sindonews.com
TS
MOD
sindonews.com
Dampak PPKM Darurat, Permintaan Hewan Kurban Turun 20 Persen


SURABAYA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mengakibatkan permintaan hewan kurbanmenjelang Idul Adha turun hingga 20%. Penurunan tersebut juga disebabkan dana masyarakat digunakan untuk biaya sekolah anak memasuki tahun ajaran baru.

"Tahun ini permintaan hewan kurbanlebih sepi dibanding tahun lalu. Ada banyak faktor, seperti PPKM Darurat dan tahun ajaran baru. Sehingga, sebagian masyarakat menunda untuk berkurban," kata Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Sapi Segar (PPDS) Jawa Timur (Jatim), Muthowif, Senin (12/7/2021).

Selain itu, kata dia, saat ini pedagang hewan kurban musiman di kota juga sangat minim karena PPKM Darurat. Dimana sejumlah akses jalan protokol dilakukan penyekatan oleh petugas. Sehingga, hal itu menghambat distribusi hewan kurban. "Namun begitu, masih ada pasar yang secara rutin melakukan kegiatan kurban yakni kumpulan yang berkurban dengan sistem arisan," katanya.

Baca Juga:

Menurutnya, yang tetap berkurban itu mereka yang sistem arisan tujuh orang satu ekor sapi. Biasanya, satu orang arisannya sekitar Rp3 juta. Lantaran kegiatan arisan kurban ini sudah menjadi rutinitas tahunan, maka kegiatan berkurban tetap terlaksana.

"Soal harga yakni sekitar Rp55.000 - Rp60.000 per kilogram dalam timbangan sapi hidup. Sedangkan pasokan hewan kurban masih cukup ada dan tidak ada kendala," tandasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) PPKM Darurat COVID-19 di tempat ibadah dan petunjuk pelaksanaan malam takbiran, Salat Idul Adha, dan petunjuk teknis pelaksanaan qurban tahun 2021. Baca: Tidak Ada di Rumah, Warga Blitar Ditemukan Anaknya Tergantung di Pohon Kopi.

Dalam SE bernomor 443/8023/436.8.4/2021 tersebut menyatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat Islam, termasuk kriteria hewan yang disembelih.

Penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11,12,13 Dzulhijjah, agar waktu yang dibutuhkan tiap hari tidak terlalu lama yaitu 4 - 5 jam. Pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R). Baca Juga: Ramai Kabar Vaksinasi COVID-19 Berbayar, Ridwan Kamil Beri Tanggapan Ini.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/48...ent_aggregator

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Dampak PPKM Darurat, Permintaan Hewan Kurban Turun 20 Persen

- Terlalu! Apotek di Grobogan Jual Obat Harga Rp17 Ribu Jadi Rp100 Ribu

- Tak Kuat Menahan Nafsu, Ayah di Makassar Tega rudapaksa Anak Kandungnya

0
881
6
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
SINDOnews.com
SINDOnews.com
icon
60.1KThread835Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.