anake.abahAvatar border
TS
anake.abah
Profil Perusahaan Dan Produk Rokok Djarum
Quote:



Berbicara tentang rokok atau sigaret di Indonesia, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas perusahaan Djarum. Usaha yang awalnya sempat hampir bangkrut ini ternyata berhasil berubah menjadi salah satu bisnis sigaret terbesar skala nasional. Seperti apa profil pabrik dan produk rokok Djarum yang diminati pasar nasional serta internasional? Mari kita simak gan emoticon-Cendol (S)

Djarum telah banyak meluncurkan banyak produk di pasar rokok Indonesia. Namun, kebanyakan orang mungkin hanya mengenal merek Djarum Super, Djarum 76, dan Djarum Coklat.

Di sini, Anda akan menjumpai merek-merek lain dari perusahaan ini yang sebenarnya juga memiliki cita rasa dan aroma yang tidak kalah enak. Bahkan, beberapa merek itu ada yang memang dikhususkan untuk pasar internasional.

Selain rokok, Djarum juga melebarkan sayap bisnisnya di sektor-sektor lain, seperti perkebunan, perbankan, dan industri elektronik. Perluasan itu tentunya semakin mengukuhkan pabrik ini sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Tanpa banyak basa-basi lagi, Anda dapat menyimak ulasan lengkap mengenai profil dan produk rokok Djarum di bawah ini. Semoga saja informasi-informasi tersebut dapat semakin memperluas wawasan Anda tentang produsen sigaret nasional ini.

Profil Perusahaan Rokok Djarum

Quote:


Perusahaan rokok Djarum didirikan oleh Oei Wie Gwan pada tanggal 21 April 1951 di Kudus, Jawa Tengah. Awalnya, pabrik ini bernama Djarum Gramofon dan dimiliki oleh NV Murup. Karena hampir bangkrut, pabrik ini pun dibeli Oei Wie Gwan dan disingkat namanya menjadi seperti yang sudah Anda kenal sekarang.

Oei mempekerjakan sepuluh pegawai di awal pendirian Djarum dan memproduksi sigaret kretek linting tangan. Dikutip dari situs resmi perusahaan ini, Oei sering dijumpai membantu melinting rokok kretek jika tidak sedang memasarkan dan menjual produknya di jalanan Kudus.

Pada tahun 1963, Djarum mengalami musibah kebakaran yang hampir menghabiskan perusahaan ini. Tak lama setelah kejadian itu, Oei Wie Gwan wafat dan kepemimpinan perusahaan diambil alih oleh kedua putranya, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono.

Kakak beradik ini kemudian membawa inovasi-inovasi baru yang tidak hanya menyelamatkan Djarum dari kebangkrutan, tetapi juga membuat perusahaan ini semakin maju. Salah satunya adalah teknologi mesin yang mulai dipakai pada tahun 1970 untuk produksi sigaret kretek mesin (SKM).

Sementara itu, pada rentang waktu yang sama, untuk semakin mengembangkan produk rokok buatannya, Djarum mendirikan Research & Development Center. Hasil dari divisi riset itu di antaranya adalah rokok kretek rendah tar dan nikotin serta cigarillo pertama di dunia, kretek dengan kertas coklat dan hitam, kretek dengan rasa ceri dan vanilla, dan Superfine Clove yang diklaim perusahaan ini sebagai racikan cengkih terbaik.

Pada tahun 1972 perusahaan Djarum mulai mengekspor produknya ke pasar international, termasuk Tiongkok, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat. Produk yang paling digemari di Amerika Serikat adalah Djarum Super dan Djarum Special. Di Malaysia, merek L.A Lights paling laris karena sering dihubungkan dengan gaya hidup trendi.

Berawal dari perusahaan rokok yang sering jatuh bangun, Djarum muncul menjadi salah satu produsen sigaret terbesar di Indonesia. Pada tahun 2017, perusahaan yang mempunyai 75 ribu karyawan ini berhasil menjual 58,8 miliar batang rokok.


Quote:

Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


sumber daya



Spoiler for Tambahan:


Itu tadi gan sedikit mengenai Profil dan Produksi Rokok Djarum Super. Kalo pabriknya ini gede banget gan, jalan kaki dari rumah ane juga sampe ke ini pabrik emoticon-Ngakak (S)
Cabangnya juga banyak, gak heran kan banyak juga produk rokoknya. Ada juga yg di jualnya di sekitaran Kudus aja gan.
Sebenarnya banyak gan pabrik rokok di kudus, ada Nojorono (Class Mild), Sukun, Senior dan masih banyak lagi. Makanya Kudus punya julukan Kota Kretek gan emoticon-Cool
Sekian gan, salam dari Kudus Kota Kretek emoticon-Peace

Spoiler for Boleh dong mampir di thread ane lainnya:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Sekian dan terimakasih emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh anake.abah 21-11-2021 00:42
mardux13
prabas
aripmaulana
aripmaulana dan 13 lainnya memberi reputasi
14
15.5K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.