trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Beberapa Mitos yang Kadang Bikin Serem dan Senyum-senyum


Assalamu'alaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya semoga hari ini kabar baik senantiasa menyertai agan sista semuanya, tetap semangat dan sehat.

Berbicara masalah mitos baik pada jaman dahulu maupun sekarang terkadang sangat menggelitik, bagaimana tidak ada berbagaia macam mitos dari yang bikin serem sampai yang bikin senyum-senyum bahkan bisa tertawa saking lucunya. Kadang ada yang percaya ada juga yang tidak percaya.

Berbagai macam mitos di lingkungan sekitar saya adakah di lingkungan sekitar Agan Sista semuanya yang memilikinya cerita-cerita mitos seperti di bawah ini.

1. Menyapu tidak bersih bakal dapat suami berewokan.

Kata emak-emak jaman dulu, bila seorang gadis menyapu dan nyapunya tidak bersih maka kalau mendapatkan suami dikemudian hari akan mendapatkan jodoh laki-laki yang berewokan. Apa hubungannya coba? Ya memang menyapu itu kudu bersih, masak nyapu masih banyak sampahnya.

2. Makan Nasinya Nggak habis ayamnya bakalan mati.

Ini yang menurut saya aneh, kalau anak kecil jaman dahulu, makan nasinya nggak habis bisa menjadikan hewan peliharaan di antaranya ayam bakalan mati, iya kalau punya hewan peliharaan ayam lha kalau tidak? Padahal kalau makan dan makanannya nggak habis ayam tuh bakalan seneng lho, lha kan jadi dapat makanan.



3. Kalau habis pergi nggak boleh mampir-mampir.

Kalau yang ini nih bisa bikin cewek jaman dulu ketakutan, lho kok bisa ketakuta. Katanya kalau jaman dulu, yang habis pergi nggak langsung pulang ke rumah bisa-bisa dondaange mampir ke tetangga. Dondang adalah oleh-oleh yang dibawa pihak laki-laki yang akan melamar perempuan yang dicintainya bisa membelok ke perempuan lain. Lha masak iya wong sudah jadi pilihannya mampir-mampir.

4. Pegang Kerikil untuk mencegah BAB

Ini yang bikin ketawa kalau ingat masa kecil, seumpama sedang bermain tapi tanggung untuk pulang atau pun sedang bepergian, kepingin buang air besar, katanya ambil saja kerikil, terus masukan saku atau digenggam, nanti tidak jadi buang air besar, hehehehe. Masak iya kalau sudah kebelet bisa di tahan.

5. Makan piringnya harus di meja, atau lantai, tidak boleh disanggah.

Maksudnya di sini kalau perempuan yang sudah beristri makan itu ya piringnya harus diletakkan di meja atau di lantai maupun karpet, kalau nggak katanya suaminya bisa di rebut pelakor. Coba ngeri kan suaminya direbut pelakor, padahal ya nggak sopan mungkin kalau makan seperti itu.

6. Makan buah yang asam-asam sehabis Ashar tunangannya bisa meninggal.

Makan buah asam waktu sore tunangannya bakal meninggal, wah kok bisa tahu ua umur seseorang, padahal jodoh, hidup dan mati adalah rahasia sang pencipta.

7. Menyisir rambut waktu Maghrib suami bisa meninggal.

Nah ini juga aneh menurut saya, menyisir rambut pada saat Maghrib suami bisa meninggal, lha kok ngeri bener. Sebenarnya waktu Maghrib itu yang waktunya ibadah shalat bukan waktunya dandan.

8. Membuat tali simpul pada selendang gendongan bayi biar bayi waktu diajak bepergian tidak BAB.

Ini beneran saya alami ketika dulu mau pergi rombongan jenguk bayi, ada yang nyaranin membuat tali simpul pada selendang, apa hubungannya coba sambil saya disuruh bilang,
"Bukan nyumbat selendang ini, tapi nyumbat jalan BAB anak, biar nggak BAB di rumah orang."
Ya jelas saya nggak mau sambil tersenyum pengen ketawa takut dosa.

9. Makan sambil tiduran, suami malas kerja

Anak gadis nggak boleh makan sambil tiduran, kalau makan sambil tiduran Entar dapat suami malas kerja. Makan itu ya jangan sambil tiduran entar bisa tersedak.

Okey deh Agan Sista semuanya silakan dilanjutkan di kolom komentar, mitos-mitos yang bikin serem dan senyum-senyum, karena pastilah tiap daerah beda-beda.
Sampai si sini Thread saya kali ini tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta.




Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri.
Diubah oleh trifatoyah 25-10-2021 23:15
politon21
azhuramasda
yukabidazahra
yukabidazahra dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.6K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.