anakucil
TS
anakucil
anak magang, bukan buat di kerjain






agak tertegun juga ane dapet berita ini di twitter, hari gini memang banyak perusahaan ga terima magang, karna banyak hal, salah satunya kampus koplok yang emang males ngurusin mahasiswanya.

sebagai orang yang pernah magang, kerja, ngajarin anak magang, asas manfaatin anak magang pasti ada, dengan alih alih ngajarin, tapi HR tempat ane selalu warning untuk diajarin kerja tapi bukan di limpahin kerjaan atau dikerjain emoticon-Ngakak

Awal ane baca dalem hati sebenarnya sempet, bela perusahaan yang lagi rame diatas, karna peserta magang dah tanda tangan kesepakatan masalah penalty 500k (masa ga bisa baca), tapi setelah di teliti, ternyata memang perusahaan ini agak aneh sehh, dan abusif banget buat ane.
1. Anak magang dapet target ???
2. Anak magang harus achieved target buat ambil upah ???
3. Denda 500K ini buat apa dan perusahaan rugi apa ???
4. Anak magang punya KPI ???
Akhirnya ane pun ngambil kesimpulan, ini mah di kerjain bukan di suruh magang, perusahaan mau nya ada tenaga kerja muuuuuuuuraaaahh 100rebu/bulan malah kalau bisa graatizzzzz emoticon-Blue Guy Bata (L)

Hmmmmpppp emoticon-Traveller

ane ga tau pengalaman ente semua di marih, kalau ane waktu magang :
1. Diajarin, di suruh bantu ngerjain tapi ga dilimpahin kerjaan, kalau dilimpahin ane selalu diawasin dan diajarin kalau ada kesalahan.
2. Sering di traktir, kalau abis bantuin kerjaan yang mendadak dan harus lembur.
3. Magang untuk outdoor service juga gitu, pengalaman nya enak dan berkesan, walaupun ga di gaji, tapi ane di jamin makan sepuasnya 3 kali sehari di kantin karyawan (ga pake jam dan bisa makan kapan aja selama kantin buka), buat ane yang ngekost waktu itu ini lebih penting.
4. ga ada target dan selalu rolling pindah departement tiap 1 bulan sekali (6 bulan magang) dan setelah 3 bulan bebas mau fokus di mana.
5. Bisa mundur kapan aja, dan tetap di kasih sertifikat sesuai waktu magang.
6. Jam kerja lebih pendek dari staff.
7. Setiap bulan review bareng sama staff dan HR.

Waktu terima anak magang, ane juga selalu ngajarin, dan kasih kode ke HRD or bos ane, kalau ini anak bisa dijadiin calon karyawan, ane masukin 2 anak magang ke kantor ane dulu, part time begitu lulus jadi staff ane, karna memang mau belajar, cepet ngerti dan bisa diajak kerja bareng, sampe ane rebutan ama departemen sebelah buat anak magang ini emoticon-Ngakak.

Kesimpulan ane, buat temen temen fresh graduate or mahasiswa dimarih yang mau magang, hati hati aja, magang itu ya belajar kerja bukan dikerjain, kalau mau dapet duit mending freelance jadi agen jualan rumah or apapun yang penting halal dan ga ngelanggar hukum.

Ga usah risau or bingung karna blon dapet tempat magang dan ngerasa ga punya experiance, karna rejeki and karir loe bukan di tentukan oleh pengalaman elo pernah magang atau enggak..

emoticon-Traveller
Diubah oleh anakucil 30-10-2021 01:50
asamboiganAnggadazjhonnykage
jhonnykage dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.2K
125
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.3KThread40.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.