• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Macam-macam Konfigurasi Kursi Bus, Ekonomi, Bisnis, Eksekutif Hingga Sleeper!

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Macam-macam Konfigurasi Kursi Bus, Ekonomi, Bisnis, Eksekutif Hingga Sleeper!
Hola Agan dan SIsta! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar macam-macam konfigurasi kursi bus, ekonomi, bisnis, eksekutif hingga sleeper.


Sebuah bus tentu memiliki jenis yang sangat beragam, seperti mobil juga. Serta, pastinya kasta yang beragam, mulai dari kasta yang paling rendah dengan harga tiket termurah, hingga kasta paling atas dengan harga tiket paling mahal.

Namun, sadarkah Gansis kasta-kasta tersebut memiliki konfigurasi kursi yang berbeda? Nah kali ini, di thread ini ane bakalan bahas seputar macam-macam konfigurasi kursi bus nih.

1. Ekonomi



Bus kelas ekonomi merupakan bus dengan kasta terendah, dibawah bisnis/patas, eksekutif dan super eksekutif. Bus kelas ini sangat umum dijumpai di jalan Indonesia karena populasinya yang cukup banyak.

Kelas ekonomi dari suatu bus terbagi lagi menjadi dua, yaitu ekonomi AC dan non AC. Perbedaan antara ekonomi AC dan yang tanpa AC hanyalah di fasilitas AC-nya, untuk yang non AC PO tidak memasang AC, sementara untuk yang AC, PO sudah menyediakan fasilitas penyejuk udara ini.


Konfigurasi kursi bus ekonomi biasanya 3-2, 3 kursi di sebelah kanan dengan 2 kursi di sebelah kiri. Namun di Sumatera dan beberapa PO di pulau lain, bus ekonomi tetap menggunakan kursi 2-2. Biasanya, konfigurasi 3-2 pada bus ekonomi bisa memuat hingga 59 orang, 56 orang jika memiliki toilet. Atau kalau menggunakan konfigurasi 2-2, tanpa toilet bisa memuat hingga 45-50 orang penumpang.

2. Bisnis/PATAS



Kelas ini merupakan kelas yang kastanya diatas Ekonomi namun dibawah eksekutif, dengan beberapa fasilitas dan kenyamanan tambahan tentunya. Bus kelas ini juga umum dijumpai.

Sekarang, bus kelas bisnis hampir semuanya menggunakan AC, meski masih ada beberapa PO yang melayani kelas bisnis non AC. Dibanding Ekonomi, bus bisnis biasanya lebih cepat (prosesnya, bukan larinya, kalau larinya ekonomi sih paling kenceng apalagi bus-bus Cirebon dan SS/SR-Mira/Eka). Bus bisnis biasanya tidak menaikkan penumpang di jalan.


Konfigurasi kursinya biasa menggunakan konfigurasi 2-2, 2 di kiri dan 2 di kanan. Ketimbang konfigurasi 3-2, konfigurasi 2-2 jelasnya lebih nyaman karena kursinya lebih lebar dan tidak empet-empetan. Kapasitasnya biasanya 36 hingga 39 orang, tergantung kebijakan PO dan ketersediaan toilet atau tidak.

3. Eksekutif



Kasta ini merupakan salah satu kasta bus dengan penjualan tiket paling banyak di Tanah Air, yup, Eksekutif. Kastanya dua tingkat diatas Ekonomi, diatas Bisnis dan pastinya dibawah Super Eksekutif.

Fasilitas yang diberikan biasanya lebih banyak dibanding bus kelas bisnis, seperti legrest, bantal, selimut, dan lain sebagainya. Hampir semua bus eksekutif sudah memakai AC, yang normalnya tidak memakai AC mungkin bisa dihitung jari.


Konfigurasi kursi biasanya tetap 2-2 seperti bisnis, namun kapasitasnya biasanya lebih sedikit, paling banyak mungkin hanya sekitar 34-36 kursi penumpang, banyak juga yang hanya 28 penumpang dengan legrest dan legroom lebih lega.

4. Super Eksekutif 



Super Eksekutif hingga saat ini merupakan kasta paling mewah dibawah sleeper bus, yang tentu 3 tingkat diatas Ekonomi, 2 tingkat diatas Bisnis, dan 1 tingkat diatas Eksekutif,

Fasilitas yang diberikan merupakan versi "next level" dari Eksekutif yang tentunya lebih banyak dibanding fasilitas yang ada di sebuah bus Eksekutif, mulai dari kursi lebar, legrest, lampu baca, bantal, selimut, makan, snack, dan lain-lain.


Konfigurasi kursinya biasanya 2-1, dua di kanan, satu di kiri. Konfigurasi ini membuat kursi bus SE lebih lebar ketimbang bus Eksekutif dan Bisnis yang normalnya memakai konfigurasi 2-2, yang menjadikan bus SE lebih nyaman. Kapasitasnya umumnya 21 kursi, namun ada juga yang hanya 18 kursi.

5. Sleeper Bus



Inilah kasta paling mewah di dunia per-bus-an Indonesia, yup, sleeper bus atau bus tidur. Kastanya 4 tingkat diatas Ekonomi, 3 tingkat diatas bisnis, 2 tingkat diatas Eksekutif dan 1 tingkat diatas Super Eksekutif.

Fasilitas tentunya sangat lengkap, paling top of the class. Bantal, kasur, selimut, AVOD, kernet (yang istilahnya diganti jadi pramugara atau pramugari), makan, dan minum serta toilet semuanya ada, termasuk juga air suspension.


Sleeper bus berkonfigurasi kursi 1-1 namun memiliki kapasitas 21-22 penumpang. Hal ini dikarenakan oleh sleeper bus memiliki kasur bertingkat, jadi kapasitas bisa jauh lebih maksimal, dan omset bisa maksimal pula.

Nah, jadi itulah macam macam konfigurasi kursi bus di Indonesia. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
alifrian.
emineminna
bruno95
bruno95 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.