ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Hati-Hati Modus Tren Instagram, Rawan Pencurian Data


Baru-baru ini ada sebuah fitur baru di instagram yang mana cukup diminati oleh banyak orang. Fitur tersebut bernama Add Yours yang mana seseorang dapat menggunakan fitur tersebut dan mengundang orang lain untuk menambahkan foto bersama hingga membuat sebuah album.

Awalnya sih fitur itu biasa-biasa saja dan kebanyakan albumnya hanya masalah sepele seperti makanan kesukaan, destinasi wisata favorit atau paling mentok foto selfie namun namanya manusia ada aja akalnya. Ada juga orang yang membuat album dengan judul 'selfie dengan ktp' atau 'tanda tangan Kamu' atau 'alamat rumah.' Tentunya sudah jelas itu adalah sebuah penipuan namun karna saya tahu banyak masyarakat Indonesia yang bodoh maka biar saya jelaskan sedikit.



Modus modus seperti ini disebut dengan pencurian data, namun karna para korban mengupload foto dengan sukarela maka mari kita sebut ini sebagai pengumbaran data. Jika Anda bertanya-tanya apa yang salah dengan mengupload foto selfie dengan ktp maka saya beritahu bahwa salah satu syarat peminjaman uang secara online adalah dengan menyertakan foto selfie dengan ktp. Jika Anda dengan bodohnya mengupload foto selfie dengan ktp lengkap dengan informasi ktp Anda maka jangan kaget bila besok Anda sudah dikejar rentenir.

Metode penipuan seperti ini sebenarnya sudah dikenal luas namun tetap saja ada orang yang masuk dalam jebakannya. Entah karna memang benar-benar kurang literasi, dihipnotis, diiming-imingi uang segepok sampai dibujuk dengan foto seksi. Karna itulah para polisi cyber perlu benar-benar mengambil tindakan tegas. Hal-hal seperti inilah yang perlu diberantas cyber army, bukan malah ngurusin masalah buzzer.



Sosmed, entah bagaimanapun Anda memandangnya, merupakan tempat yang berbahaya bagi orang-orang yang kurang teredukasi. Karna itulah edukasi internet merupakan hal yang amat penting di jaman sekarang. Jika Anda bangga melihat anak atau orangtua Anda yang awalnya kolot teknologi mulai menggunakan smartphone maka Anda perlu untuk berhati-hati. Pastikan saja mereka tak membeberkan informasi pribadi mereka di sosmed.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 24-11-2021 09:40
Aramina
EriksaRizkiM
cheria021
cheria021 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.