millenie
TS
millenie
Sisi Ter-dark Kehidupan Pesantren

Halo para sobat gurun,

Jumpa lagi dengan ane di forum kaskus ini, nah dikesempatan kali ini ane bakal membahas topic yang agak ngeri, soal nya ini agak sensitif bagi beberpa orang terutama orang-orang yang berjubah putih yang Kegiatan tiap tahun tuh tolak valentine atau kalau gak bongkar-bongkar warung yang jualan pas puasa. Ciat ciat ciat.

Jadi topik kali ini tuh menelusuri sisi gelap kehidupan pesantren, yang mana banyak orang yang tidak tahu gimana sih kehidupan di pesantren. Dan kebetulan ane punya beberapa temen yang pernah tinggal di pesantren sebagai membernya.

Dan salah satu temen ane masuk pesantren itu karena ketahuan ngerokok dan minum, dari situlah pihak keluarga nya langsung ngirim dia ke pesantren buat beberapa tahun, mana pesantern nya itu di daerah2 gitu bro yang masih ngelwati hutan nya. jadi credible banget beberapa pengalaman ini ane cocokan buat di share, tentu nya buat menjawab rasa penasaran kehidupan pesantren terutama sisi gelap nya.

tapi perlu di ingat mungkin ini gak semua pesantren ya, dan tambahan lagi ane tidak mengejek, menghina atau apalah, kebetulan memang seperti itu ada nya.. jadi langsung saja apa saja sisi terdark kehidupan pesantren, cekidot:

1. Jorok

Spoiler for spoiler:


Dari irisan teman ane yang ane ajak ngobrol ada kesamaan tentang kehidupan di pesantren itu adalah jorok(tidak semua pesantren). Dimana ada banyak banget member yang masuk itu gak di tes kesehatan, jadi ada yang ngidap penyakit gudik, kutuan, kudis, kurap dan beberapa penyaki kulit lain nya, jadi nya banyak yang tertular. di tambah banyak santri yang jarang mandi juga.

Dan yang paling parah kalau soal makanan, kalau bahasa aman nya itu anak pesantren sangat antusian banget. Temen ane cerita setiap ke kantin itu pasti rebutan gorengan, padahal baru aja di tiriskan langsung di serbu dengan tangan kosong, gak peduli tangan nya bersih atau gak, apa lagi panas. padahal kebersihan sebagian dari iman.

2. Pacar-pacaran masih nyata

Spoiler for spoiler:


Kata siapa anak pesantern bebas yang namanya pacaran, beberapa temen ane malah sering banget mempergoki temen nya di pondok sedang asik pacaran. Ini juga bikin ane denger cukup kaget juga, mana ada larangan dan hukum nya kalau gak boleh pacaran. Tapi ya itu ada dan nyata.

3. Primitf soal dunia luar

Spoiler for spoiler:


Jadi  Anak pondok kurang update mengenai teknologi maupun berita masa kini. Di pondok itu sendiri, membawa gadget merupakan pelanggaran besar. Jika misal ada yang ketahuan bawa, maka gadget nya tu bakal di sita.

Di sita pun masih bersyukur, terkadang gadget nya malah di ancurin gunain palu. Karena memang gak boleh para santri tu tahu kabar berita di luar atau semacamnya, semua hal yang di pondok tidak mengajarkan dunia yang fana.

4. Sangat judgemental

Spoiler for spoiler:


Di pondok sangat judgemetal terutama kayak berpakean harus bener-benar islami, kalau gak bakal di rundung. Di tambah lagi pemikiran mereka cenderung ke konservatif banget, di pondok tidak cocok untuk orang yang idealis apa lagi be your self. Bakal di bantai. Walupun tujuan nya baik, yaitu menjaga aurat untuk kaum hawa dan laki-laki sesuai syairah.

5. Barang dan makanan sering ilang 

Spoiler for spoiler:


Nah ini yang rada kesel buat temen ane, jadi dia itu dibawain segala barang dan kebutuhan makanan camilan sama orang tua itu selalu aja yang hilang, kadang makanan nya Cuma di ambil setangah dan sisa setengah. Sampai-sampai sering juga ember, sabun shampo odol facewash (pokoknya satu paket) ilang ditelan bumi. tapi ya mau gimana, satu satu nya jalan ya ikhlasin aja.

6. Gak sedikit kasus hubungan sejenis

Spoiler for spoiler:


Ini mungkin bakal gak terekpose ke media dan jarang ada yang tahu, ada beberpa kasus dari pondok lain yang di denger sama temen ane. Ada nya kasus hubungan sesame jenis, dan katanya guy banyak cowok yang guy. Mungkin ini karena ada member yang punya begraund demikian yang masuk ke pesatren, lalu dia ya gak berubah tetep aja kayak gitu. Njirr serem sekaligus sok ane, pas tahu beginian.

7. konservatif

Spoiler for spoiler:


Masih ada hubungan dengan poin no tiga, jadi orang pesantren rata-rata kolot. Gak terima perubahan. Gak terima perkataan orang lain selain ustadnya, atau tak ingin mendegar dakwah selain ustad yang di idolakan.Dan yang ekstrimnya segala hal duniawi atau pemahaman dari agama lain di larang keras oleh orang-orang pesanteren.

Ini yang ngomong anak pesantern sendiri lo geas. Dibilang gitu..beda banget sama ajaran habib jafar. Bahwa islam itu indah. Serem dah. dan mereka di suruh menghidar dari orang-orang yang bukan golongan nya setelah keluar dari pesantren, Sementara manusia di luar sana sangat beragam dan berbeda, dan harus menghadapinya, bagaimana jadi malah  justru di suruh menghindarinya. Mau lari ke mana pula? masak mau bersembunyi sampai kapan juga di ketiak pesantren?

8. Cita-cita yang terbengkalaian

Spoiler for spoiler:


Mungkin karena pesantren mengutamakan pelajaran religious, banyak orang yang lulus pesanteren yang sebenernya punya cita-cita tapi gak bakal bisa di raih. Inti nya mreka lebih unggul dalam pelajaran agama dibanding pelajaran umum, hal ini membuat kami mengubur impian mereka.

9. Lulusan pesantren banyak yang nikah muda

Spoiler for spoiler:


Mungkin ini akibat terlalu menjunjung tinggi budaya nikah muda, pacaran haram, akhirnya banyak yang santri yang kemudian dijodoh-jodohkan atau menikah di umur yang masih terbilang muda dimana belum siap secara finasial dan mental.

Dan setiap kali dinasehatin, pasti ultimatumnya: "Aisyah menikah dengan Rasulullah, di umur yang masih muda kok". Ciat ciat ciat. Ya memang itu ada riwayat nya, tapi kan asyiah ya asyiah, lo ya lo. Jika nikah muda karena pengen menghindari zina, ya benar si zina bakal terhindarkan, tapi kan hasil akhir nya menuju jalan penceraian, karena mental dan financial belum layak.

 

Nah kurang lebih sisi terdark yang berhasil ane kulik sama beberapa temen ane seperti itu, sebenarnya masih ada beberapa list lagi, tapi ane bener-bener gak berani karena terlalu dark walupun fakta yang orang gak mau ngomongin aja, tapi ya gitu…pokok nya serem. Dan sekali lagi ane tegas kan ini tidak semua pondok pesantren kayak gitu ya. Jadi sekian dulu, Jika kalian punya pengalaman terkait atau temen kalian, share di kolom komentar ya. terimakasih.


Penulis: millenie

Sumber: pengalaman beberapa temen yang pernah jadi anak pesantren

Diubah oleh millenie 19-11-2021 06:08
bukan.bomatiblast867583aloha.duarr
aloha.duarr dan 93 lainnya memberi reputasi
84
30.3K
545
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.