• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Habiskan Uang Triliuan an Hanya Untuk Menjadi Bangkai! 5 Megaproyek Gagal Didunia

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Habiskan Uang Triliuan an Hanya Untuk Menjadi Bangkai! 5 Megaproyek Gagal Didunia
Hingga saat ini tidak semua proyek yang dibangun untuk agenda besar sesuai dengan yang diharapkan, membangun sebuah megaproyek tentunya membutuhkan perencanaan yang sangat matang dan pendanaan yang juga lancar. Hal tersebut tampaknya menjadi salah satu penyebab layaknya dan banyaknya bangunan miliaran rupiah yang malah justru mangkrak alias terbengkalai, tidak jarang bangunan-bangunan yang mangkrak ini disebut sebagai rumah hantu ataupun gedung berhantu, dari semua megaproyek yang pernah dilakukan oleh manusia ada beberapa di antaranya justru malah gagal bangkrut dan mangkrak begitu saja dan berikut adalah daftar megaproyek rasa saya gagal dan terbengkalai di dunia.

1. Ryugyong Hotel, Korea Utara
Quote:
sumber
Salah satu hotel bernama ryugyong yang ada di wilayah Pyongyang Korea Utara merupakan sebuah bangunan yang tidak berpenghuni tertinggi di dunia, diketahui bahwa hotel tersebut memiliki ketinggian sekitar 1080 kaki atau 330 meter. Hotel bertingkat 105 ini menjadi gedung tertinggi di Korea Utara yang tidak pernah menampung tamu seorang pun, meskipun demikian Hotel bernama ryugyong ini tetap menjadi daya tarik ke International karena berlantai 105 dimana hotel ini terkadang juga disebut sebagai 105 building, hingga saat ini hotel tersebut tidak pernah menampung satu orang tamu. Bentuk piramid hotel ini mendominasi Cakrawala Pyongyang yang dari beberapa mil jauhnya masing-masing dari tiga bagian bangunan yang bergabung bersama di atas, memiliki panjang 328 kaki atau setara 100 meter.


2. Superconducting Supercollider, Amerika Serikat

Quote:
sumber
Dijuluki the deserten superconducting supercollider adalah sebuah kompleks akselerator partikel yang diusulkan di Texas, ia akan menjadi paling kuat dari jenisnya di dunia. Awalnya kompleks tersebut dimaksudkan untuk menjadi jawaban Amerika untuk Los hadron collider yang terkenal di swiss yang selesai pada tahun 2008, superkonduktor supercollider adalah sebuah megaproyek gagal yang dibangun disekitar Texas, ini adalah bangunan yang direncanakan memiliki luas sekitar 87,1 KM dengan energi 20 TAV, dan ditetapkan sebagai yang terbesar dan paling energik di dunia. Setelah terowongan sepanjang 22,5 KM dibor dan menghabiskan hampir 2 miliar dollar, proyek tersebut dibatalkan pada tahun 1993 karena masalah anggaran. Selama tahap desain dan konstruksi pertama terjadi perdebatan sengit tentang tingginya biaya proyek, pada tahun 1987 kongres diberitahu bahwa proyek tersebut dapat diselesaikan dengan biaya 4,4 miliar USD.


3. The World, Dubai

Quote:
sumber
The World merupakan sebuah kumpulan dari 310 pulau buatan manusia berbentuk peta dunia yang sedang dibangun di lepas pantai Dubai Uni Emirat Arab. The World sendiri merupakan satu dari berbagai proyek pulau buatan di Dubai yang dibangun menggunakan pasir yang dikeruk dari dasar laut, setiap pulau yang ada pada the world ini berukuran 23.000 M2 hingga 84.000 M2 dengan air berjarak 50 hingga 100 m antara setiap pulau. Pembangunan ini akan meliputi area seluas 9 kilometer panjangnya dan 6 KM lebarnya yang dikelilingi oleh pemecah gelombang oval, diketahui bahwa harga untuk setiap pulau pada proyek ini mulai dari 15 sampai 45 juta USD  dan harga rata-rata untuk sebuah pulau sekitar 25 juta USD. Namun ada beberapa kesalahan dalam proses pembangunan megaproyek tersebut, pekerjaan dimulai tahun yang sama di kepulauan ambisius dari 300 buatan di lepas pantai Emirat tetapi terhenti di tahun 2008 karena krisis keuangan global dan runtuhnya pasar properti Dubai. Selain itu para investor mendapati diri mereka benar-benar kehabisan uang, oleh karena itu pembangunan megaproyek ini berhenti dan terbengkalai hingga sekarang.


4. Ciudad Real Central Airport, Spanyol

Quote:
sumber
Ciudad Real Central Airportadalah sebuah bandara yang berada di Spanyol dan telah menghabiskan dana sebesar 1 miliar euro pada saat mulai dibangun tahun 2009 lalu karena buruknya situasi ekonomi di negara yang terletak di semenanjung iberia itu, bandara tersebut terpaksa dilego dengan harga yang memprihatinkan. Sayangnya hingga saat ini tak satu pun yang berniat membeli bandara itu bahkan untuk harga yang paling rendah sekalipun, diketahui bahwa pihak yang memegang hak jual bahkan akan menerima meski tawaran itu hanya sebesar satu poundsterling alias 20 ribu rupiah. Syaratnya jika seseorang atau sebuah perusahaan mau membeli bandara itu, pemilik baru harus membayar semua utang bandara satu ini, sebuah laporan mengatakan bahwa bandara seluas 28.000 M2 itu dibangun untuk melayani 5 juta pertahun. Selain itu, bandara ini juga awalnya direncanakan untuk mengurangi beban bandara Internasional Barajas Madrid, namun saat ini landas pacu bandara sepanjang 4000 M tersebut diberi lambang silang besar berwarna kuning sehingga pilot yang kebetulan terbang di atas bendera ini tahu mereka tidak boleh mendarat di bandara tersebut.


5. Malaysia Forest City, Malaysia

Quote:
sumber
Pengembang asal cina yaitu Country Garden awalnya ingin membangun sebuah superblok exclusive diberi nama forest city, kawasan ini direncanakan akan mampu menampung 700 ribu orang pada tahun 2040 mendatang, jumlah ini lebih besar 20 ribu jiwa dibanding populasi yang ada di Washington DC dan akan melebihi jumlah penduduk Manhattan. Pembangunan pada megaproyek ini sendiri dimulai pada tahun 2016 dan akan dilengkapi dengan gedung perkantoran, taman, hotel, restoran, kompleks, pertokoan, sekolah di 250.000 unit apartemen. Namun pada bulan april sebanyak 60 orang pembeli rumah dimana 70% dari pembeli merupakan warga negara cina dan mereka membatalkan pembelian megaproyek forest city tersebut, dengan adanya pembatalan pembelian ini maka pemasukan untuk pembangunan forest city sendiri terhambat.

Nah itulah tadi 5 megaproyek bernilai triliuan yang gagal diselesaikan dan akhirnya menjadi bangkai, bagaimana menurut kalian komen dibawah ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

-Referensi sekaligus sumber gambar-
Diubah oleh Si.jonii 29-11-2021 00:16
pphitam
yonalpro
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
13.2K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.