natasha.volkovaAvatar border
TS
natasha.volkova
Membahas Airsoft Gun, Kenapa Sekarang Menjadi Tabu
Assalamualaikum semuanya, kenapa aku kalau selalu membuat trit isinya kalimat mengenal? karena memang mau ingin tahu asal usulnya, karena supaya beda judulnya, maka akan dibuat kalimat membahas, kelihatannya sama ya, sudahlah! :capedeh

kali ini aku akan membahas seluk beluk airsoft gun dengan pemikiranku sendiri kenapa sekarang menjadi sangat tabu boleh dibilang setengah dilarang, jadi kalo ada kalimat salah, mungkin akan ada orang yang komplain.

Pembukaan



sebenarnya tidak hanya airsoft gun saja, tapi sedikit topik seperti, paintball unit bola cat, gel blaster pengganti airsoft gun, nerf gun unit tembakan anak anak hingga dewasa, dan air gun penyebab airsoft gun menjadi sangat tabu.

beberapa orang suka dengan airsoft gun karena suka senjata militer, penggemar militer, penyuka sejarah senjata, seorang gamer termasuk aku yang bermain resident evil, selain suka senjata, alasan lainnya adalah hobi, terutama yang suka olahraga perang perangan yang penuh strategi.

arena tempat airsoft sendiri mulai dari tempat tempat angker, hutan, hingga arena khusus.



Perbedaan Airsoft Gun, Paintball, Gel Blaster, Nerf Gun, Airgun.

Airsoft Gun:




airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang menyimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senapan yang menggunakan peluru plastik 6mm alias bb, para pemain airsoft gun alias airsofter dilarang keras menyebut mainan mereka dengan sebutan senjata, ini karena mainan atau unit ini memang diciptakan untuk bermain perang perangan.

Paintball:



jauh sebelum airsoft gun populer, ada olah raga bernama paintball, olahraga ini menggunakan unit seperti airsoft gun atau senapan replika, tapi kebanyakan tidak menggunakan senapan replika, tidak seperti airsoft menggunakan peluru bb 6mm, paintball menggunakan peluru bola cat yang ukurannya lebih besar, di indonesia sendiri paintball kebanyakan hanya bisa ditemui sebagai wahana saja, kalau ingin punya unitnya harus beli online.

Gel Blaster:



gel blaster atau water gel sendiri memiliki bentuk mirip airsoft gun, tapi bentuknya tidak realistis karena kebanyakan dari plastik alasannya demi menghindari hukum, karena di china airsoft gun sudah lama dilarang, gel blaster juga pertama kali muncul di china sebagai mainan alternatif pengganti airsoft gun, khususnya malaysia, australia, indonesia, ya walau pun akhirnya di malaysia dan australia benar benar dilarang.

Nerf Gun:



kalau kalian cari apa itu nerf gun di internet, kalian tidak akan menemukannya karena telah terkubur oleh situs jual beli, nerf gun adalah tembakan mainan anak anak, mainan ini dibuat khusus anak anak, tapi orang dewasa pun justru banyak yang suka, sehingga ukuran untuk orang dewasa pun tersedia, bentuk nerf gun tidak seperti senapan pada umumnya, tapi model senapan fiksi dan futuristik, warnanya juga sangat bersahabat untuk dimainkan anak anak, peluru unit ini memakai peluru karet panjang dengan fps sangat rendah, sehingga mainan ini sangat aman untuk anak anak, tapi kalau kena mata ya tetap bahaya, meski begitu, australia sudah melarang mainan ini setelah melarang gel blaster, seiring berjalannya waktu, nerf gun pun akhirnya ada yang bentuknya realistis seperti senapan asli, ini akibat gara gara china melarang gel blaster, akhirnya nerf gun adalah solusi baru setelah gel blaster dilarang.

Airgun:




ini adalah benda paling kontroversial, benda ini penyebab airsoft gun menjadi tabu di indonesia, pasalnya, benda yang namanya mirip airsoft gun membuat aparat dan media semena mena tidak mau membedakan airsoft gun dan airgun, airgun sendiri memiliki peluru gotri lebih kecil dan fpsnya jauh lebih tinggi, mengerikannya benda ini adalah bisa menghabisi orang, benda ini semuanya terbuat dari logam dan berbentuk pistol, sehingga para penjahat memanfaatkan momen tersebut, maka dari itulah airsoft gun kena imbasnya dan dilabeli sebagai senpi. emoticon-Marah

Tambahan:

Lasertag:




lasertag atau laserwar, laser tag mirip dengan airsoft, tapi keluarnya lampu, orang orang harus menggunakan kaca mata khusus, supaya nanti munculnya laser, di indonesia, mainan ini hanya bisa dimainkan melalui wahana.

Berbagai Macam Jenis Airsoft Gun

[BSpring:[/B]



airsoft spring adalah airsoft yang hanya sekali tembak atau sekali kokang, airsoft seperti ini kualitasnya murah karena tidak realistis, selain murah, airsoft ini banyak dimainkan anak anak, biasanya airsoft ini dapat ditemui saat lebaran idul fitri, selain itu, tidak perlu izin untuk memiliki airsoft jenis ini.

Lpeg:



airsoft jenis ini sama halnya aeg, dengan menggunakan baterai, tapi kualitasnya fpsnya lebih rendah, bentuk airsoft ini kalau tidak salah kurang realistis.

Aeg:



airsoft jenis ini pakai baterai dengan fps tinggi, bentuknya juga sangat realistis, harganya yang juga mahal, tentu harus ada izin.

Gas:



airsoft ini menggunakan gas, biasanya modelnya adalah pistol, grenade launcher, rocket launcher, biasanya ada tabung gas yang berukuran kecil di dalamnya.

Hpa:




airsoft ini adalah jenis airsoft paling mahal, selain itu, yang unik dari airsoft ini ada tabung gas yang cukup besar sebagai kekuatan utamanya, fps yang dihasilkan juga cukup tinggi

Blowback:



airsoft jenis ini sangat realitis, dengan mode gas, airsoft ini bekerja selayaknya senapan asli, kadang kadang juga ada yang menggunakan sistem shell ejecting.

Peraturan Permainan Airsoft Gun



permainan diatur sebaik mungkin, para pemain disuruh memakai pakaian lengkap dengan helm dan rompi anti peluru, karena tembakan yang dihasilkan airsoft gun cukup sakit ketika terkena kulit.

yang paling penting adalah wajib memakai kacamata pelindung, karena kadang peluru bisa memantul takutnya kena mata, kacamata ini melindungi mata dari tembakan, itu karena kalau terkena mata bisa menyebabkan kebutaan.

seorang pemain airsoft gun terkena airsoft gun biasanya wajib bilang hit, sebagai bukti kalau dia kena tembakan dan tidak curang.

Sejarah Tembakan Mainan

sebelum membahas sejarah airsoft gun atau ersop, kita akan membahas sebuah mainan tembakan kuno yang namanya cap gun, cap gun sendiri sudah ada sejak 1860 setelah perang sipil amerika serikat.



cara kerja cap gun mirip tembakan asli, pelurunya menggunakan kertas yang berbahan peledak, ketika dipukul maka akan meledak, kalian pasti taulah mainan ini, mainan ini populer banget di tahun 80an sampai sekarang, bisa dibilang populer semenjak 1860 sih setelah awal dibuatnya, cap gun tidak ada matinya dan masih berkembang hingga sekarang.

seiring berkembangnya waktu, ada juga mainan selain cap gun yang pelurunya mulai bisa keluar dari tembakan, biasanya peluru plastik, ada yang kerjanya seperti crossbow dan ketapel, bahkan semakin realistis daripada airsoft gun karena adanya sistem shell ejecting, tapi waktu itu belum ada yang full auto seperti airsoft gun.



ditahun 60an adalah tahun populernya mainan tembakan yang bernama mattel tommy burst, bahkan promosinya sampai masuk iklan di tv di amerika serikat.



lalu di tahun yang sama, munculah paintball yang pelurunya bola berisi cairan cat, di pertengahan tahun 70an munculah airsoft gun, sehingga lama lama membuat mainan jadul tersebut mulai ditinggalkan kecuali paintball yang masih bertahan hingga sekarang.



Sejarah Airsoft Gun

airsoft gun pertama kali muncul di negara jepang di pertengahan 70an, ini karena sulitnya memiliki senapan asli, maka dari situlah, para pecinta mencari ide supaya bisa memilikinya, akhirnya diambilah jalan alternatif, yakni menciptakan senapan mainan yang dinamai airsoft gun.

mungkin alasan menggunakan kata airsoft karena cara kerjanya ditiup dengan piston, supaya peluru bbnya keluar dan tidak membahayakan karena fpsnya kecil.



airsoft gun lalu menyebar dan populer di berbagai negara di dunia, dibalik kepopulerannya ternyata banyak oknum yang memanfaatkan
kesempatan untuk kejahatan
, selain itu ada pihak yang memang tidak suka dengan keberadaan airsoft gun, ya biasanya orang orang yang dilindungi dengan senjata asli melarang airsoft dengan alasan keamanan.


Kepopuleran Airsoft Gun Di Indonesia

sebenarnya airsoft di indonesia dari dulu memang sudah ada, tapi kalah sama paintball, tepatnya tahun 2005, airsoft indonesia mulai berkembang.



pada tahun itu, unit airsoft model aeg, spring, dapat dengan mudah ditemukan dan dijual bebas dengan harga terjangkau, dijual bebas di toko mainan, apalagi saat lebaran idul fitri, tanpa takut dicurigai, intinya ya bebas bebas aja.

memasuki tahun 2010 sampai 2012 adalah era airsoft indonesia mulai booming dan menjadi puncak kejayaan airsoft gun, yang mana waktu itu komunitasnya meluas, akan tetapi puncak kejayaan ini tidak berlangsung lama karena banyak oknum yang tak bertanggung jawab memanfaatkan situasi tersebut.

di tahun 2013 sampai sekarang lama kelamaan airsoft gun mulai sulit dijumpai alias meredup karena harus buat izin yang cukup merepotkan, akibatnya di tahun 2013, banyak airsofter yang memilih pensiun demi menghindari hukum.

Penyebab Airsoft Gun Menjadi Tabu



pertengahan 2012 adalah era airsoft mulai diatur oleh undang undang, awalnya undang undangnya biasa, tapi lama kelamaan undang undangnya makin gila sampai di tahun 2018 hingga sekarang, siapa pun yang melanggar bakal kena pidana undang undang darurat.

apalagi airsoft gun ini kalau yang asli memiliki skala sama persis senapan asli, hanya dibedakan dengan orange tip yang bisa dilepas, sehingga sulit dibedakan.

penyebab dari airsoft gun tabu adalah banyak aksi kriminal, seperti di pertengahan 2012, sekelompok teroris menembaki gereja dengan airsoft gun, aksi cowboy di jalan di tahun 2013, aksi perampokan, bahkan didukung dengan airgun kembaran airsoft gun berpeluru gotri yang membuat airsoft gun semakin tabu, bahkan komunitas sering kena imbasnya, mereka yang punya airsoft gun sering dicurigai hingga merasa resah.

aparat dan media selalu memprovokasi dengan bilang senjata, bahkan kalimat kata kunci senjata airsoft gun akan mudah dicari ketika browsing semuanya yang muncul adalah berita.



Kontroversi Airsoft Gun



aparat dan media selalu saja memprovokasi dengan bilang airsoft gun adalah senjata bahkan senpi alias senjata api, hal ini karena kurangnya pengetahuan dan aksi kirminal yang menggunakan airsoft gun.



sampai saat ini airsoft gun menjadi mainan yang sangat sulit dicari juga harganya cukup bikin ngeri, 5 juta keatas, selain harganya yang sangat mahal harus dengan izin yang diatur persis seperti senpi asli, tapi anehnya, airgun justru perizinannya lebih mudah serta mudah dicari dan harganya yang lebih murah, padahal airgun jelas bisa dikatakan senjata.

apakah dengan izin akan aman dari hukum? aku rasa tidak, karena kalau ada cegatan polisi kebetulan membawa airsoft mau untuk perang perangan, tetap saja disita dengan alasan airsoft gun dilarang dibawa bawa.

tapi untungnya, saat ini ada gel blaster yang tentu sangat bersahabat, tapi kalau disini harganya tetap saja mahal. emoticon-Cape d... (S)

Kontroversi Airsoft Gun Di Negara Lain

tapi ternyata airsoft gun tidak hanya kontroversi di negara sini, tapi di luar negeri pun juga khususnya di negara persemakmuran inggris, kecuali china.



malaysia dan australia, airsoft gun sudah dinyatakan senjata, bahkan di negara itu pun gel blaster juga dilarang, di china juga akhirnya gel blaster dilarang padahal negara itu pencipta gel blaster pertama kali.



karena gel blaster dilarang di china, sekarang mereka membuat nerf mirip tembakan asli, seperti m249, m79, minigun, sampai m2 50 cal.



tapi semua itu akan dilarang di negara australia, karena australia adalah negara yang memiliki hukum senpi terburuk di dunia, bahkan baru baru ini nerf gun pun benar benar dilarang dan disebut dengan senpi, harus ada izinnya hanya untuk memainkan unit nerf gun.



kenapa di australia semua hal yang berkaitan dengan senapan pasti dilarang? itu karena sebelum tahun 1996 terjadi pembunuhan secara besar besaran, semenjak undang undang itu dibuat, angka pembunuhan turun drastis.

Tindak Pidana Karena Airsoft Gun

sebenarnya banyak sih yang begini, para pelaku yang mendapati menjual airsoft gun yang sekarang dianggap ilegal katanya sih bakal dikenai undang undang darurat dengan ancaman 20 tahun penjara. emoticon-Takut



tidak hanya menjual, aksi aksi kriminal menggunakan airsoft gun, misal prank, gaya gayaan, pamer pameran bisa kena undang undang darurat.

bayangkan saja, gara gara mainan harus kehilangan umur 20 tahun, edan! kalo aku bilang! kalo mau larang ya larang aja.

Kepemilikan Airsoft Gun



kepemilikan ini diatur undang undang boleh dikatakan sama persis dengan senapan asli, biasanya yang kena model aeg dan sejenisnya.

kalau senapankan hanya orang berpangkat seperti pejabat dan pengacara, kalau airsoft gun untuk warga sipil.

cara memiliki airsoft, daftar ke perbakin, usia 18 sampai 65 tahun, harus ada tes dokter kesehatan jasmani, pembelian harus ada izin dari polisi.

dalam dunia kepolisian, airsoft gun disebutkan sebagai pucuk bukan unit, berarti sudah disamakan dengan senpi.

kalau masa berlaku habis ya harus perpanjang lagi, kira kira begitulah.


Perkembangan Fakta Airsoft



kemarinkan ada seorang kriminal menyerang kantor polisi pakai mainan, yang mainan itu adalah airsoft gun.

semenjak saat itu ada fakta perbedaan airsoft dan airgun, ditampilkan di berita, supaya banyak yang tahu perbedaan airsoft dan airgun.

tapi apakah ini efektif dan airsofter tidak kena imbasnya? aku rasa tidak!

Apakah TS Setuju Dengan Aturan Kepemilikan?

aku jelas sangat menentang keputusan airsoft gun disamakan dengan senpi, ini tentu merusak kesenangan terutama bagi para penggemar senapan.

kita yang udah susah payah cari bahan alternatif eh dicekal oleh aturan.

kalau airsoft gun harus ada izin, maka besok sekalian juga mobil remot harus ada sim. emoticon-Najis

Apakah TS Ini Penggemar Airsoft Gun?

iya aku suka airsoft gun, itu gara gara dulu pas zaman ps1 pas aku masih kecil, suka main resident evil, senapan di game itu keren keren, itu berlanjut sampai zaman re5, dimana senjata yang dipakai semakin canggih, apalagi ada senapan m134 yang dipakai chris redfield.



sampai pas suatu ketika di youtube ada beranda echo 1 m134 versi airsoft milik red wolf airsoft, waktu itu aku minta mama buat beliin sampai merengek nangis, tapi sayangnya harganya gila 35 juta rupiah.



tapi dulu sebelum mama meninggal, aku pernah dibeliin unit spring xm8, itu adalah unit pertamaku, sebelumnya bukan pertama sih, soalnya dari kecil udah punya unit ukuran anak, bahkan di umurku yang masih 4 tahunan, aku udah pegang airsoft lho, yakni airsoft pistol tapi tak ada pelurunya karena dilarang diisi.



itu karena dulu mamaku pernah jualan mainan.

Eh Bang, Mbak, Min ,Kok Kamu Berani Banget Ngeluh Begitu Kan Ada Aturan Airsoft Makin Aman Lingkungan

lingkungan aman aman saja, tapi kami yang penggemar senapan menjadi resah.

paling tidak aku sudah mengeluarkan semua unek unek yang ada di otakku.

polisi sebenarnya bukan ancaman airsoft gun, yang menjadi ancaman adalah para kriminal dan keberadaan airgun.

sebab semenjak pertama airsoft muncul, sangat langka bahkan bisa dibilang tidak pernah ada kasus yang menggunakan airsoft gun sebelum airsoft booming di tahun 2010 sampai 2012.

soal airgun ini aku sangat menginginkan kalau airgun harus dilarang, dan aku menentang keberadaan airgun.

keinginanku sebenarnya pengen airsoft bebas seperti dulu lagi, tapi ini sangat mustahil, tapi ada gel blaster aku sangat lega, semoga saja, undang undang jangan pernah menyentuh gel blaster seperti di malaysia dan australia.

Penutup

baiklah, aku rasa sampai sini saja, baku hantam di kolom komentar dipersilahkan....
Diubah oleh natasha.volkova 27-10-2021 02:00
jes.arch05
cor7
supershoot
supershoot dan 28 lainnya memberi reputasi
27
11.9K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.