• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bukan Stiker RFID, Inilah Stiker Baru yang Bikin Lebih Sakti Kendaraanmu, Ayo Pasang!


[ HT# 861 ]

Salah satu strategi pemerintah memungut pajak dari kendaraan barang mewah kini sedang dibuatkan formulasi baru. Oleh Korlantas Polri bersama dan Jasa Raharja dan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri berharap para pemilik kendaraan memiliki kesadaran tinggi untuk membayar pajak kendaraannya. "Pajak dari kita-untuk kita".

Kalau dulu pemilik kendaraan mewah masih bisa kucing-kucingan, sampai harus didatengi satu-satu kerumah oleh petugas pajak kini cara kerja mereka lebih praktis, cukup dengan melihat tanda stiker di kaca depan kendaraan.



Ya, intinya sih petugas pajak sekarang kerja juga maunya praktis karena sudah didukung oleh teknologi yang lebih memadai yang mereka sebut dengan inovasi digitalisasi pajak kendaraan (Road Tax). Dan tentu saja kita sebagai pemilik kendaraan motor termasuk mobil harus tetap menjalankan kewajibannya; membayar pajak sesuai dengan jenis dan tahun kendaraan dengan pelaksanaan yang sedikit berbeda.

Formulasi yang berbentuk stiker berhologram ini nantinya akan dengan mudah dipantau dari kejauhan oleh petugas atau melalui kamera yang membaca sinyal RFID (Radio Frequency Identification)dari stiker yang dilengkapi 18 QR code ini. Ketika kendaraan terdeteksi menungggak pajak kendaraan tidak lagi bisa mengelak karena di stiker ini memiliki informasi pemilik, jenis kendaraan, dan masa berlaku pajak kendaraan.



Stiker yang berhologram ini secara fisik memiliki ukuran sedang, sekitar seukuran kartu ATM dan ditempel pada kaca depan sebelah kiri atas/bawah ataupun sebelah kanan atas, memiliki logo Polri dan Jasa Raharja, No Polisi, jenis kendaraan, masa berlaku, barcode, dan warna siker ini akan berubah setiap tahunnya (yang menandakan status bayar pajak kendaraan).


Stiker RFID, nantinya akan berbeda dengan bentuk Stiker baru berhologram (dok.pri)

Ternyata bukan itu saja, pelanggaran lalulintas dijalan rupanya akan dengan mudah dipantau dan terlacak setelah penempelan stiker berhologram ini dikendaraan masing-masing. Kedepan peran petugas dijalan akan sedikit berkurang karena kamera pengintai yang letaknya di titik tertentu akan dengan mudah membaca (secara digital lewat sinyal stiker) profil kendaraan dan pengendara yang melanggar tersebut.


Nah, harapan positifnya sih selain kita jadi taat membayar pajak (tapi juga harus kita rasakan langsung manfaat pajak itu di lapangan) akan meminimalisir pelanggaran lalulintas. Semoga saja berjalan lancar dan kita ikut merasakan manfaatnya secara langsung dikeseharian kita. Aamiin ya rabbal alamin.





Sebuah opini, ref: tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-11-2021 09:29
muhamad.hanif.2
chrysalis99
mollyeva
mollyeva dan 25 lainnya memberi reputasi
24
12.4K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.