kaze27
TS
kaze27
Amatir
Kata amateur berasal dari Perancis yang memiliki arti “kekasih”, umumnya dianggap sebagai seseorang yang melakukan pekerjaan, penelitian, atau apapun itu yang bergiat di bidang nonprofesional dan tidak dibayar. Kata amatir juga memiliki arti lain seperti yang telah tertulis di kamus besar bahasa Indonesia yaitu kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan atau hobby dan bukan untuk mencari nafkah atau penghasilan.  Contohnya, melukis, menulis, bermain musik, bermain basket, dan masih banyak lagi.
Akan tetapi kebanyakan orang mengira bahwa arti dari kata amatir yaitu sikap tidak profesional atau abal-abal dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya, kata amatir sering kali menjadi umpatan atau ejekan atas ketidakpuasan seseorang dengan apa yang mereka lihat atau saksikan atas pekerjaan seseorang.

Ada banyak contoh umpatan yang mungkin pernah kita lihat di dunia maya atau mungkin pernah kita saksikan langsung di kehidupan nyata. Salah satu contohnya yaitu umpatan seseorang yang diucapkan karena ada ketidak puasan atas hasil pekerjaan seseorang. “Ih apaan sih dasar penulis amatir! Masa yang di tulis tentang itu mulu!”

Nah dapat saya simpulkan bahwa penilaian dia tentang arti kata amatir adalah “tidak ahli”, dan ini sering sekali saya dapati sebagai hal yang dianggap lumrah.

Terkadang secara sadar maupun tak sadar, kita pernah melontarkan suatu kalimat atau mengetik kata-kata yang mungkin menyakiti hati seseorang dan menganggapnya sebagai hal yang lumrah atau wajar, dan yang lebih parahnya itu tak membuat kita merasa bersalah dan menganggapnya hanya sebatas candaan semata. Akan tetapi alangkah lebih baik jika kita mengucapkan sesuatu dengan memikirkannya terlebih dahulu, "Apakah saya akan menyakiti hatinya jika saya berkata demikian?". Pertanyaan tersebut mungkin akan membuat kita berpikir dua kali untuk mengatakannya atau tidak dan bisa saja membuat kita berpikir "Kalau saya jadi dia mungkin saya nanti akan sakit hati jika mendengar seseorang berkata demikian pada saya."

Lumajang, 18 November 2021

 
Diubah oleh kaze27 18-11-2021 06:27
thedolphin08vkry.fikriwindapuspita199
windapuspita199 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread26.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.