• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kupas Tuntas The Origin Of Babi Ngepet, Sebuah Mitos Gak Lebih dari Omong Kosong!

millenie
TS
millenie
Kupas Tuntas The Origin Of Babi Ngepet, Sebuah Mitos Gak Lebih dari Omong Kosong!


Halo sobat supra,

Jumpa lagi dengan ane di forum tercinta kita hari ini, nah di kesempatan kali ini ane bakal bikin konten yang mungkin ane pribadi bakal kena serangan dari forum sebelah, atau kalau gak golongan-golongan tertentu yang low mindset. Seperti hal nya ane pas bikin sisi dark pesantren. Apa yang salah dengan menggungkap fakta, tapi ane maklumi lah dari pada di ciat ciat ciat.

Jadi topik kali ini ane bakal kupas tuntas the origin of babi ngepet adalah sebuah mitos yang gak lebih dari omong kosong, karena ane percaya masih banyak orang percaya dengan yang nama nya persugihan terutama babi ngepet itu sendiri.


Astagah..bagaimana riwayat nya manusia yang di ciptakan dari tanah dan tulang rusuk berubah jadi babi, ini bener2 gak logis saja. kalau kelakukan kayak babi lain cerita, sudah pasti ada. Ini terbukti dengan ada nya kasus viral tentang babi ngepet beberpa pekan lalu di depok jawa barat, pada tanggal 27 mei 2021. banyak orang yang percaya tapi pada akhir nya cuma akal-akalan orang tertentu dan pelaku nya sudah tertangkap di bui 3 tahun.



Peristiwa tersebut sebenernya sudah berulangkali jadi tranding topic di media manapun, seperti yang lo lihat dibawah. Sudah banyak warga yang menangkap di duga babi ngepet dan di bunuh karena dituding sebagai jelmaan manusia yang suka nyuri uang.

Spoiler for spoiler:



Okay..diatas sudah ada beberpa berita sekarang Kita flashback ke masa lalu, darimana sih mitos persugihan babi ngepet ini lahir? Dan mengapa mitos ini masih awet sampai di era digital ini?


Pengertian dari babi ngepet sendiri menurut suwardi endrasa, seorang guru besar pendidikan bahasa jawa dalam buku nya ”dunia hantu orang jawa” menyebutkan babi ngepet adalah sejenis mitologi kuno orang jawa yang identik dengan ilmu hitam.

Singkat nya babi ngepet itu adalah mahluk mitos yang di yakini sebagai bentuk jelmaan manusia yang malekukan persugihan dengan cara mengubah dirinya sendiri menjadi hewan babi, melakukan tindak mencurian uang.

Dan untuk menjadi babi ngepet itu sendiri, orang tersebut harus bertemu dengan siluman raja babi(bukan pat kai ya) untuk melakukan perjanjian atau ritual sebelum bisa mengubah wujud nya serupa dan segambar dengan siluman babi.


Sejak kapan mitos babi ngepet ini ada di indonesia atau persugihan lain?


Itu tejadi pada abad ke 17 dan sangat booming-boming nya di tahun 1900an. Dimana Babi ngepet sendiri lahir dari kemiskinan dan sengsara kehidupan masyarakat pada waktu itu, akibat tekanan kolonislisme penjajah pada saat itu(belanda).

Atau bisa di bilang itu  karena kecemburaan sosial para petani pada waktu itu, lantaran persaingan sosial antar petani miskin yang benci pada petani kaya, lha kok bisa? Itu karena para petani kaya itu bisa menindas kapan saja petani miskin, bahkan sampai menghilangkan pekerjaan mereka.

Maka diciptakan lah sebuah isu persugihan babi ngepet sebagai lebel atau citra buruk kepada orang orang kaya atau petani kaya tersebut, dengan alasan agar orang-orang atau masyarakat umum tak lagi berurusan dan menjahui para petani kaya. Hm..ke iri dendkian memang penyakit hati orang miskin sampai sekarang.

Dan Isu tersebut terus berkembang di turun antar generasi, dari mulut ke mulut dan berkembang seiring nya jaman, hingga sulit untuk dihentikan(kominfo juga belum ada) dan menjadi mitos yang tak pernah berhenti di percayai oleh masyarakat kita.

Itu terbukti denagn muncul nya film pertama babi ngepet di layar TV kita berjudul Judul film tersebut siloeman pada tahun 1935 dan di sutradari oleh the teng cun. Dan berkembang lagi dan lagi di reformasi contoh nya film berjudul ingin cepat kaya yang tayang tahun 1976.  Dan makin kesini makin merambah ke dunia  sinetron, bahkan di buat tayangan kolosal hidayah atau azab.



Lalu Kenapa harus babi ngepet yang jadi isu nya? Kok gak nyamuk ngepet atau kecoa ngepet?

Itu karena masyarakat dulu itu hidup nya di sector pertanian( belanda mengerakan masyarakt kita ke sector pertanian agar tidak menjamah sector perikanan yang melimpah, bahkan sampai di buat mitos nyi loro kidul) nah karena di sector pertanian itu memandang babi sebagai salah satu hama yang merusak ladang-ladang dan cukup banyak jumlah nya.

jelas ide yang muncul adalah babi gambaran nya ya Seperti hal nya para petani kaya tad,i yang merusak kehidupan petani miskin.


Dan di tambah lagi pada masa itu babi hutan adalah hewan yang biasa berkeliaran di rumah2 warg ayang notaben orang kaya nya dekat dengan ladang maupun hutan, jadi para petani miskin ini mengangap babi itu peliharaan mereka, yang sebgaja di pelihara untuk memakan tanaman ladang para petani miskin. (Negtink  nie cerita nya gan)

Dan jika ada yang bertanya kenapa babi ngepet masih eksis?

Jawaban seperti yang ane jawab diatas itu karena di turunkan antar generasi selanjut, serta masyarakat kita lebih percaya hal yang gak masuk logika dari yang berbasis data. Di tambah lagi film2 dulu dan sekarang menyunguhkan hal-hal mistis, tambah buyar dah.

“Karena sejak kecil mereka sudah ditanamkan untuk percaya tahayul. dan diajarkan untuk percaya, bukan mempertanyakan, anak-anak belum memiliki kemampuan untuk berfikir secara kritis ya jadi nya ngikut aja, terus kebawa sampai gede.

Nah itu dia riset pribadi ane tentang babi ngepet yang sebenernya gak lebih Cuma omong kosong orang miskin pada saat itu. 


Penulis: millenie

Sumberlinklink 2link 3link 4link 5

lordgothycadavecchioNegrod
Negrod dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.8K
76
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.