Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Makan Cemilan Sebelum Tidur - Apakah Bikin Gendut?
Satu pertanyaan untuk kalian, apa yang kalian makan tadi malam sebelum tidur? beberapa dari kalian mungkin punya kebiasaan ngemil di malam hari, tepat sebelum kalian tidur dan mungkin kalian juga sering mendengar orang berkomentar bahwa kebiasaan tersebut tidak sehat dan bisa membuat kalian jadi gendut. Tapi tunggu dulu, karena jika kalian adalah salah satu dari orang tersebut ane punya kabar menarik untuk kalian.

Quote:
sumber

Sebagian besar dari kalian pasti pernah atau bahkan sering mengalami rasa ngantuk sesaat setelah makan, ini bisa saja akibat dari makanan yang kita makan dan status dari hormon yang meregulasikan tidur dan nafsu makan kita. Apakah sehat jika kita tidur setelah makan atau lebih baik menunggu sejenak memberi jeda sebelum kita tidur?

Tentu saja jawaban yang benar adalah memberi jeda dengan menunggu sejenak sebelum tidur setelah makan, tapi kenapa? kita lihat sistem pencernaan Kita, pencernaan adalah suatu proses dimana tubuh kita menyerap dan membongkar zat-zat penting dari makanan yang kita konsumsi, proses ini adalah proses yang akan dijalankan dengan maksimal jika badan kita ada dalam posisi tegak, dari sini saja kita bisa menyimpulkan bahwa tidur langsung setelah makan akan menyebabkan pencernaan kita berjalan dengan tidak efektif, hasilnya kalian akan mengalami gejala seperti asam lambung atau mulas dan rasa panas di antara dada dan perut.

pencernaan sendiri membutuhkan 6 sampai dengan 8 jam untuk selesai, tapi itu tidak berarti bahwa kalian harus menunggu selama itu sebelum tidur atau bahkan terlentang 2 sampai 3 jam saja cukup untuk hal yang bisa mengubah posisi badan dari tegak menjadi posisi rebahan dan lain-lainnya. Lalu apa yang bisa kalian lakukan jika lapar sebelum tidur? apakah kalian boleh makan? tentu saja boleh, tetapi akan lebih baik mengkonsumsi makanan yang ringan dan lebih mudah dicerna seperti buah.

Selain itu banyak yang mengira bahwa langsung tidur setelah makan bisa membuat berat badan kalian bertambah, faktor yang mempengaruhi berat badan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak dari jumlah kalori yang kalian bakar. Jadi berdasarkan teori sederhana tersebut, tidur setelah makan tidak akan meningkatkan berat badan kalian selama jumlah kalori yang kalian konsumsi sesuai dengan target berat badan masing-masing. Walaupun tentu saja, kembali kepembahasan semula yaitu akan mengganggu sistem pencernaan, dan jangan salah makan dalam jumlah banyak dan menunggu 6 jam sebelum tidur pun tetap akan menaikkan berat badan jika jumlah kalor yang kalian konsumsi terlalu berlebihan.

Lalu Kenapa banyak orang yang jadi gendut karena suka memakan cemilan tengah malam? sejujurnya ini tidak benar, hanya saja memakan cemilan tengah malam adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh mereka yang obesitas, dan terlepas dari asosiasi ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kegiatan tersebut memang membuat kalian menjadi gendut. Pada akhirnya semuanya kembali ke jumlah kalor yang kalian konsumsi, jika kalian tidak makan seharian terlalu mau makan cemilan di tengah malam kalian tetap tidak akan menjadi gendut walaupun contoh tersebut bukanlah contoh yang baik.

Quote:
sumber

Bagaimana apakah kalian sudah paham? kasih komentar kalian tentang kebiasaan ngemil kalian di malam hari ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 1 & 2
Diubah oleh Si.jonii 28-11-2021 00:33
pphitam
riyonh989
cheria021
cheria021 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.