentingnya melakukan pengecekan sepeda motor kita sebelum melakukan perjalanan jauh agar perjalanan kita lancar, tidak terjadi kecelakaan, motor dalam kondisi prima, dan bisa selamat sampai tujuan. Yang terpenting adalah sebelum berangkat kita berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar perjalanan yang kita jalani mendapat berkah dan keselamatan dari-Nya.

Diubah oleh ananto27 15-11-2021 08:12
catros
ulermaboq
screamo37
screamo37 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
3.8K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.