iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fakta yang Kamu Harus Segera Tahu Tentang Tidur Sambil 'Ngiler'


[ HT# 859 ]

Pernah lihat teman, saudara atau justeru kita sendiri mengalami ketika bangun tidur tiba-tiba ada cairan 'segaris' keluar dari mulut? Kalau diketahui orang lain rasanya bikin malu dan berkesan jorok ya. Tapi mau gimana lagi karena air liur keluar diluar kendali saat kita tidur, kan?

Menurut sumber yang saya baca, tidur lalu mengeluarkan air liur ternyata bisa dialami oleh siapapun. Meski bukanlah sebuah penyakit berat tapi ternyata lebih kepada 'tanda' beban psikologis tengah dialami oleh kita, seperti mungkin sedang stress.

Kalau dulu sewaktu kecil saya mengira orang tidur sambil keluar air liur karena kebanyakan minum ternyata bukan itu penyebabnya, hehe. Ya, saya akui kesimpulan liar itu tidak berdasarkan riset dan data, namanya juga anak-anak. Proses keluarnya air liur saat kita tidur di dunia medis disebut dengan Sialorrhea dan Hypersalivation.

Nah, sekarang saatnya saya meluruskan fakta dan sebabnya dibalik kenapa air liur aka ngiler bisa keluar saat orang tidur. Fakta pertama, adalah air liur (Saliva) ternyata selama kita hidup terus berproduksi dan tersedia bahkan disaat kita sedang tertidur pulas.

Fakta kedua, gerbang utama kenapa air liur keluar karena saat tidur mulut tidak rapat, cenderung terbuka, ini menyebabkan air liur mudah keluar. Alasan mulut terbuka karena tubuh saat itu sedang membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya.



Sebab manusia butuh oksigen lebih banyak (bermafas dari mulut) bisa disebabkan tanpa sadar posisi tidur kita saat itu sedang kurang nyaman, kelelahan akibat stress kerja atau depresi (Night Terror), kegemukan, posisi tidur yang miring atau tengkurap, jam istirahat yang tidak teratur menjadi sebab musabab kenapa kita tidur jadi mengeluarkan air liur alias 'ngiler' tadi.

Fakta ketiga, adalah karena mungkin tanpa sadar kita memiliki penyakit gangguan sulit tidur (Sleep Apnea) yang menyebabkan napas terhenti sejenak ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada saluran napas. Saat ini terjadi maka tanpa sadar kita membuka mulut untuk tetap bisa bernafas, efek lain kadang dibarengi dengan mendengkur (ngorok).



Fakta keempat, dikarenakan efek samping dari obat-obatan yang kita konsumsi, biasanya obat yang berhubungan dengan anti depresi, obat yang berhubungan dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan suatu penyakit yang berhubungan dengan melemahnya otot-otot manusia.

Sedang fakta terakhir adalah karena kita sedang mengalami alergi atau infeksi tertentu. Air liur yang keluar dari mulut pertanda reaksi tubuh sedang mengeluarkan racun, jika sedang infeksi seperti mengalami gangguan pernafasan (Flu atau Sinusitis) dan radang tenggorokan bisa menyebabkan kenapa kita 'ngiler' saat tidur.




Sebuah opini
Ref. https://hellosehat.com/pola-tidur/ti...-ngiler/?amp=1
Img. Gugel



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 27-11-2021 14:26
HeAVen_DoG
waratutor
mashbrow
mashbrow dan 17 lainnya memberi reputasi
16
8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.