• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kegagalan Logika Banyak Manusia di Dunia Nyata Yang Berhubungan Dengan Uang & Kerjaan

machin
TS
machin
Kegagalan Logika Banyak Manusia di Dunia Nyata Yang Berhubungan Dengan Uang & Kerjaan


Quote:

Seringkali kita sebagai makhluk sosial harus dihadapkan dengan masalah yang sederhana namun jadi sangat kompleks. Bahkan kompleksitasnya lebih rumit dari pada skripsi maupun thesis. Sebenarnya nggak  juga sih. Itu hanya hiperbola saja. Namun, tetap saja rumit dan kadang bikin pusing kepala untuk mengambil keputusan yang tepat dengan resiko sangat kecil.
Tidak Kasih Hutang = Jahat = Pelit






Konsep saling membantu di masyarakat cukup kompleks. Sekitar tahun 2018-an ke belakang, aku merupakan orang yang bisa dibilang cukup ringan tangan terhadap orang lain. Salah satunya adalah masalah hutang. Seseorang menghubungi via pesan maupun telpon, bukan untuk menanyakan kabar dan karena merasa lama tidak bertemu, tapi mau minjem uang. Orang kedua datang, dengan memuji-muji pencapaianku yang tidak seberapa dan berbahasa halus, ujungnya? Mau minjem uang. Orang ketiga, keempat, dan seterusnya.
Sampai suatu hari aku baru sadar, uang di rekeningku menipis, dan ternyata uang yang ada di luar malah yang lebih banyak. Kayak pengemis aku menagih uangku kembali satu persatu. Bukannya langsung ditransfer saat itu juga seperti aku mentransfer uangku kepada mereka saat mereka benar-benar membutuhkan, malah dijanjiin waktu yang lebih lama lagi.

Quote:


Nah, dari cerita itu, aku cukup trauma dengan kasih hutang ke orang lain, kecuali, aku benar-benar tahu orang yang mau aku kasih pinjam dan dia benar-benar tahu karakterku seperti apa yang berhubungan dengan komitmen.

Quote:




Bayangkan saja, saat aku butuh, sulitnya minta ampun mau ambil uang sendiri, sedangkan saat mereka dulu pinjam uang, saat itu juga aku transfer. Ada orang seperti ini? Banyak!

Ngambil Kerjaan Orang Lain, Malah Protes Karena Kebanyakan Kerjaan





Kalau ini berhubungan dengan pekerjaan atau segala hal yang berhubungan dengan komitmen. Aku pernah merasakan ditipu dan jadi korban orang berwajah dua di kantor tempat aku dulu kerja ikut orang. Itu sekitar tahun 2016 s.d 2017. 

Quote:

Ini kegagalan logika paling parah menurutku. Ada seseorang dengan jelas mengambil kerjaan orang lain, lalu dia malah protes ke orang yang seharusnya mengerjakan tugas itu. Logika berpikir macam apa ini? Apakah dia tidak sadar dengan apa yang dia lakukan dan dia bicarakan dari tadi? Apakah dia mengambil keputusan itu semua tanpa ada proses berpikir.
Quote:

Ih?! Masalah Uang Aja Hilang Pertemanan!





Aku paling males mendengar ucapan ini. Bisa dipastikan, orang ini memiliki hati yang sangat besar dan luas, meskipun dia sudah pernah ditipu teman dengan urusan uang yang bernominal besar. Atau, orang yang mengatakan hal ini, dia belum pernah kena kasus urusan uang bernominal besar yang menimpa dia.
Masalah uang masalah kehidupan. Mungkin sebagian dari pembaca akan bilang, "Lo kagak punya Tuhan ya? Emang uang itu Tuhan Lo?!" Aku dengan tegas menjawab, uang bukan Tuhanku, namun melalui uang yang aku dapatkan dari semua hal yang sudah diberikan Tuhan kepadaku, aku bisa hidup. Tuhan memberikanku tangan, kaki, otak, untuk mencari uang agar aku bisa hidup dan bermanfaat bagi sekitar tanpa merugikan diriku sendiri.

Quote:

Kegagalan logika yang ini cukup bikin geli. Sebenarnya apa definisi pertemanan? Bukannya harusnya teman saling membantu? Lha kalau hutangnya aja gak dibayar-bayar saat pemberi hutang butuh bantuan yang sejatinya itu adalah uangnya sendiri, kan otomatis dia sendiri yang memutus pertemanan? Malah yang dituduh memutus pertemanan adalah yang pernah membantunya saat dia kesulitan. Lalu, apa definisi pertemanan menurut agan aganwati? 
Quote:

--
Terimakasih sudah membaca tritku sampai selesai.
Sehat selalu & bahagia.emoticon-rose
Opini pribadi.


pakisal212cortezgolan7primalaprima
primalaprima dan 41 lainnya memberi reputasi
42
8.6K
91
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.