ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kenapa Jarang Ada Bus Warna Hitam?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kenapa jarang ada bus yang berwarna hitam nih.


Bus merupakan suatu kendaraan penumpang berbentuk persegi panjang yang berukuran besar, yang beredar di jalanan setiap hari, dan sudah sangat populer di negara Indonesia tercinta. 

Tapi, pernah gak sih Gansis perhatikan bahwa jarang ada bus berwarna hitam, kebanyakan pasti kuning, putih, silver, biru atau hijau? Nah, kali ini ane bakal bahas seputar hal tersebut nih Gansis.

1. Warna Hitam Cenderung Panas



Warna gelap, terutama hitam cenderung menyerap panas di siang hari. Hal ini tentu tidak akan nyaman bagi penumpang karena suhu ruangan di dalam bus akan naik dan mengurangi kenyamanan berkendara. Serta, pada siang hari jika bodi luar disentuh, tangan yang menyentuh akan langsung kepanasan apabila bus dijemur terus-terusan.

Selain itu, kinerja AC pun akan jadi lebih keras dan mesin juga akan lebih mudah overheat, karena ya itu tadi, warna hitam yang membuat hal-hal tersebut terjadi sehingga jarang ada bus berwarna hitam.

2. Keselamatan



Warna hitam merupakan warna yang paling tidak aman bagi sebuah kendaraan, apalagi bagi sebuah bus yang memang berukuran besar dan digunakan bagai Quda, banyak berjalan di malam hari.

Penelitian membuktikan bahwa kendaraan dengan warna hitam sekitar 12-45% (cmiiw) lebih beresiko terhadap kecelakaan ketimbang kendaraan dengan warna yang lebih cerah. Tentu hal ini akan berbahaya bagi penumpang.


Bisa dibuktikan, mobil berwarna hitam saja pada malam hari tidak terlalu terlihat, tidak seperti yang berwarna kuning, putih atau silver. Itulah yang membuat warna hitam dan warna gelap lainnya kurang aman terutama bagi sebuah bus. Jika tidak terlihat, akan lebih rawan terjadi sebuah kecelakaan, apalagi jika bus tersebut membawa penumpang dengan muatan penuh.

Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar kenapa jarang ada bus yang berwarna hitam. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.

Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 27-10-2021 09:59
gamaukurus
MasterSims
asamboigan
asamboigan dan 12 lainnya memberi reputasi
13
10.9K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.