• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Saat Anda Tak Lagi Mempercayai Siapapun, Disitulah Trust Issue Perlu Segera Diobati

ih.sul
TS
ih.sul
Saat Anda Tak Lagi Mempercayai Siapapun, Disitulah Trust Issue Perlu Segera Diobati


Pernahkah Anda menceritakan sebuah rahasia pada teman Anda? Contohnya, rahasia mengenai siapa yang Anda sukai di kelas. Anda meminta teman Anda untuk tidak memberitahu siapapun dan teman Anda berjanji untuk tutup mulut namun keesokan harinya seluruh sekolah sudah tahu rahasia Anda.

Apakah contoh diatas merupakan masalah sepele? Tidak, tidak sama sekali. Meski terlihat seperti keisengan anak Sma namun karna kejadian itu seluruh sekolah terus berteriak Cie Cie setiap kali Anda berbicara dengan gebetan Anda dan gebetan Anda yang merasa malu malah menjauhi Anda.

Namun masalah paling serius adalah, Anda sudah tidak bisa lagi mempercayai teman Anda. Tak mungkin rasanya seluruh sekolah bisa tahu tanpa ada orang yang aktif menyebarkan dan karna hanya ada satu orang yang tahu rahasia Anda maka pelakunya sudah 100 persen jelas. Sejak saat itu Anda pun tak sudi bicara dengannya lagi.



Trust Issue atau Masalah Kepercayaan adalah sesuatu yang bisa dengan mudah kita jumpai di lingkungan sehari-hari. Biasanya masalah ini disebabkan oleh pengalaman namun bisa juga disebabkan oleh didikan sejak kecil. Trust Issue itu akan mengambil satu sampel yang tidak mengenakkan dari masa lalu kita dan merubah pola pikir kita untuk selalu berhati-hati akan pengkhianatan dan kebohongan.

Tidak mempercayai orang lain karna takut dibohongi hanyalah kasus kecil, dalam kasus ekstrim seseorang bisa saja menjadi paranoid dan mengira semua orang berkumpul di sekitarnya untuk membunuhnya. Contohnya, seorang anak yang pernah diracuni oleh orangtuanya akan menjadi orang yang hanya bisa makan makanan kaleng di masa depan. Atau juga baru berani makan sesuatu setelah orang lain mengetes bahwa makanan tersebut tidak beracun.



Semua orang memiliki Trust Issue namun bila Trust Issue Anda sudah mencapai tahap ini maka Anda benar-benar butuh pertolongan. Sayangnya, tak ada cara yang benar-benar pasti untuk menghilangkan Trust Issue karna bila berjalan tidak benar maka masalah mental ini tak akan bisa diobati lagi.

Trust Issue adalah masalah serius (semua yang namanya trauma itu serius) dan karnanya jangan bertanya pada google apa yang harus Anda lakukan. Carilah seorang psikiater atau ahli kejiwaan bersertifikat dan mulailah terapi perlahan-lahan. Jika Anda memang punya niat untuk kembali mempercayai orang yang pernah mengkhianati Anda maka Anda akan bisa melihat dunia yang lebih cerah (saya harap begitu).

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
enryuu1tahubaksobakarcheria021
cheria021 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.2K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.