LordFaries3.0Avatar border
TS
LordFaries3.0
Cucu Luhut Masuk Jajaran Anak Muda Paling Berpengaruh Versi Forbes

JAKARTA - Forbes Indonesia memasukkan Faye Hasian Simanjuntak, cucu tertua Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan , dalam daftar jajaran Forbes '30 Under 30' kategori Social Entrepreneur dan Philanthropy 2020.

Masuknya Faye melengkapi sejumlah anak muda Indonesia yang dicatatkan Forbes sebagai anak muda paling berpengaruh.

Penghargaan diberikan lantaran Faye dinilai sukses mendirikan Rumah Faye, organisasi independen di Indonesia untuk anak-anak. Misinya membebaskan anak Indonesia dari perdagangan manusia, kekerasan, dan eksploitasi.



"Pada 2013, di usia 11 tahun Faye dan ibunya, Uli Panjaitan, meluncurkan @rumahfaye, sebuah organisasi yang memerangi pelecehan dan perdagangan seksual anak. Ketika dia baru berusia sembilan tahun, dia pertama kali mengetahui tentang masalah ini dan berapa banyak anak seusianya yang menjadi korban," tulis Forbes Indonesia melalui akun instagramnya, dikutip Minggu (31/10/2021).

Dari keterangan Website Rumah Faye, Faye dan rekannya menyusun salah satu artikel yang membahas perihal kekerasan seksual terhadap anak. Hal itu ditegaskan sebagai kejahatan luar biasa.

Di artikel yang sama, ditulis juga Indonesia melakukan amandemen Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak melalui UU Nomor 35 Tahun 2014 yang mengatur tentang perlindungan anak dari kekerasan seksual. Data yang dikeluarkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Januari hingga Juli 2020 menunjukkan 2.556 anak menjadi korban kekerasan seksual.



Data yang dikeluarkan oleh Komnas Perempuan pada tahun 2020 juga menyatakan bahwa 55% kasus kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak perempuan adalah kasus kekerasan seksual.

Di bagian lainnya, Faye menyebut, meskipun ada UU yang mengatur kekerasan seksual terhadap anak, namun tidak mengurangi angka kekerasan yang terjadi terhadap anak. Berdasarkan kasus yang ditangani oleh Rumah Faye, terdapat peningkatan sebanyak dua kali lipat untuk kasus kekerasan terhadap anak dibandingkan tahun 2019.

Banyak faktor yang memengaruhi terjadinya kekerasan terhadap anak, yaitu kemiskinan, tingkat pendidikan rendah, tata ruang yang buruk, pandemi yang menyebabkan orang harus tetap berada di dalam rumah dan faktor lainnya.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang kekerasan seksual, memberikan perlindungan anak dari kekerasan seksual, memberikan akses keadilan bagi korban merupakan hal yang perlu diketahui oleh semua pihak baik itu anak, keluarga, masyarakat, pemerintah dan aparat penegak hukum.

https://ekbis.sindonews.com/read/585...es-1635678611/

emoticon-Nyepi
RyuDan2255
fiperman
viniest
viniest dan 37 lainnya memberi reputasi
30
10.4K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.