rakitpcmending
TS
rakitpcmending
Massa Demo Kepung Istana Diperkirakan Capai 1.200 Orang


Elemen buruh, masyarakat sipil hingga mahasiswa akan tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) yang akan menggelar aksi unjuk rasa di Istana Kepresidenan, Kamis (28/10). Massa diperkirakan bakal lebih dari 1.000 orang.

"Kalau dari Gebrak 1.000...kalau masyarakat sipil dan beberapa kan tergabung dalam Gebrak. Nah memang kita koordinasi (kemarin) dengan kelompok BEM itu ada sekitar 200-an " kata Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Nining Elitos saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Kamis (28/10).


Nining mengatakan massa aksi nantinya akan berkumpul di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Massa aksi kemudian akan melakukan long march ke Istana Merdeka.

Adapun jika polisi mencegat massa di kawasan Patung Kuda, menurut Nining tidak masalah. Ia menyatakan pihaknya akan mematuhi pembatasan tersebut. Dia menegaskan bahwa unjuk rasa kali ini merupakan aksi damai.

"Kalau memang di situ dibatasin kita juga nggak memaksa diri karena kita kan memang aksi damai. Kalau ini kan menyampaikan aspirasi bagaimana kondisi objektif dua tahun belakangan memang semakin memprihatinkan," kata Nining.

Menurut Nining, selama ini pihaknya menekankan unjuk rasa secara damai. Hanya saja ketika di lapangan massa aksi menjadi emosi lantaran ada tindakan blokade di banyak titik dan penangkapan oleh aparat.

"Kita juga kalau (massa) aksi 1000 mau bentrok buat ngapain juga kan, nggak ada ininya. Kita kan selalu pengin aksi damai," tuturnya.

Nining berharap aparat kepolisian bertindak humanis dalam mengawal unjuk rasa yang akan digelar hari ini maupun waktu lainnya. Menurut Nining, masyarakat berharap pemisahan TNI-Polri saat reformasi membuat aparat penegak hukum bertindak humanis, melindungi, dan mengayomi.

"Bukan kemudian untuk melakukan menakut-nakuti, mengancam apalagi melakukan kekerasan," ujarnya.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...pai-1200-orang
prabassamsol...muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.8K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.