• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gusdurian Peduli Sumbangkan 2 Ambulance Laut Untuk Masyarakat Kepulauan Indonesia

newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Gusdurian Peduli Sumbangkan 2 Ambulance Laut Untuk Masyarakat Kepulauan Indonesia


Merahputih.com - Gusdurian Peduli melahirkan ide untuk menggalang bantuan berupa Ambulance Laut yang diperuntukkan kepada masyarakat Indonesia yang berada di daerah kepulauan. Pada tahap awal, GUSDURian Peduli akan menyumbangkan dua unit Ambulance Laut yang digunakan untuk membawa pasien COVID-19 agar bisa mendapatkan perawatan medis selayaknya.

Saat ini, sebuah unit Ambulance Laut telah disumbangkan untuk Pulau Pagerungan, Sumenep, Madura untuk beroperasi di Pulau Pagerungan dan Sapeken. Pembelian Ambulance Laut ini berasal dari hasil penggalangan donasi yang dilakukan oleh selebgram Rachel Venya di platform kitabisa.com.

Ketika menyalurkan bantuan untuk beberapa daerah kepulauan di Indonesia, GUSDURian Peduli menemukan bahwa ada beberapa daerah yang sangat minim fasilitas kesehatan, salah satunya adalah kepulauan Madura bagian timur.

Jangankan mendapatkan vaksin COVID-19 atau tabung oksigen untuk membantu pernapasan, GUSDURian Peduli mengemukakan bahwa banyak daerah pelosok Indonesia yang masih kesulitan mendapatkan masker. Akibatnya, banyak warga di kepulauan yang meninggal akibat terpapar COVID-19 tanpa sempat mendapatkan penanganan kesehatan yang selayaknya.

Fasilitas kesehatan di pulau Pagerungan hanya setingkat Puskesmas Pembantu, dan tenaga kesehatan yang pun sangat terbatas dan banyak juga yang tumbang karena terpapar COVID-19. Di sisi lain, rumah sakit rujukan sangat jauh dari jangkauan. DIperikrakan membutuhkan waktu 12 jam untuk sampai ke Rumah Sakit rujukan menggunakan transportasi kapal laut.

Sayangnya, tidak semua kapal penumpang umum mau mengangkut pasien COVID-19. “Kapal penumpang umum menolak untuk mengangkut pasien Covid-19 karena takut menular kepada penumpang yang lain. Sementara jika menyewa kapal sendiri biayanya sangat mahal.Oleh karena itu Ambulance Laut sangat dibutuhkan oleh warga untuk mempercepat proses rujukan," ungkap salah seorang relawan GUSDURian Peduli yang ada di Pulau Pagerungan, Muhammad Yunus.

Rencananya, satu unit Ambulance Laut lainnya akan disumbangkan ke daerah Larantuka, Flores Timur untuk beroperasi di daerah Adonara, Solor, dan Lembata.

Masyarakat yang tergerak dan ingin ikutserta membantu pengadaan Ambulance Laut bagi masyarakat di daerah kepulauan di Indonesia pun bisa menyalurkan donasinya melalui https:// kitabisa.com/campaign/patunganbeliambulancelaut atau langsung transfer ke rekening BCA Cabang Kaliurang 8610603999 dengan menambahkan kode “75” di akhir nominal. Contoh Rp. 1.000.075.


Sumber
Diubah oleh newsmerahputih 02-09-2021 07:22
kabarotocom
newsbolaskor
corobikang
corobikang dan 3 lainnya memberi reputasi
2
539
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.