Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Apakah Cireng Dan Boba Berbahaya Bagi Tubuh?
Tepung tapioka atau tepung yang terbuat dari singkong ini merupakan bahan dasar dari berbagai macam cemilan yang dinikmati semua kalangan, tidak ada yang bisa meragukan bahwa cemilan ini enak, namun hal yang ditanyakan banyak orang termasuk kami ane juga adalah cemilan ini sehat gak sih sebenarnya? Setelah sekian lamanya kita akan menjawab pertanyaan tersebut dalam pembahasan kali ini.

Quote:
sumber

Cemilan yang berbahan dasar tepung tapioka tidak sedikit, sehingga untuk menyederhanakan pembahasan ini ane akan menggunakan 'boba' dan 'cireng' sebagai perwakilan dari keluarga besar cemilan tapioka. Tidak sedikit artikel yang sudah ditulis mengenai mengapa cemilan ini berbahaya bagi tubuh, kalian mungkin sudah lelah melihatnya namun tahukah kalian bahwa sebenarnya cemilan ini memiliki kelebihan tersendiri. Pertama apabila kita lihat dari sisi kadar garamnya, tepung tapioka aman untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena tepung tapioka memiliki kandungan sodium atau garam yang rendah yaitu 145 MG per 100 gram, sebagai referensi jumlah batas harian natrium untuk pasien jantung sesuai dengan anjuran American Heart Association adalah 2300 MG, tepung tapioka juga memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi yaitu 71 MG per 100 gramnya dibandingkan dengan tepung lain yang hanya memiliki 3 MG per 100 gram.

Sebagai perbandingan susu rendah lemak memiliki kadar kalsium 125 miligram per 100 gram sehingga tepung tapioka baik untuk pertumbuhan tulang. Selain itu sesuai dengan julukannya sebagai pengganti lemak, tepung tapioka memiliki kandungan lemak yang rendah yaitu 0,03 gram dalam satu sajian boba, sehingga kalian tidak perlu takut kolesterol naik apabila memakan cemilan tapioka. Walaupun semua hal tersebut terdengar bagus sebaiknya kalian jangan menggunakannya sebagai alasan untuk minum boba setiap hari karena sayangnya semua hal tersebut tidak sebanding dengan dampak negatifnya.

Salah satu bahaya terbesarnya adalah kadar karbohidrat yang terdapat dalam cemilan tersebut, tepung tapioka mengandung 22 gram karbohidrat per 100 gram sajian. Selain itu, tepung tapioka memberikan 130 kalori per 100 gram yaitu sama dengan 1 sajian nasi putih.

Mungkin kalian berpikir itu tidak terlalu banyak kok, namun anda harus ingat bahwa 130 kalori tersebut hanya kandungan bobanya saja, apabila kita hitung minuman dan kandungan gulanya, kandungan kalori dalam boba dapat meningkat hingga 300 kalori. Mengingat kebutuhan kalori kita per hari jika mengkonsumsi boba sudah mencapai kurang lebih 15% dan selain itu perlu diperhatikan juga bahwa karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan dalam tubuh kita akan disimpan dalam bentuk lemak, dan untuk sobat kita sang 'cireng' tidak bebas dari bahayanya sendiri karena cireng yang digoreng dalam minyak dengan jumlah yang banyak dapat berkontribusi ke lemak tubuh anda juga.

Pada akhirnya tepung tapioka memang tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik, selain kalsium dan asam folat yang cukup tinggi kandungan vitamin dan mineral dari tepung tapioka hampir 0, jadi untuk menjawab pertanyaan sebenarnya cemilan tapioka sehat atau tidak? Jawabannya adalah tidak. Cireng, boba dan teman-temannya tidak sehat, namun apakah itu artinya kita harus selalu menghindari cireng, boba dan kawan-kawan? hmm kayaknya cukup susah ya.

Mengkonsumsi cemilan tapioka akan berdampak negatif terhadap tubuh apabila dilakukan secara berlebihan, tapi realitanya adalah kita memang mau makan cemilan ini bukan karena kandungan nutrisinya melainkan karena cemilan ini membuat kita bahagia dan apabila dampak negatifnya dapat kita tekan dengan tidak mengkonsumsinya terlalu sering maka tidak ada salahnya kita ngemil sekali-sekali.


Quote:
sumber

Cukup sekian pembahasan kali ini, cemilan yang mana favorit kalian dan mampukah kalian hidup tanpa nya? ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..
Diubah oleh Si.jonii 27-11-2021 13:08
Hargo123
Iluminarc
pphitam
pphitam dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.