• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yang Masa Kecilnya Tahun 90-an Pasti Pernah Merasakan Nostalgia Berburu Buah-buah Ini

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Yang Masa Kecilnya Tahun 90-an Pasti Pernah Merasakan Nostalgia Berburu Buah-buah Ini
Buah yang Diburu Anak Generasi 90-an



Masa kecil di taun 80-90 an memang penuh warna. Agan sista yang berada di generasi ini semasa kecil sangat beruntung karena masih menikmati suasana yang masih alami, dari mulai lingkungan, serta pergaulan dengan teman sebaya yang tak terlupakan.

Masa kecil sebelum era milenium ini memang banyak dirindukan, keceriaan bermain di alam bebas menjadi salah satu hal yang mungkin kini sudah langka. Salah satu yang paling berkesan sewaktu saya kecil adalah kebiasaan memetik buah di kebun baik itu kebun sendiri atau kebun orang ( saat itu memang kebiasaan seperti itu. Kalau Sekarang mungkin lain perkara).

Bermain di alam bebas memang menyenangkan apalagi jika sudah bermain di sungai rasa lapar menyerang jika sudah puas bermain. Biasanya di dekat sungai ada kebun atau ladang yang ditanami tanaman buah-buahan atau memang pohon yang tumbuh sendiri terbawa bijinya oleh burung atau hewan lain.

Nah, apa saja buah yang menjadi buruan para bocah zaman jadul? Yuk kita simak sambil nostalgia.

1. Mangga



Buah yang satu ini adalah primadona jika musim panen tiba. Buah mangga hutan biasanya menjadi favorit tujuan anak-anak untuk melepas keroncongan. Biasanya zaman dulu di bawah pohon mangga anak-anak berteduh sambil menggembala kambing. Bahkan sambil membawa buku pelajaran untuk yang rajin.

Buah ini kalau matang di pohon memang sensasi rasanya berbeda. Makan ramai-ramai di pohon atau mengguncang pohon agar buahnya berjatuhan. Asyiknya tiada tara.

2. Jambu biji




Pohon Jambu biji atau jambu batu kecil biasanya menjadi tempat idaman para bocah melepas keceriaan. Saya ingat dulu waktu sekolah SD, di belakang sekolah ada pohon jambu biji yang dalamnya berwarna merah. Tiap istirahat kami menyerbu pohon sampai-sampai pernah saya jatuh ke kolam yang ada di bawahnya. Bukan takut, malah ketagihan nyemplung di kolam sambil mungut jambu yang dijatuhkan teman-teman 😂.

3. Jambu air



Jambu air biasanya selalu rimbun dan berbuah lebat jika sedang musim. Warnanya yang menggoda tentu tak luput dari perhatian anak-anak. Tanpa komando buah ini akan diserbu tanpa ampun. Biasanya ada yang membawa petis atau rujak atau cukup dicocol garam. Nikmatnyaaaaa.

4. Jambu bol



Jambu lain yang menjadi buruan masa kecil adalah jambu bol, itu loh jambu yang dagingnya tebal plus manis kalo matang. Bentuknya dan warnanya memang menggoda. Tak salah, walaupun tumbuh tinggi tapi anak anak rela menaiki dengan penuh perjuangan.

5. Duwet/Jamblang



Buah yang satu ini memang kini makin langka. Di zamannya buah ini sangat dinantikan musim panennya. Biasanya anak-anak berebut untuk mendapatkan jatah buah duwet ini. Rasanya manis asam, segar dimakan di siang hari.

6. Campoleh



Campoleh atau sawo belanda ini memang sangat menarik warnanya kuning keemasan. Walau rasanya tidak terlalu manis, tapi buah ini menjadi pilihan anak-anak untuk dimakan saat bermain di alam bebas.

7. Rambutan



Hayo siapa yang pernah rebutan naik pohon rambutan? Seru pastinya! Biasanya rambutan yang diambil adalah rambutan hutan atau lokal yang rasanya lebih asam.

8. Arbei



Pohon arbei dulu banyak ditanam atau tumbuh di ladang. Buahnya yang kalo matang berwarna kehitaman ini rasanya manis segar. Biasanya pohonnya tidak terlalu tinggi tapi buahnya selalu bergerombol mudah untuk dipetik.


Nah itulah beberapa buah yang menjadi buruan anak-anak di era 90-an. Masa kecil yang penuh warna memang menjadi kenangan manis untuk diceritakan kepada anak cucu kelak.


Bagaimana dengan gansis? Adakah nostalgia masa kecil dengan buah tertentu?




Opini pribadi
Gambar: grup FB inspirasi dan tips berkebun
Diubah oleh zatilmutie 02-09-2021 11:57
aghora
rifqipain
alfidanger
alfidanger dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.7K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread•81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.