ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Apa Arti Bus AKAP Dan AKDP? Gansis Wajib Tahu!
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar apa itu bus AKAP dan AKDP nih.


Bagi seorang yang sering menaiki bus antarkota, pastinya sudah tak asing dengan istilah AKAP dan AKDP. Istilah ini memang sudah sangat lazim digunakan di dunia per-bus-an Tanah Air. 

Mungkin Gansis akan bertanya-tanya, apa itu AKAP dan AKDP? Apa artinya? Bagaimana perbedaannya? Nah, kali ini, ane bakal bahas seputar hal tersebut di thread ini.


AKAP merupakan kependekan dari istilah Antar Kota Antar Provinsi. Dari namanya, sudah terlihat bahwa bus AKAP artinya merupakan bus yang kota tujuan dan kota asal tempat berangkatnya sudah berbeda provinsi.

Karena inilah, bus-bus jarak jauh yang rutenya melintasi batas provinsi pasti menggunakan istilah "AKAP". Karena memang, tak bisa dipungkiri bahwa, seperti diatas, AKAP artinya Antar Kota Antar Provinsi.


Bus AKAP rutenya biasanya lebih dari 200 kilometer, bahkan ada yang sampai ribuan kilometer. Contohnya, bus jurusan Jakarta-Semarang adalah bus yang termasuk AKAP, atau jurusan Lampung-Palembang juga termasuk AKAP.

Sementara, AKDP sendiri memiliki arti "Antar Kota Dalam Provinsi". Maknanya, bus AKDP memiliki kota tujuan dan kota asal yang berbeda namun masih dalam satu provinsi yang sama, jadi rutenya tidak melintasi batas provinsi.


Bus-bus jarak dekat hingga menengah kebanyakan adalah bus AKDP, yang tidak melintasi batas provinsi manapun. Bus-bus jarak dekat memang kebanyakan menggunakan istilah AKDP, sebab itu tadi, rutenya tidak melintasi batas provinsi.

AKDP biasanya trayeknya sekitar 50-150 kilometer, tidak jauh-jauh amat. Contohnya, bus jurusan Bandung-Cirebon itu AKDP, bus jurusan Medan-Padang Sidempuan juga AKDP, jurusan Surabaya-Malang termasuk AKDP pula.


Sebenarnya ada juga bus antar negara di Indonesia, yaitu bus-bus yang trayeknya dari Pontianak ke Malaysia maupun Brunei, atau sebaliknya. Tetapi, ane tidak tahu apakah bus tersebut menggunakan istilah "Antar Kota Antar Negara" atau tidak. Mungkin Gansis yang tahu bisa menambahkan.

Nah, itulah isi thread ane yang membahas seputar bus AKDP dan AKAP. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
jiresh
EriksaRizkiM
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
5.7K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.