bruce12345
TS
bruce12345
Asal Mula Kaca Spion, Versi Kocak Warga +62

Gambar

Halo GanSis apa kabar? Berharap kalian sehat2 ya dan tetap dalam lindungan yang Maha Kuasa. 
Ok Welcome to my thread, cek cek cek. 


GanSis kalian pernah gak, kena tilang hanya karena kaca spion di kendaraan bermotor kalian cuman 1 atau tidak ada sama sekali? Kalau pernah silahkan tulis di kolom komentar ya. Disadari atau tidak kerap kali kita "seperti" mengabaikan akan pentingnya kaca spion di kendaraan kita. 


Tetapi taukah kita bahwa hari ini kaca spion menjadi piranti yang wajib digunakan oleh kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor, yang mana tanpa kaca spion si pengendara akan merasa tidak nyaman karena ia tidak bisa mengintip keadaan lalu lintas baik itu di samping, belakang, kanan maupun kiri.


Di negara kita tercinta ini GanSis, penggunaan kaca spion sudah diatur dalam Undang-Undang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) No 22 tahun 2009 dalam pasal 285 ayat (1) yang menyatakan bahwa "setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan dan knalpot dst......


Pada abad 20, dunia balap sedang maju-majunya ya GanSis, namun pada waktu itu mobil tidaklah dilengkapin dengan kaca spion, sehingga si pembalap harus mengandalkan asistennya yang selalu melihat ke belakang, mengamati kendaraan lainnya dan melaporkannya kepada si pembalap. 


Hingga pada tahun 1911 seorang pembalap bernama Ray Harroun yang kesulitan mencari asisten untuk turnamen di Indianapolis 500. Singkat cerita karena kendala itu, iapun berusaha untuk mengakalinya dengan memasang cermin di mobil balapnya dan ternyata itu berhasil. Ia bisa melihat kebelakang, mengontrol kecepatan dan pergerakan mobilnya tanpa bantuan seorang asisten. Karena keberhasilannya itu orang2 mulai mengikuti jejaknya dan bahkan merebak hingga kini. 


Nah GanSis diatas merupakan versi amerika, ternyata ada juga lho asal usul penggunaan kaca spion versi kocak warga +62 pertama kali dipakai. Yang menemukan nama kaca spion merupakan seorang pria asal Yogyakarta pada tahun 1908, saat itu Sugino dan sahabatnya bernama Yono dalam perjalanan menuju Solo dengan mengendarai mobil yang pada saat itu tidak ada kaca spionnya. Setiap kali ingin menyelinap atau berbelok, Sugino yang mengemudikan mobil selalu bertanya kepada Yono untuk memastikan keadaan dibelakang tetap aman. 
"Sepi Yon? Sepi Yon?" tanya Sugino ke Yono.

Spoiler for Ini Dia:



Nah berasal dari pertanyaan itulah kemudian julukan kaca spion mulai digunakan. 


Spoiler for Versi Kocak Lainnya:




Ono-Ono Wae


Ref 

Quote:



Ok sampai disini thread kali ini dan Sayonara


gpanditaRyuDan2255mamamuda869
mamamuda869 dan 28 lainnya memberi reputasi
27
6.7K
93
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.