• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benarkah Air Di Bumi Berasal Dari Benda Di Luar Angkasa? Mari Diskusikan!

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Benarkah Air Di Bumi Berasal Dari Benda Di Luar Angkasa? Mari Diskusikan!
Kita tentunya tahu bahwa 70% permukaan bumi adalah air sedangkan sisanya adalah daratan sehingga bumi disebut sebagai planet biru, air juga menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup terutama kita manusia yang membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pernahkah kamu bertanya dari mana asal mula air di bumi, apakah air di bumi sudah ada sejak bumi terbentuk atau malah air di bumi berasal dari luar bumi, berikut penjelasannya.
Quote:
sumber

Banyak ilmuwan masih memperdebatkan dari mana air di bumi berasal sehingga mereka memiliki pendapat atau teori masing-masing tentang hal tersebut, ilmuwan berpendapat bahwa air yang ada di bumi sekarang ini sudah ada sejak bumi terbentuk, tapi ini lagi-lagi menjadi perdebatan karena bumi pada awalnya sangat panas sehingga hanya akan berakhir menjadi uap yang kemudian ilmuwan kembali berpendapat bahwa air yang menjadi uap atau yang ada di atmosfer kembali ke bumi saat bumi mulai mendingin.

Ada juga ilmuwan yang berpendapat bahwa asal mula air bumi berasal dari komet, tapi ini di sawah karena air pada Komet adalah air berat yang komposisinya terdiri dari hidrogen yang pola isotopnya terdapat detrium yang mana ini berbeda dengan air yang ada di bumi, meskipun komet bukan penyebab dari adanya air di bumi tapi komet bisa jadi pemicu dari awal mula adanya kehidupan atau samudra dibumi.

Studi baru menunjukkan bahwa air di bumi berasal dari asteroid-asteroid yang dulunya menghantam bumi, tentunya bukan sembarang asteroid melainkan  Carbonaceous chondrites yang merupakan subkelas motoroid tertua di tata surya, asteroid jenis ini memiliki tingkat isotop yang mirip dengan air yang ada di bumi.

Jadi ilmuwan menyimpulkan air yang ada di bumi berasal dari asteroid ini, sekaligus membuktikan air di bumi tidak berasal dari komet yang memiliki hidrogen berat, menurut studi baru juga menunjukkan yaitu mayoritas air yang ada di bumi ternyata sudah ada sebelum bumi terbentuk dan apakah itu sudah terbentuk di lingkaran terdalam sistem tata surya muda. Dalam jumlah besar ataupun air di bumi berawal dari awan molecular diruang antar bintang yang kemudian membentuk matahari dan planet.

Quote:
sumber

Jadi jika ada yang bertanya Dari manakah air di bumi berasal? jawab Air di bumi berasal dari asteroid pertama Carbonaceous chondrites. Ada apa dengan asteroid tersebut? karena komposisi air di asteroid tersebut sama dengan yang ada di bumi. Jadi begitulah gansis, semoga dapat dipahami dan apabila ada pendapat silakan dikolom komentar, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 1 & 2
Diubah oleh Si.jonii 22-11-2021 02:57
pphitam
cheria021
asamboigan
asamboigan dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.4K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.