Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Good Bye Gaji Tetap! Benarkah PNS Akan KIAMAT?
Pegawai negeri sipil atau yang sering disingkat dan disebut PNS merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara yang telah diangkat secara tetap untuk bekerja mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat. Namanya juga bekerja apalagi pekerja tetap pastilah akan diberi imbalan, upah atau gaji, masak ya bekerja tidak digaji.

Quote:

Nah, dengan gaji yang diberikan secara tetap oleh negara kepada PNS inilah yang membuat banyak orang tergiur untuk mengikuti seleksi menjadi PNS. Namun semakin majunya perkembangan zaman membuat teknologi semakin canggih dan merambah keseluruh bidang atau lini, tak luput dunia pekerjaan dan pemerintahan. Seperti pekerjaan PNS misalnya, tak heran jika nantinya pekerjaan para pegawai yang ada di indonesia diganti dengan sebuah sistem atau teknologi yang memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu sehingga para pekerja seperti PNS tidak diperlukan lagi.

Namun apakah benar jika nanti teknologi sudah mampu menggantikan tugas pegawai, lalu kemudian PNS akan hilang atau bahasa kasarnya 'PNS kiamat'?
Ternyata tak semudah itu ferguso? sehebat apapun teknologi pastinya nanti tetap akan ada PNS walaupun kemungkinan tinggal satu orang, wkwk 'the last man PNS'  dong. Mungkin memang ada kemungkinan besar teknologi akan menguasai penuh dunia kerja, tapi apakah tidak ada orang yang akan menekan tombol power? mencolok aliran listrik? mengawasi teknologi canggih tersebut tetap berjalan? tentu tetap ada dong.

Kemudian bagaimana dengan isu atau berita yang beredar tentang PNS yang akan dimusnahkan? sebenarnya berita ini berawal dari pernyataan Kepala BKN Bapak Bima Haria dalam Webinar Adaptasi Kebiasaan Baru di Lembaga Internasional beberapa waktu lalu "Dengan adanya inovasi teknologi, sepuluh tahun lagi mungkin tidak ada PNS. Mungkin semuanya PPPK, karena tidak diperlukan lagi PNS ke depan."

Melalui pernyataan beliau tersebut dan kalau dipikirkan memang betul adanya, tidak menutup kemungkinan dengan kesempurnaan teknologi membuat segala yang dikerjakan dengan tenaga manusia mampu diganti dan ditiru secara baik oleh teknologi. Apalagi melihat seperti sekarang bahwa jumlah PNS dinegeri ini sudah cukup membludak, ditambah dengan segala kebijakan pemerintah sekarang yang sudah mengedepankan asas efektif dan efisiensi. Dengan teknologi tentunya waktu dalam menyelesaikan pekerjaan semakin efisien karena lebih cepat, kemudian dengan adanya teknologi anggaran untuk menggaji PNS bisa digeser kepemeliharaan teknologi tersebut.

Namun menurut si.jonii sih, PNS tidak akan musnah begitu saja. Walaupun melihat data PNS yang setiap tahun semakin menurun seperti data yang dilansir oleh CNBC Indonesia bahwa jumlah PNS tahun 2015 sebanyak 
4.593.604 dan menurun ditahun 2021 sebanyak 4.081.824. Nah dengan melihat data tersebut saja kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa dalam kurun waktu 6 tahun jumlah PNS hanya menurun kurang dari 500 ribu PNS, jadi untuk menghilangkan begitu saja butuh waktu yang cukup lama.

Quote:

Nah, kesimpulannya untuk saat ini PNS tetap ada walaupun sudah sangat dirampingkan, seperti kata Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Bapak Satya Pratama mengatakan : "profesi PNS tidak akan hilang sepenuhnya. Namun, memang ada pengurangan jumlahnya sehingga nanti nya perekrutan tidak akan dilakukan untuk banyak formasi."
"Tidak dihilangkan, tetap ada PNS. Namun jumlahnya tidak gemuk atau besar," Menurut beliau, penghapusan atau penghilangan PNS tidak begitu saja dapat dilakukan namun harus melalui proses yang cukup panjang dan pengkajian lebih lanjut. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa..

Referensi : Dari SINI
Diubah oleh Si.jonii 25-11-2021 04:21
pradanto17
jlamp
jakompank
jakompank dan 5 lainnya memberi reputasi
6
5.8K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.