androidiotAvatar border
TS
androidiot
Viral! Tebus Murah di Minimarket Disebut Haram


Tebus murah merupakan istilah yang kerap ditawarkan oleh sebagian minimarket dalam rangka promosi. Dalam tebus murah, konsumen dapat membeli produk tertentu dengan harga murah dengan syarat membeli produk dengan nilai nominal tertentu.

Istilah tebus murah ini pun viral di media sosial. Tebus murah disebut-sebut haram.

"Menurut pendapat Ulama KH Shiddiq Al Jawi (Pakar fikih Muamalah ) hukum tebus murah haram secara syariah, krn 2 (dua) alasan sbb," bunyi caption postingan yang viral tersebut seperti dikutip detikcom, Jumat (12/10/2021).

Pertama, dijelaskan, dalam tebus murah telah terjadi penggabungan dua akad atau berlangsung satu akad yang mensyaratkan adanya akad yang lain. Hal itu telah dilarang sesuai dengan hadits Ibnu Mas'ud RA yang berkata sebagai berikut.

"Rasulullah SAW telah melarang dua kesepakatan dalam satu kesepakatan." (shafqataini fi shafqah wahidah). (HR. Ahmad, Musnad Ahmad, Juz I, hlm. 398, nomor hadits 3783; )."

Kemudian dijelaskan, yang dimaksud sabda Rasulullah SAW 'dua kesepakatan dalam satu kesepakatan' menurut Imam Taqiyuddin An Nabhani adalah adanya dua akad dalam satu akad. Dengan kata lain, hadits tersebut melarang adanya satu akad yang mensyaratkan adanya akad yang lain.

"Berdasarkan penjelasan ini, jelaslah bahwa tebus murah hukumnya haram, karena telah mensyaratkan akad jual beli tebus murah dengan syarat pembelian barang lain lebih dulu," ungkapnya.

Kedua, dalam tebus murah telah terjadi penggabungan dua akad jual beli dalam satu akad jual beli. Penggabungan dua jual beli menjadi satu juga telah dilarang sesuai hadits dari Abu Hurairah RA sebagai berikut.

"Rasulullah SAW telah melarang dua jual beli dalam satu jual beli." (bai'ataini fii bai'atin). (HR. Tirmidzi no. 1231, Nasa`i, no. 4636. Imam Tirmidzi berkata,"Ini hadits hasan shahih.")."

detikcom telah berupaya untuk menghubungi akun yang memposting konten tersebut untuk meminta izin memberitakannya. Namun, hingga berita ini diturunkan, pemilik akun belum memberi respons.

Corporate Secretary PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) Nur Rahman mengatakan, akan memberikan keterangan secara tertulis saat dimintai tanggapan. Ia akan mengecek sumber tersebut. "Nanti saya jawab tertulis dulu. Cari sumbernya," katanya lewat pesan singkat.

Sementara, minimarket lain Indomaret belum memberikan keterangan.


Sumber

Haram gan emoticon-army




kaiharis
calvinn28
serapionIeo
serapionIeo dan 45 lainnya memberi reputasi
44
19.5K
383
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.