metrotvnews.com
TS
MOD
metrotvnews.com
Penanganan Banjir Jakarta Tak Cukup Rp4 Triliun


Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim terus melakukan normalisasi saluran air, sungai dan waduk. Namun, anggaran yang diperlukan untuk membebaskan Ibu Kota dari banjir dinilai lebih dari Rp4 triliun.

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim sudah mengidentifikasi sejumlah titik yang berpotensi terjadi genangan.  'Lokasi-lokasi yang berpotensi kita identifikasi, juga melakukan percepatan pekerjaan terkait dengan sungai,' kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Oktober 2018.

 

Dia tak merinci titik mana atau pengerjaan sungai mana yang dioptimalkan. Namun, Anies mengklaim semua telah dikerjakan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing satuan kerja perangkat daerah.

 

'Untuk memastikan bahwa tidak ada hambatan-hambatan di saluran-saluran air, semuanya dikerjakan,' katanya.

 

Terkait banjir, Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai anggaran yang dialokasikan untuk penanggulangan banjir terkesan naik turun. Padahal menyangkut penanganan komprehensif.

 

'(Karena) Normalisasi harus dijalankan, harus dibarengi dengan penanggulangan banjir,' ujar.

 

Menurutnya, penanganan banjir yang dilakukan Anies berorientasi jangka pendek. Penanganan jangka panjang seperti normalisasi sungai kurang mendapat perhatian.


Baca: 129 Titik Rawan Banjir Ada di Wilayah yang tak Dinormalisasi


Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus mengamini hal tersebut. Menurutnya, bantaran sungai Ciliwung dan Cisadane harus dibereskan. Sebab daerah-daerah tersebut terkena dampak paling parah saat banjir.

 

Bestari mengimbau semua pihak memaksimalkan anggaran. Sebab banjir adalah masalah laten yang tak kunjung rampung. 'Pekerjaan tersisa sangat banyak,' ujar Bestari.

 

Ia tak merinci berapa anggaran yang ditingkatkan. Namun, terkait dengan normalisasi, pembebasan lahan menuntut anggaran yang tak sedikit. 'Saya kira Rp4 triliun saja masih kurang,' kata Bestari.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/PN...up-rp4-triliun

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Antisipasi Banjir, Warga Kedoya Evakuasi Barang Berharga

- Lurah Pesanggrahan Yakin Banjir tak Lagi Mampir

- Anggaran Penanganan Banjir Rawa Buaya Rp115 Juta

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.5K
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Medcom.id
Medcom.id
icon
23KThread595Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.