bruce12345Avatar border
TS
bruce12345
Mengenal Penyair-Penyair Besar Persia, Salah Satunya Ahli Farmasi Lho.

Gambar


Halo Gansis apa kabar? Berharap kalian sehat2 ya dan tetap dalam lindungan yang Maha Kuasa.

Pada thread kali ini ane ingin berbagi tentang beberapa penyair besar Persia. Ow ya sebelum masuk kebahasan selanjutnya siapa saja tokoh2 yang berpengaruh besar dalam dunia syair Persia, alangkah baiknya jika kita mengetahui bahwa Sastra Persia merupakan salah satu sastra tertua di dunia ya gansis, yang membentang ribuan tahun dan telah mempengaruhi karya sastra budaya lain. 

Karya terbesar dan paling berpengaruh adalah Shahnameh (kitab Raja-raja Persia) yang ditulis oleh Abolqasem Ferdowsi antara 977-1010 M. Shahnameh melambangkan semangat sastra Persia, hingga hari ini dan dalam hal melestarikan cerita kuno masa lalu sambil menjaga mereka tetap relevan untuk setiap generasi baru yang membacanya. 

Oke gansis siapa saja mereka cek cek cek


Rudaki (859-940 M)

Lahir dengan nama lengkap Abu Abdollah Ja'far ibn Muhammad Rudaki, ia merupakan penyair dalam istana Samanid Amir Nars II (914-943 M). Beberapa literatur mengatakan bahwa, ia disebut sebagai penyair pertama yang tiba di istana pada masa pemerintahan Nars II, meskipun demikian beberapa literatur lainnya menjelaskan bahwa ia sudah menjadi penyair yang disegani dibawah ayah Nars II, Amir Ahmad Samani. Rudaki merupakan seorang penyair dengan kekuatan besar yang mampu mengekspresikan keadaan emosional yang kompleks dalam citra yang sederhana. Ia dianggap sebagai " Bapak Sastra Persia" yang menciptakan konsep diwan (administrasi negara) dan menyumbangkan bentuk2 sastra puisi yang termasuk ghazal, qasidas dan rubais.


Daqiqi (935-977 M)

Abu Mansur Daqiqi Penyair di istana Amir Mansur I. Pada masa Daqiqi umumnya para penyair akan bekerja pada seorang yang kaya ataupun kepada seorang raja, sang penyair akan menulis syair yang mengabadikan nama dan perbuatan para raja, lalu sang penyair akan mendapat imbalan. Daqiqi memulai pekerjaannya dengan menggambar pada manuskrip yang lebih tua, dia jugalah yang telah menyelesaikan 1000 ayat dari apa yang akan menjadi Shahnameh (Kitab Raja2), ia menulis dengan gaya yang sangat formal dan konsisten. 


Attar (1145-1120 M)

Abu Hamid bin Abu Bakar Ibrahim adalah seorang ahli farmasi, jika beberapa penyair memiliki pelindung atau bekerja pada seseorang, namun tidak dengan Attar, tampakanya ia menulis syair hanya untuk kesenangannya semata, karena ia tidak bekerja pada siapapun, ia juga menolak upaya penyair yang menerima bayaran untuk memuji raja dan kaum borjuis. Dalam setiap syairnya ia memilih lebih berfokus pada hal2 yang membawa pembacanya memahami sifat keberadaan Tuhan dan kedekatan individu dengan Tuhan. 


Rumi (1207-1273 M)

Jalaluddin Muhammad Rumi adalah seorang sarjana Islam poliglot, teolog dan ahli hukum sebelum bertemu mistik Sufi Shams-i Tabrizi  pada tahun 1244 M dan yang kemudian menjadi penyair mistik paling terkenal pada masanya. Keahlian sastra dan wawasan spiritualnya begitu luas, sehingga ia disebut sebagai Mawlawi (tuan kami), karya terbesarnya adalah Masnavi, eksplorasi puitis 6 jilid tentang hubungan antara individu dan Tuhan yang merujuuk pada cerita rakyat, spiritualisme Sufi, Al'quran, legenda dan pengetahuan Muslim dan sejumlah sumber sastra, sejarah dan agama lainnya. 


Nizami (1141-1209)

Nizami Ganjavi lahir di Ganja (Azerbaijan), ia menjadi seorang yatim piatu pada usia muda dan di besarkan oleh seorang Paman dan sekaligus yang mendorongnya untuk maju dalam pendidikannya. Syair Nizami membuktikan keberhasilan pamannya dalam hal ini karena ia dianggap sebagai salah satu yang paling banyak dibaca diantara penyair2 Persia berpendidikan tinggi lainnya. Nizami dikenal sebagai penyair romantis terkemuka seusianya, menggambar pada karya Sanai dan terutama Ferdowsi untuk bahan dan sumber inspirasinya. Ia menaruh fokus pada cinta baik untuk dua  individu maupun individu dan Tuhan. 


Ok Sampai disini thread kali ini dan sampai jumpa di thread2 selanjutnya. Baca juga Sebobrok-Bobroknya Kamu Selalu Ada Jalan Pulang Bagimu dan Ajar Aku Menghitung Hari-Hariku



Referensi 1

Diubah oleh bruce12345 06-11-2021 11:09
kronggahan
noilsan
mamamuda869
mamamuda869 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.9K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.