• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bukan Sembarang Cairan yg Keluar Dari Kolong Mobil, BAHAYA! Cek Ini Sebelum Berjalan

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bukan Sembarang Cairan yg Keluar Dari Kolong Mobil, BAHAYA! Cek Ini Sebelum Berjalan


[ HT# 845 ]

Sudah menjadi rahasia umum, kadang kita melihat kolong mobil yang terparkir seperti mengeluarkan tetesan air bahkan sampai mengalir jauh beberapa meter. Umumnya air yang keluar dari kolong itu adalah air AC yang pembuangannya memang keluar dibawah kolong mobil.

Tapi buat agan dan sista yang memiliki kendaraan khsusnya mobil mulai saat ini coba deh perhatikan cairan yang keluar dibawah kolong mobil apa benar-benar dari saluran pembuangan AC (Air Conditioner)?


Berdasarkan informasi teman yang bekerja disebuah bengkel cukup ternama dibilangan Jakarta Selatan mengatakan bahwa air yang keluar dari kolong mobil tidak hanya dari Ac tapi beberapa menunjukkan gejala mobil dalam kondisi 'tidak sehat'.

Seperti kita ketahui saat ini cairan yang menetes bening biasanya air yang keluar dari saluran pembuangan Ac. Ini disebabkan hasil dari proses kondensasi pendingin, proseas ini akan membuat embun yang lama-lama akan berkumpul (beku) dan menetes.

Sedangkan cairan yang harus diwaspadai yang keluar dari kolong mobil adalah cairan yang berwarna Merah, jika disentuh dan digesekkan dengan ujung jari cairan akan terasa licin. Ini bukanlah air tapi oli power steering, minyak rem, atau bisa juga dari oli transmisi (mobil matic) yang bocor.



Warna kedua adalah cairan Merah tapi jika disentuh dan digesekkan dengan ujung jari tidak terasa licin biasanya datang dari radiator atau pendingin AC yang bocor. Ingat ya, cairan ini Merah tidak licin (kesat), bukan bening. Maka harus diwaspadai.




Cairan warna ketiga adalah yang berwarna Cokelat atau cenderung gelap, jika disentuh dan digesekkan dengan ujung jari akan terasa licin. Apabila cairan ini menetes dari kolong mobil biasanya pada bagian gardan fan tranmisi mengalami kebocoran.



Cairan warna keempat adalah Biru atau Hijau, biasanya ini datang dari air wiper dimana tabung reservoir air wiper ini sedang mengalami kebocoran akibat salurannya digigit tikus, segel yang kendor atau mulai rusak seiring bertambahnya usia mobil tabung mengalami kegetasan.



Cairan warna kelima adalah Kuning. Umumnya mengindikasikan dari cairan pendingin radiator. Masalahnya bisa dikarenakan penjepit selang yang longgar atau kerusakan pada O-Ring radiator.
Biasanya terjadi di area sekitar selang, radiator, termostat, dan komponen pendingin lainnya karena gasket silinder head bocor dan retakan di radiator.



Nah, ternyata cairan yang keluar dari kolong mobil tidak selalu cairan air Ac tapi menandakan ada kebocoran dibagian tertentu yang harus segera diperbaiki. Pentingnya perawatan dan perbaikan secara cepat akan membuat mobil kita lebih awet dan keselamatan kita bisa terjaga. Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa dimanapun kita berada. Aamiin.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, reff: https://bacabrosur.blogspot.com/2018...iran-yang.html | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 16-11-2021 15:51
shotgunBlues
jlamp
ipanpun
ipanpun dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.4K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.