• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pantas Aja Memiliki Sejuta Masalah! Ini Sejarah Dan Fakta Menarik Dari Negara Somalia

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Pantas Aja Memiliki Sejuta Masalah! Ini Sejarah Dan Fakta Menarik Dari Negara Somalia
Quote:
sumber 

Somalia! apa yang terbesit di kepala kalian setelah mendengar negara satu ini. Bajak laut yang jahat? kemiskinan yang meluas? atau konflik saudara yang tidak berujung? Yak semua itu memang benar, namun seperti halnya setiap negara lain di dunia, somalia juga memiliki hal menarik yang layak untuk diketahui seperti negara paling homogen di dunia hingga tingginya kesadaran akan HIV Aids di Afrika. Maka dari itu yuk simak ulasan dibawah

1. Sejarah Berdiri
Tanah Somalia dikenal sebagai tanah aromatik di zaman mesir kuno, bangsa somalia yang hidup saat ini percaya kalau nenek moyang mereka ialah orang-orang arab yang bermigrasi ke wilayah somalia pada abad ke-7, saat itu masa dimana penyebaran agama islam sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh orang arab muslim, diketahui sebagian besar orang arab yang datang di masa itu berasimilasi dengan penduduk nomadik setempat yang akhirnya melahirkan bangsa somalia. Nah dalam bahasa somali, wilayah itu disebut sumalia sementara dalam bahasa arab disebut assumal, sejarah modern somalia dimulai dari era kolonialisasi inggris dan italia pada pertengahan tahun 1880-an, dimasa itu inggris memerintah wilayah zella dan berbera yang bernama somaliland inggris mulai tahun 1880 hingga tahun 1960. Sementara wilayah selatan dikuasai oleh italia dengan nama somaliland italia, seusai perang dunia 2 Somalia resmi menjadi wilayah perwalian PBB yang lalu merdeka pada tahun 1960 bernama Republik Somalia.

2. Negeri pertama memeluk islam
Somalia yang letaknya di tanduk afrika berbatasan dengan djibouti di barat laut, kenya di barat daya, yaman dan teluk aden di utara, samudra hindia di timur dan Ethiopia di barat. Somalia disebutkan sebagai negara pertama yang memeluk islam bersumber dari Republika selama lebih dari 1400 tahun, islam menjadi bagian besar dan penting dari masyarakat somalia, fakta itu tentu wajar mengingat nenek moyang orang somalia adalah bangsa arab yang berasimilasi dengan penduduk setempat abad ke-7, kabarnya hampir seluruh penduduk somalia yang berjumlah 14 juta jiwa adalah muslim Sunni. Selain islam terdapat pula beberapa yang menganut kristen dan agama lokal lainnya, karena itu konstitusi somalia menetapkan islam sebagai agama negara, tak hanya itu hukum islam bahkan dijadikan sebagai sumber perundang-undangan nasional. Disebutkan hal itu juga menetapkan kalau hukum yang bertentangan dengan prinsip islam tidak bisa diberlakukan, nah konstitusi ini menjamin persamaan hak dan kebebasan dari perlakuan diskriminatif bagi seluruh warga somalia dihadapan hukum tanpa memandang agama.

3. Sistem pemerintahan Somalia
Kalian tau tidak seperti apa sistem pemerintahan di Somalia? yap sebagaimana negara afrika pada umumnya negara ini menganut sistem pemerintahan republik parlementer dimana seorang presiden menjadi kepala negara dan perdana menteri kepala pemerintahan. Meski begitu kabarnya somalia tidak memiliki sistem pemerintahan nasional yang efektif dengan kata lain tidak semua wilayah mengakui pemerintahan tersebut lantaran hampir di setiap wilayah dikuasai oleh klan-klan atau marga yang bertindak sebagai penguasa, misalnya di barat laut somalia terpisah secara politik dengan republik somaliland, meski ia tidak mendapat pengakuan internasional. Di bagian lain terdapat Warlord atau semacam raja atau panglima militer yang berkuasa yaitu puntland dan somalia barat daya, menariknya pemerintahan yang diakui dunia internasional adalah pemerintahan transisi nasional yang dikepalai Abdiqassim Salat Hassan yang hanya mengontrol sebagian dari Mogadishu ibukota Somalia.

4. Negara paling homogen di Afrika
Tahukah kalian mayoritas penduduk somalia merupakan suku somali dengan populasi yang mencapai 98,3% yang merupakan komunitas masyarakat keturunan bangsa qusith timur. Suku ini terbagi kedalam berbagai sub komunitas seperti Dir, Issaq, Hawiye, Darod, Digil dan Rahanwin. Menariknya somalia diketahui sebagai negara paling homogen dibenua hitam baik secara suku maupun kebudayaan, jika sebagian besar negara afrika memiliki populasi etnis yang beragam, somalia justru sebaliknya yaitu dilaporkan sebanyak 85 persen populasi negara ini terdiri atas etnis somalia yang secara historis mendiami bagian utara somalia sedangkan etnis minoritas lebih besar berpusat diwilayah selatan. Untuk bahasa resmi somalia sendiri kabarnya ada dua yaitu somalia dan arab, kebanyakan penduduk somalia adalah muslim bersekte islam sunni.

5. Prestasi penanggulangan HIV AIDS
Negara dengan sejuta persoalan ini faktanya punya prestasi yang cukup gemilang dan diakui di dunia internasional yaitu prestasi yang terkait dengan penanggulangan penyakit HIV AIDS yang kita ketahui menjadi persoalan teramat serius di dunia terkhusus di negara-negara afrika. Pada 2014 silam komisi penanggulangan AIDS nasional somalia berpartisipasi dalam konferensi internasional aids ke-17 cape town di afrika selatan, dihadiri lebih dari 7000 ilmuwan terkemuka, pembuat kebijakan, pemerintah dan orang yang hidup dengan HIV, somalia mampu menunjukkan prestasi mereka dalam kesadaran, pencegahan dan pengobatan HIV AIDS. Dalam konfederasi terbesar di dunia itu, somalia menunjukkan prestasi dalam memerangi HIV Aids dan fokus untuk terus bekerja bersama mencegah dan mengurangi stigma yang melekat pada penyakit itu, sebelumnya semula dikenal lantaran tingkat infeksi HIV AIDS terendah di afrika bahkan di dunia. Dalam laporan who pada tahun 2014 prevalensi HIV AIDS sekitar 0,9% di seluruh negara sedangkan di somalia justru hanya 0,6% saja menjadikannya yang terendah di dunia.

6. Negara miskin di dunia
Kalian sudah bisa menebak mengapa somalia termasuk kedalam negara termiskin di dunia kan? Yap karena tidak stabilnya pemerintahan pusat, dampak perang saudara hingga persoalan iklim ekstrem. Meski demikian dahulu somalia yang letaknya cukup strategis di tanduk afrika pernah menjadi pusat perdagangan terpenting di afrika setelah merdeka dari inggris dan italia pada tahun 1960. Mimpi buruk somalia dimulai pada tahun 1969 melalui Muhammad Siad Barre melalui dewan revolusi nilai tertinggi melakukan kudeta dan mendirikan republik demokratik somalia. Pada tahun 1961 pemerintahan said barre runtuh dan memicu perang saudara dari berbagai kelompok bersenjata yang merebut kekuasaan, dari sinilah pemerintah pusat somalia tak berkutik bahkan disebut menjadi negara gagal. Kemiskinan, kelaparan dan rendahnya harapan hidup menjadi masalah yang di hadapi somalia sebagai buntut dari perang saudara berkepanjangan, kini dengan populasi sekitar 14 juta jiwa pendapatan perkapitanya hanya 400 USD menjadikan somalia sebagai negara paling miskin di dunia.

7. Pemerintah tidak pernah hadir
Inilah persoalan utama di somalia, yaa terdengar aneh memang namun faktanya memang demikian, kabarnya presiden somalia saat ini Muhamed Abdullahi Muhamed dan perdana menteri Hassan Ali Khayre beserta jajarannya diketahui tidak pernah hadir di somalia. Hal itu disebabkan kondisi stabilitas keamanan somalia yang jauh dari kendali pemerintah pusat, somalia dibangun di atas struktur masyarakat yang secara historis tidak pernah mengenal pemerintahan pusat, somalia sejak dulu terpecah dalam klan-klan tanpa pernah memiliki aturan atau hukum yang dihormati secara nasional. Bahkan di era kolonial penjajah inggris saja segan memungut pajak dari rakyat somalia, tanpa pemerintahan pusat yang kuat tidak akan tercipta ketertiban hukum dan tanpa ketertiban hukum tidak akan ada perekonomian yang baik, singkatnya tanpa kekuatan ekonomi sebuah negara dipastikan akan gagal.

Quote:
sumber

Nah itulah beberapa fakta dan sejarah dari negara somalia, salah satu negara yang menarik untuk di ketahui bagaimana pendapat kalian? Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referansi : 1234 & 5
Diubah oleh Si.jonii 10-11-2021 03:59
jamilhebat
indrastrid
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
11.8K
260
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.