dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
3 Lauk Kering Ini Jadi Solusi Tepat Di Saat Mendesak!

sumber

Hai, Gansist! Hari ini bikin lauk apa, nih?

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan mulia meskipun kadang banyak dipandang sebelah mata karena hanya di rumah saja bisanya cuma minta jatah duit ke suami.

Ternyata meski di rumah saja tapi capeknya ampun-ampunan. Dari pagi hingga pagi lagi seakan pekerjaan tidak beres-beres, ada lah lagi dan lagi.

Memasak menjadi satu kewajiban yang utama agar anggota keluarga tidak kapiran alias terabaikan. Namanya juga waktu hanya 24 jam kadang ada saja hal yang terlewatkan. Bikin lauk, menjadi hal yang cukup memakan waktu. Sebetulnya beli lauk lewat online ataupun di warung juga ada tetapi sama saja butuh waktu.

Untuk mengakali hal tersebut ada baiknya mempersiapkan lauk yang awet dan bisa tahan lama, praktis pula penyajiannya. Sekaligus sebagai penyelamat di saat sedang diburu-buru oleh waktu. Kira-kira apa, ya?

Nah, berikut ini 3 lauk kering yang praktis dan enak untuk disajikan sebagai penyelamat disaat tidak sempat masak untuk keluarga.

1. Serundeng
sumber

Serundeng. Lauk kering yang berbahan baku dari parutan kelapa setengah tua ini cocok sekali dijadikan lauk dadakan. Rasanya yang gurih dan manis tentu cocok dijadikan lauk dengan nasi yang masih hangat.

Cara bikin serundeng pun cukup mudah. Kelapa diparut lalu dioseng-oseng sampai mengering dengan garam, gula Jawa, dan bumbu lain serta daun jeruk biar wangi.

2. Abon
sumber

Ada berbagai jenis abon yang bisa sista bikin dan dijadikan stok di rumah. Ada abon daging sapi, ayam, dll. Ikan lele pun bisa dijadikan abon.
Daripada bikin abon, lebih praktis beli di swalayan atau di pasar. Abon ini awet dan tahan lama bila cara menyimpannya tepat, yakni selalu di tempatkan dalam wadah tertutup.

3. Sambal Tempe Kering
sumber

Mungkin sista masih asing dengan lauk kering yang satu ini. Caranya bikinnya pun cukup mudah kok. Tempe dipotong tipis-tipis kira-kira seukuran 1 cm. Lalu digoreng sampai garing. Jika sudah garing lalu dioseng sampai kering dengan gula Jawa, cabe dan bumbu lainnya. Lebih mak kriuk lagi dicampur dengan kacang tanah goreng, saat dimakan ada sensasi rasa tersendiri.

Bagaimana sista, dari ketiga lauk kering di atas adakah yang menjadi favorit bagi keluarga kalian. Aku rasa ketiga lauk kering di atas cukup praktis dan bikinnya pun tidak terlalu ribet.

Mungkin aku cukupkan sekian thread dari aku. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih atas atensinya.

referensi

cheria021
pulaukapok
Bibalinhgum
Bibalinhgum dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.