Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
68
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6174de5dc63fa56121270e91/tips-mudah-beternak-ayam-kampung-dan-cara-membuat-tempat-pakannya-dari-botol-bekas
Di masa pandemi banyak orang yang mau tidak mau harus diberhentikan sementara atau selamanya dari perusahaan tempatnya bekerja. Sebagian ada yang mencari atau melamar kerja di tempat yang lain walau upahnya jauh di bawah tempatnya bekerja semula, ada juga yang banting setir menjadi petani atau beternak.
Lapor Hansip
24-10-2021 11:17

Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kaskus DeYudi69 -Di masa pandemi banyak orang yang mau tidak mau harus diberhentikan sementara atau selamanya dari perusahaan tempatnya bekerja.

Sebagian ada yang mencari atau melamar kerja di tempat yang lain walau upahnya jauh di bawah tempatnya bekerja semula, ada juga yang banting setir menjadi petani atau beternak.

Misalnya bertani sayuran hidroponik, beternak ikan lele, ikan nila, atau pun beternak ayam kampung. Menurut ane pribadi, kalau Gan-Sis ingin beternak ayam, boleh banget buat beternak ayam kampung dulu sebelum beternak ayam broiler. Karena ayam kampung selain harga jualnya yang lebih mahal, perawatan ayam kampung juga terbilang mudah dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
dokpri

Dalam thread ini ane ingin membahas cara membuat tempat pakan ayam kampung dari barang bekas yang ada di sekitar kita.

Bahan dan alat yang diperlukan antara lain :

1. Dua potong triplek berukuran 30 x 10 cm

2. Paku klem 2 buah

3. Paku tripek secukupnya

4. Lem G

5. Palu

6. Gunting

7. Botol plastik bekas kemasan air mineral

Cara membuat

1. Belah botol plastik menjadi dua bagian yang sama menggunakan gunting

2. Sambungkan potongan triplek membentuk sudut 90 derajat dengan paku dan palu, supaya lebih kuat rekatkan dengan lem G.

3. Meletakkan botol plastik pada sudut 90 derajat triplek, kemudian rekatkan botol plastik pada triplek dengan paku dan lem G.

4. Terakhir pasangkan paku klem pada sisi atas triplek dan rekatkan kembali dengan Lem G.

Wadah pakan ayam dari barang bekas pun siap dipergunakan, untuk lebih jelas cara pembuatannya, teman-teman bisa melihat video di bawah ini ya.

cara membuat tempat pakan ayam



Untuk pakan ayam kampung sendiri sudah banyak yang menjualnya, biasanya berupa campuran pelet, jagung, dan beras hitam.

Sudah tentu kalau membeli pakan ayam kampung yang khusus seperti itu bakalan membuat biaya pakan membengkak.

Untuk mensiasatinya, kita bisa menggunakan pakan alternatif berupa nasi yang dicampur dengan dedak, atau kita juga bisa membudidayakan sendiri ulat maggot untuk dijadikan pakan ayam kampung yang kita pelihara.

ngasi makan ayam pake ulat maggot


Dengan cara seperti ini sudah tentu kita jadi lebih hemat pengeluaran untuk biaya pakannya.

Beternak ayam kampung sendiri memiliki beberapa keuntungan, yaitu, lebih tahan terhadap penyakit, harga jualnya yang lebih mahal, harga telurnya per butir juga lebih mahal daripada telur ayam biasa.

Nah, beternak ayam kampung juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan menurut pengalaman ane pribadi.

Antara ayam jantan dan ayam betinanya harus ditempatkan pada kandang khusus, dalam artian dalam satu kandang hanya boleh ada satu ayam jantan dan satu ayam betina dewasa. Kalau digabung beberapa ayam jantan dan beberapa ayam betina biasanya mereka akan saling bertarung dan bertengkar bahkan sampai ada yang mati.

Kalau ayamnya masih kecil, dalam satu kandang boleh dicampur antara yang jantan dan yang betina.

Kemudian, setelah telor yang dierami oleh ayam betina menetas, segera pisahkan antara induk ayam betina dan anak-anaknya ke kandang yang terpisah dari ayam jantan dewasa, supaya anak-anaknya nggak dipatok.

Setelah 2 minggu berada dalam satu kandang bersama induknya, baru pisahkan antara anak ayam dan induknya kemudian tempatkan kembali ayam jantan dewasa dan ayam betina dewasa dalam satu kandang supaya nantinya mereka bisa kimpoi dan bertelor lagi. Tapi sebelum di satukan dalam satu kandang, baik ayam jantan maupun ayam betinanya harus dimandikan dulu, supaya mereka merasa lebih segar dan mau kimpoi lagi.

memandikan ayam kampung


Oke deh Gan-Sis, sekian dulu thread ane kali ini semoga bisa bermanfaat ya.

Baca juga : 4 Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan Supaya Tidak Jadi Pengangguran

Penulis : DeYudi69




Sumber referensi : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi
Diubah oleh DeYudi69
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
hewan-peliharaan
Hewan Peliharaan
831 Anggota • 7.5K Threads
Halaman 3 dari 3
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
27-10-2021 05:42
Ayam kampung cuma ada di indonesia aja kan ya. Bini ane cuma mau makan ayam kampung, katany ayam negeri ga sehat. Berarti orang sehat cuma ada di indonesia kalo di luar ga ada ayam kampung.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
27-10-2021 08:48
ga ada ruang buat kandangnya, awal pandemi bapak ane sempet tuh piara lele diember tapi gak tahan lama karena sering bau airnya dan harus rutin diganti jadi goreng ajalah
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
27-10-2021 09:48
ternak ayam kampus...
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
27-10-2021 15:03
jadikan ini sebuah bisnis dengan dana dari pinjaman BPR dan kirim ke luar kota dengan ekspedisi laut surabaya dan ekspedisi udara Surabaya. Buat kurungan dari besi sidoarjo dijamin kuat
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
28-10-2021 10:06
mantap gan nais info
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
28-10-2021 12:52
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
29-10-2021 06:59
Beli bibit ayam utk ternak, yg murah dmn gan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
30-10-2021 02:23
Klo ternak tuyul..gmn cara bkin tmpt mknnya gan..xixixi
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
31-10-2021 20:20
emoticon-Hammer2

Ane takut deket deket ayam hidup

emoticon-Hammer2
0 0
0
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
01-11-2021 17:00
nice info ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
romanticz dan yourbadboy memberi reputasi
2 0
2
Tips Mudah Beternak Ayam Kampung dan Cara Membuat Tempat Pakannya dari Botol Bekas
02-11-2021 19:44
Tertarik pas baca" ttg bercocok tanam hidroponic..tp males ajah dipraktekinnya... 😬😅
0 0
0
Post ini telah dihapus
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia